Mas Kawin atau mahar adalah satu elemen wajib dan penting dalam pernikahan orang Indonesia. Mas Kawin ini ada banyak ragam dan macamnya, tergantung dengan adat, tradisi, dan permintaan pengantin perempuan. Biasanya sih enggak jauh-jauh dari seperangkat alat salat, emas, atau uang tunai.

Namun, berbeda lagi dengan beberapa pasang pengantin ini. Alih-alih memberi calon istrinya uang, ia menyodorkan saham sebagai mas kawin. Ya, beberapa tahun terakhir ini, menikah dengan mas kawin saham memang sedang menjadi tren. Bukan untuk keren-kerenan sih, tapi sebagai investasi kelak di hari tua. Siapa saja mereka? Yuk, simak sampai habis ulasan Boombastis.com berikut ini.

Agus Priyono dan Asmitta Hadriani

Pasangan yang berasal dari Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Agus dan Asmitta menikah pada 16 Maret 2019 lalu. Tak ingin memberikan sesuatu yang sudah mainstream dan sama seperti kebanyakan orang, Agus memberikan mas kawin berupa 5 gram emas antam dan saham PT. Mark Dynamics Indonesia Tbk (MARK) kepada sang istri.

Dwian Wahyu Prabawa dan Sherly Wijatanti Kumayas

Dwian Wahyu Prabawa dan Sherly Wijatanti Kumayas [sumber gambar]
Pasangan yang menikah di Boyolali pada 7 Juli 2019 ini punya cara unik untuk merayakan hari bersejarah dalam hidup mereka. Setelah akad di Masjid Agung Boyolali, keduanya menyerahkan mas kawin, yang terselip di antaranya saham. Karena Dwian adalah seorang pegawai di bank Mandiri, maka dirinya memberikan seratus lembar dengan harga BMRI blue chip (Bank Mandiri Tbk). Setiap lembarnya berharga Rp7.900, maka Dwian memberikan mahar saham senilai Rp 1.583.949. Hal tersebut sekaligus menandakan dirinya bekerja pada perusahaan milik sang istri setelah istrinya menjadi investor, yah meski persentasenya teramat sangat kecil sih.

Teja dan Intan

Teja dan Intan [sumber gambar]
Pasangan muda Teja dan Intan juga memberikan saham sebagai mahar mereka, selain perhiasan kalung berlian. Menikah pada Maret 2019 maharnya adalah produk reksadana. Buat yang mungkin belum mengetahui, reksadana sendiri merupakan sarana/wadah investasi bagi sekumpulan investor yang dikelola oleh manajer investasi. Keduanya memang merencanakan pemberian mahar ini karena mereka sudah mengetahui dan belajar tentang pasar modal sejak duduk di bangku kuliah. Jadi lebih spesial gitu ya pernikahannya.

Mita dan Rahmat

Mita dan Rahmat [sumber gambar]
Kedua mempelai Mita dan Rahmat adalah nama selanjutnya yang menggunakan saham sebagai mas kawin mereka. Menikah di Jambi pada 13 Desember 2018 lalu, Rahmat menyerahkan 1 lot saham dari PT. Unilever Indonesia Tbk kepada Mita. Tampaknya, Rahmat memang sudah banyak tau tentang dunia persaham-an, karena dirinya juga merupakan satu dari banyak investor di Bursa Efek Indonesia KP Jambi.

Muhammad Fadhli Lubis dan Rizki Annisa

Pasangan ke empat adalah Muhammad Fadhli Lubis dan Rizki Annisa. Keduanya menikah pada 13 Juli 2019 di Padangsidempuan, Sumatera Utara. Melansir dari arah.com, Fadhli memberikan 10 lot saham PT Mayora Indah Tbk (MYOR) sebagai mahar pernikahannya dengan Annisa. Berdasarkan data perdagangan Jumat (19/7/2019), harga saham MYOR berada pada level Rp2.220 per lembar.

BACA JUGA: 5 Kisah ‘Menikah Itu Murah’, dari Mahar 25 Ribu Rupiah Hingga Segelas Air Putih

Namun, meski anti-mainstream, mahar mas kawin tetap ada plus minusnya. Karena sifatnya sama seperti investasi, maka suatu waktu bisa saja harganya naik dan turun. Bahkan, ada risikonya terkena fluktuasi harga.