Categories: Trending

5 Alasan Mengapa Para Netizen Media Sosial Terkadang Bikin Kontroversi Makin Panas

Yang namanya kontroversi memang sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Sejak dulu selalu ada saja hal-hal yang diperdebatkan dan tidak ada habisnya. Meski begitu, zaman sekarang ini kontroversi seolah seperti begitu mudah meluas dan semakin membesar.

Perdebatan sengit di media sosial dengan topik yang beraneka ragam, dengan mudah bisa kita lihat di forum atau percakapan manapun. Jadi, tidak heran jika media sosial terkadang juga menyebabkan kontroversi makin meruncing.

1. Informasi Menyebar Super Cepat

Sejak dulu kontroversi itu selalu ada, namun perbedaannya dengan zaman sekarang adalah kini dunia selalu melihat dan mencari tahu apa yang terjadi. Hampir setiap orang sekarang ini memiliki smartphone, melihat berita di dunia maya, atau di televisi. Artinya, mereka hampir bisa mendengar tentang segala hal yang terjadi dengan segera.

[Image Source]
Dengan jaringan internet dan sosial media di genggaman tangan, setiap momen bisa menjadi informasi yang dibicarakan secara meluas hanya dalam hitungan menit bahkan detik. Kita tinggal di era ketika sebuah kesalahan atau kontroversi bisa dishare, retweet, repost, hashtag, screenshot disebarkan luas hanya dalam waktu yang singkat.

2. Setiap Hal Bisa Disalahartikan

Segera setelah seseorang memposting foto, video, keluhan, atau omelan tertentu, maka postingan tersebut akan menjadi milik internet. Seseorang bisa saja memposting suatu keluhan, omelan atau frustasi begitu saja di media sosial tanpa dipikir panjang.

Postingan lanjutan Dinda setelah ngomel tentang ibu hamil [Image Source]
Namun ketika seseorang menyadari suatu kontroversi dalam postingan tersebut, maka si pemilik postingan akan kesulitan mengontrol masalah yang terjadi. Masih ingat dengan tweet Florence yang marah dengan Jogja, Dinda yang marah dengan ibu hamil, atau postingan-postingan sejenis lainnya? Seperti itulah kira-kira bagaimana postingan bisa dengan cepat meluas tak terkendali.

3. Netizen Berekspresi Tanpa Difilter

Kurang lebih 15 tahun lalu, ketika kita memiliki pendapat dalam sebuah isu panas, yang dilakukan paling hanyalah membicarakannya dengan teman di ruang lingkup yang kecil. Tapi kini, ada media sosial yang langsung menghubungkan kita dengan jutaan orang di dunia dengan opini mereka masing-masing.

Berekspresi tanpa difilter [Image Source]
Status, tweet, atau komentar berhamburan di jagat maya yang berisi tulisan yang tidak disaring terlebih dahulu atau tidak dipikir konsekuensi apa yang mungkin terjadi. Mereka dengan mudah meninggalkan komentar publik berisi tuduhan atau spekulasi yang akhirnya hanya membuat kontroversi makin meruncing dan memanas.

4. Banyak Berita Hoax

Kita patut kagum dengan seberapa cepat berita bisa dengan mudah beredar di internet, termasuk berita hoax atau berita palsu. Berita ini dibuat untuk kepentingan pihak tertentu dengan sengaja menimbulkan kontroversi. Sayangnya, banyak orang yang bisa dengan mudah percaya dan menyebarkan berita tersebut begitu saja.

Salah satu berita hoax yang sempat beredar [Image Source]
Meski sudah sering ada artikel atau edaran agar tidak mudah terprovokasi atau mempercayai berita yang disebarkan di media sosial, namun rupanya hal ini tidak benar-benar membuahkan hasil. Masih banyak orang yang mudah termakan hoax tidak lain karena apa yang ditulis sesuai dengan keresahan, ideologi, atau minat pembaca. Maka mereka akan menganggap berita tersebut benar adanya.

5. Tidak Ada yang Benar-Benar Terhapus di Internet

Mulai dari skandal video porno artis, politisi, atau kontroversi lainnya dengan mudah bisa ditemukan menyebar di dunia maya. Menghapus foto, video, atau status tersebut di dunia maya adalah hal yang tidak mungkin begitu sudah tayang dan menyebar di berbagai web.

Foto Beyonce saat konser yang tidak secantik biasanya [Image Source]
Kita bisa saja membakar foto atau menyobek dokumen penting, tapi tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui secara pasti bahwa apapun yang pernah kamu share benar-benar aman dari dunia internet. Masih ingat kasus foto konser Beyonce yang tidak secantik biasanya? Ia meminta agar foto tersebut dihapus dari dunia maya. Namun hingga saat ini, meme foto tersebut masih juga ada. Itulah bukti bahwa tidak ada yang benar-benar terhapus di dunia maya.

Sebenarnya sah-sah saja mengemukakan pendapat di media sosial. Namun terkadang saat kita merasa emosi, kebanyakan orang tidak waspada dan tidak berpikir panjang saat menulis curhatan atau postingan di media sosial yang bisa berbuntut panjang. Apalagi jika komentar yang diungkapkan ternyata berhubungan dengan sebuah kontroversi yang lagi panas-panasnya berkobar. Tentu hal ini akhirnya hanya akan membuat kontroversi kian meruncing dan berpotensi menimbulkan perpecahan. Ada baiknya jika memang ingin mengkritisi sesuatu atau curhat di media sosial, dipikirkan dulu dengan matang konsekuensi dari postingan tersebut.

Share
Published by
Tetalogi

Recent Posts

Pecahkan Rekor! Brigjen Aulia Dwi Nasrullah Jadi Jenderal Bintang 1 Termuda

Belakangan nama Brigadir Jenderal (Brigjen) Aulia Dwi Nasrullah menjadi sorotan publik karena prestasi yang ia…

4 days ago

Sejarah Panjang Sepatu BATA, Setia Temani Langkah Masyarakat Indonesia

Masyarakat Indonesia dikagetkan dengan berakhirnya produksi Pabrik Sepatu BATA yang bermarkas di Purwakarta, Jawa Barat.…

6 days ago

Virzha Tiba-Tiba Menikah, Banyak Netizen Salfok dengan Istri yang Begitu Cantik

Patah hati tampaknya tengah dialami para fans juara ketiga Indonesian Idol musim ke-8 sekaligus vokalis…

2 weeks ago

Fakta Rosmini Pengemis Viral, Tinggal di Jalanan Belasan Tahun hingga Diduga ODGJ

Beberapa waktu lalu, viral sebuah video yang memperlihatkan seorang pengemis karena aksinya yang dianggap meresahkan.…

2 weeks ago

4 Fakta Timnas Indonesia Masuk Semifinal, Larangan Nobar hingga Kalah dari Uzbekistan

Masyarakat Indonesia sedang berbahagia dan bangga terhadap Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang baru saja menorehkan…

2 weeks ago

Buat Video Penistaan Agama, Tiktoker Galih Loss Ditangkap

Media sosial kini menjadi tempat berbagi cerita dan mencari hiburan, tak heran banyak orang yang…

3 weeks ago