Buktikan! 5 Mata Air Ajaib di Indonesia Ini Bisa Bikin Kamu Awet Muda dan Selalu Memesona

oleh Adi Nugroho
07:07 AM on May 27, 2016

Mata air ajaib yang konon bisa membuat manusia kembali muda sudah dikenal manusia sejak abad ke-5 sebelum masehi. Bahkan beberapa penjelajah rela mencarinya ke berbagai pelosok dunia agar bisa merasakan air yang mujarab itu. Sayang beribu sayang, mata air yang konon bisa membuat manusia jadi awet muda itu tidak pernah di temukan bahkan mungkin hingga sekarang.

Di kawasan Indonesia sendiri, mata air atau pun pancuran yang konon ajaib ini tersebar di mana-mana. Hampir setiap wilayah pulau dan provinsi di Indonesia memiliki mata air yang bisa membuat peminum atau orang yang mandi di airnya kembali muda. Bahkan bisa menyembuhkan penyakit. Berikut lima mata air yang konon super mujarab itu.

Baca Juga
Mengenal Port Moresby, Kota ‘Paling Berbahaya’ yang Bertetangga Dengan Indonesia
Tajir tapi Dermawan, 5 Negara Ini Jadi Sasaran Bill Gates ‘Hambur-hamburkan’ Uangnya

1. Mata Air Taman Narmada – Lombok, Nusa Tenggara Barat

Taman Narmada adalah kompleks taman yang dibangun oleh Raja Mataram Lombok bernama Anak Agung Ngurah Karang Asem. Tempat ini digunakan sebagai tempat upacara Pakelem setiap purnama kelima tahun Cakra atau antara Oktober dan November. Selain untuk upacara Pakelem, tempat ini juga digunakan untuk tempat peristirahatan keluarga raja.

narmada [image source]
narmada [image source]
Di dalam taman ini ada mata air yang berasal dari Gunung Rinjani. Konon, mata air ini berasal dari tiga sungai yang ada di atas sana. Meminum atau cuci muka dengan air ini akan membuat semua orang jadi awet muda. Menurut cerita, air ini sangat suci dan diberkahi oleh para dewa. Jadi, kalau sedang berkunjung ke Lombok, jangan lupa mampir ke mata air di Taman Narmada, ya!

2. Mata Air Kedewaan – Lampung Barat, Lampung

Mata Air Kedewaan adalah sebuah mata air yang konon berasal dari 7 mata air yang diberkahi. Warga sekitar percaya bahwa dengan meminum air dari mata air akan membuat mereka jadi awet muda. Bahkan, penyakit dalam tubuh mendadak hilang karena tubuh menjadi segara bugar usai mengunjungi mata air sakral ini.

ilustrasi bukit mata air kedewaan [image source]
ilustrasi bukit mata air kedewaan [image source]
Nama kedewaan dipilih oleh warga sekitar lantaran mata air ini berada di bawah kuburan para raja. Para pemimpin dari Kerajaan Skala Brak dipercaya dimakamkan di atas sana. Keberkahan yang dimiliki oleh raja akhirnya ikut mengalir dari sumber air yang akhirnya diminum atau dijadikan tempat mandi oleh warga. Untuk bisa sampai ke sana, pengunjung wajib menaiki anak tangga yang jumlahnya sangat banyak.

3. Air Terjun Sedudo – Ngajuk, Jawa Timur

Barangkali ini bukan sumber air namun air terjun dengan ketinggian lebih dari 100 meter. Meski demikian, air terjun Sedudo dikenal berkhasiat dan mampu menyembuhkan penyakit. Selain itu, beberapa orang juga percaya jika air terjun ini mampu membuat orang yang mandi di dalamnya awet muda dan tidak gampang sakit-sakitan.

sedudo [image source]
sedudo [image source]
Kawasan air terjun ini dikenal memiliki daya magis yang sangat tinggi. Pada malam-malam tertentu, air di Sedudo sering digunakan untuk mencuci pusaka atau benda kuno lainnya. Selain itu, beberapa orang juga kerap menggunakannya untuk keperluan ritual. Mandi di sini dianggap mampu menghilangkan sial dan membuat kekuatan tubuh meningkat. Pernah ke air terjun ini belum?

4. Mata Air Tuk Bima Lukar – Dataran Tinggi Dieng, Jawa Barat

Mata Air Tuk Bima Lukar berada di kawasan dataran tinggi Dieng. Mata air ini dikenal sebagai mata air purba yang menjadi sumber Sungai Serayu. Di zaman dahulu kala, mata air ini digunakan sebagai tempat petirtaan umat Hindu. Beberapa ritual keagamaan kerap dilakukan di tempat ini, bahkan sampai sekarang.

tuk bima lukar [image source]
tuk bima lukar [image source]
Orang yang yang minum atau mandi di mata air Tuk Bima Lukar akan menjadi awet muda. Bahkan segala penyakit yang ada pada tubuh akan dilenyapkan. Nama Tuk Bima Lukar diambil dari cerita Pandawa di mana di masa lalu Bima membangun sebuah sumber air (Tuk) dengan telanjang (Lukar). Saat sungai jadi ada gadis mandi dan Bima berujar: Sira Ayu (Serayu) yang artinya kamu cantik.

5. Mata Air Manting – Baluran, Banyuwangi, Jawa Timur

Mata Air Manting terletak di tengah hutan di kawasan Taman Nasional Baluran, Banyuwangi. Konon, siapa saja yang cuci muka dengan air yang ada di kawasan ini bisa awet muda dan banyak rezeki. Eyang Cungkring yang pernah jatuh di sini dan akhirnya bekas jatuhnya menjadi sumber air.

mata air manting [image source]
mata air manting [image source]
Oh ya, tapi kalau mau ke sumber air Manting harap hati-hari ya. Soalnya kawasan Taman Nasional Banyak hewan liarnya. Bahkan ada yang bilang kalau kawasan mata air ini kerap dijadikan tempat macan tutul mampir dan minum air.

Inilah lima mata air ajaib yang konon bisa membuat awet muda. Dengan minum atau cuci muka, Anda bisa mendapatkan kesehatan dan wajah terlihat lebih memesona. Tertarik mencoba? Yuk, datang dan buktikan sendiri, keajaibannya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia 7 Sosok Pria Paling Aneh Dengan Keunikan yang Mencengangkan di Dunia Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas
BACA JUGA