Ketika sudah melakukan aktivitas seharian, pasti hal pertama yang terlintas di pikiran kita adalah mandi. Ya bagaimana tidak, badan kita sudah lengket sehingga membutuhkan air untuk menyegarkan tubuh. Tidak peduli sudah selarut apapun, yang penting tubuh segar dan nyaman jika dibawa istirahat.

Nah, berbicara tentang mandi ternyata ada hal yang belum kita ketahui. Ternyata ada waktu yang tidak disarankan untuk melakukan kegiatan tersebut. Jika tetap dilakukan, akan meningkatkan risiko kematian yang mendadak khususnya bagi orang-orang dengan ‘gangguan jantung atau pembuluh darah’. Seperti apa penjelasannya? Simak ulasannya berikut.

30 menit setelah jam 15.00

Waktu yang tidak diperbolehkan untuk mandi adalah setelah jam 15.00. Lebih tepatnya sih selama 30 menit setelah jam tiga sore, berarti sampai pukul 15.30. Nah, di waktu-waktu ini biasanya orang-orang sering sekali mandi. Alasannya karena telah melakukan aktivitas seharian seperti sekolah ataupun kerja.

Bisa sebabkan kelelahan [Sumber Gambar]
Padahal, di waktu ini sangat tidak dianjurkan untuk mandi lantaran ada penyebabnya. Dilansir dari intisari.grid.id, kondisi darah di jam-jam tersebut sedang dalam keadaan panas. Sehingga mandi pada waktu itu akan mengakibatkan rasa lelah yang berkepanjangan, terutama ketika mandi dengan menggunakan air dingin. Kemudian jantung akan berdebar lebih cepat dan dapat membuat kinerjanya menjadi semakin melemah. Jika sudah begitu, risiko kematian mendadak bisa sewaktu-waktu muncul. Kalau memiliki riwayat jantung harus diperhatikan ya.

Pada pukul 18.00 sampai 19.00

Selain di atas, ada waktu lain yang tak dianjurkan untuk mengguyurkan air ke seluruh tubuh. Itu adalah pada jam 18.00 sampai 19.00, alias sehabis maghrib. Pada jam ini juga banyak orang-orang yang mandi karena malas pada sore harinya.

Dapat mengakibatkan paru paru basah [Sumber Gambar]
Sebenarnya pada pukul 18.00-19.00 ini tidak dianjurkan untuk mandi Sahabat Boombastis. Ini disebabkan tubuh bisa mengalami kaget. Kasusnya sama seperti poin sebelumnya di mana suhu tubuh sedang panas lantas disiram dengan air dingin. Bagi mereka yang mengidap penyakit jantung serta pembuluh darah ini bisa jadi sesuatu yang serius. Sarannya adalah selalu sesuaikan suhu air dan juga tubuh sebelum mandi.

Lebih dari pukul 19.00 sampai 24.00

Ada lagi nih jam-jam yang sangat dilarang untuk mengguyurkan air segar ke seluruh tubuh. Waktu tersebut adalah pada pukul 19.00 sampai 24.00. Di jam ini juga tak jarang orang mandi. Biasanya karena hawanya memang sedang panas-panasnya.

Bisa membuat kerusakan jantung [Sumber Gambar]
Akan tetapi, mandi di jam-jam tersebut sungguh membahayakan tubuh. Alasannya kurang lebih juga sama, yakni soal ketidaksesuaian suhu. Di jam tersebut kadang suhu badan cukup panas, sehingga ketika mandi dengan air dingin maka akan menyebabkan efek tidak nyaman. Bagi penderita jantung atau pembuluh darah, keadaan suhu yang drastis ini akan menyebabkan hal buruk. Kemudian bagi orang biasa akan terkena otot kaku walaupun sebenarnya tidak berbahaya.

Sebenarnya, inti dari ulasan mandi di atas adalah dua hal, yakni tidak memaksakan untuk mandi dengan suhu yang drastis (tubuh sedang panas sedangkan airnya dingin atau sebaliknya), serta khusus bagi orang yang memiliki riwayat gangguan pembuluh darah dan jantung. Seperti yang dikatakan oleh dr Martin Leman yang berpraktek di RS Siloam, Jakarta, jika orang yang memiliki dua gangguan tadi memang mungkin akan mengalami hal fatal ketika tidak memperhatikan suhu saat mandi. Selebihnya, bagi orang tanpa dua gangguan ini, maka mandi saat tubuh panas dengan air dingin atau sebaliknya hanya akan mengakibatkan ketidaknyamanan saja.

Sebagai catatan, paragraf di atas juga sebagai klarifikasi atas salah satu postingan di Fanspage dan grup FB MafindoID yang menyebutkan artikel ini Hoax. Konten ini sudah direvisi dan disesuaikan dengan rujukan yang ada. Mohon maaf atas kekeliruan dan ini akan jadi perhatian bagi kami agar ke depannya memberikan konten-konten yang lebih akurat serta bisa dipertanggungjawabkan.