Dalam kehidupan di alam semesta ini, manusia diciptakan hidup berdampingan dengan Jin di alam yang berbeda. Meski terpisah dalam ruang dan waktu, dua jenis makhluk ini kerap melakukan interaksi yang disengaja maupun tidak. Tentu saja hal ini sangat menakutkan. Mengingat, bentuk dan alamnya sangat jelas-jelas berbeda.

Tak hanya golongan manusia saja yang sering bertamu secara diam-diam, golongan dari bangsa jin juga kerap melakukan hal yang sama. Inilah yang patut diwaspadai dari sosok mereka. Tak hanya sekedar bertamu, para jin juga memiliki tugas khusus untuk menggoda manusia sesuai dengan kemampuannya. Hal ini seolah membenarkan sumpah iblis saat diusir dari surga. Bahwa dirinya dan juga balatentaranya akan terus menggoda umat manusia.

Jin Al-Jan yang serupa dengan manusia

Banul Jan yang serupa dengan manusia [sumber gambar]
Keturunan kaum Al-Jan biasa disebut sebagai Banul Jan. Mereka ini adalah jenis jin yang yang kehidupannya hampir mirip dengan manusia. Kaum Al-Jan ada yang berjenis kelamin jantan, betina, muslim, non-muslim, makan, tidur, dan sebagainya. Dilansir dari islamidia.com, Banul Jan merupakan penghuni pertama dari bumi sebelum kedatangan manusia dari ras Adam dan Hawa.

Al-A’Mir yang suka menirukan manusia

Jin Al-A’mir kerap menampakkan diri [sumber gambar]
Jin jenis ini kerap mengikuti gerak-gerik manusia. Terutama pada saat beraktivitas. Al-A’Mir diketahui bertujuan ingin menggoda manusia dengan perbuatannya tersebut. Sebagai contoh, saat kita mendengar sesuatu seperti orang sedang melakukan sesuatu. Entah itu mandi, berlari, berbicara maupun bertepuk tangan. Tapi setelah dicek, ternyata tak ada satupun manusia yang berbuat demikian. Bisa ditebak, hal itu merupakan pekerjaan dari jin Al-A’Mir yang hendak iseng terhadap manusia.

Al-Ifrit, jin andalan para dukun dan tukang sihir

Ilustrasi jin Ifrit [sumber gambar]
Jin legendaris ini termasuk jenis yang paling banyak digunakan oleh manusia. Tentunya dengan berbagai macam tujuan. Mereka kerap dipakai sebagai khodam (pembantu) manusia. Terutama para dukun, penyihir dan tukang ramal. Jin ifrit kerap melakukan tipu daya kepada manusia. Menghembuskan rayuan semu yang sangat halus dan penuh dengan jebakan. Mereka yang terbuai, makin tak sadar bahwa perbuatannya telah melenceng dan jauh dari syariat agama. David Copperfield juga dikabarkan menggunakan jasa dari jin ifrit dalam setiap aksinya.

Al-Arwah, Jin penyamar yang ditakuti manusia

Ilustrasi bangsa jin Al-Arwah [sumber gambar]
Keberadaan jin Al-Arwah sangat ditakuti oleh manusia. Bukan apa-apa. Makhluk dari golongan ini terkenal kuat dan suka usil terhadap manusia. Keahlian utamanya yang tidak dimiliki oleh jin lain adalah, mereka bisa mengubah bentuk sesuai dengan keinginannya. Ilmu ini kerap digunakan dengan beragam tujuan. Kebanyakan hanya untuk usil dengan menakut-nakuti dan melemahkan iman seorang manusia. Kadang, para jin Al-Arwah berubah menjadi kerabat dan sanak saudara kita yang telah tiada untuk mengecoh pandangan.

Sang penggoda sejati hingga kiamat tiba As-Syaiton

Ilustrasi jin As-Syaiton [sumber gambar]
Hampir mirip dengan Al-Arwah, As-Syaiton merupakan golongan jin yang bertugas menggoda aspek keimanan seorang manusia. Dikatakan dalam Al-Qur’an, mereka masuk dan berjalan melalui aliran darah. Maka dari itu, As-Syaiton dapat dengan mudah masuk ke dalam hati manusia. Membisikkan rencana jahatnya berupa kekafiran, kufur dan dosa lainnya. Sayang, kebanyakan manusia lebih takut pada jin Al-Arwah daripada As-Syaiton yang mempunyai daya rusak paling parah di antara jenis jin lainnya.

BACA JUGA: 5 Fakta Qarin, Pendamping Seumur Hidup Manusia yang Berasal dari Bangsa Jin

Dunia jin memang penuh dengan misteri. Selain kemampuan kita sebagai manusia yang terbatas, alam ghaib tersebut sangat dilarang untuk dimasuki oleh manusia. Begitu pun sebaliknya. Cukup kita imani dengan baik dan menghargai keberadaan mereka sebagai bentuk kebesaran dan kuasa Tuhan Yang Maha Esa.