5 Dewa Besar dari Mitologi Dunia ini Menjadi Simbol Seksualitas Manusia

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on May 27, 2016

Mitologi atau cerita yang berhubungan dengan dewa-dewa selalu hadir di setiap kebudayaan dunia. Sebut saja mitologi Yunani yang dikenal memiliki dewa besar seperti Zeus atau Poseidon. Selain dua dewa besar tersebut, Yunani juga memiliki beberapa dewa yang berhubungan dengan cinta dan juga nafsu pada manusia.

Dewa-dewa yang mengatur cinta dan hubungan badan ternyata tak hanya ditemui dalam Mitologi Yunani saja. Di Mitologi Mesir, Tiongkok, hingga Hindu pun memiliki dewa cinta dan hubungan badan yang jumlahnya cukup banyak. Berikut lima dewa besar yang tugasnya mengatur hubungan di atas ranjang.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Erotes – Mitologi Yunani

Erotas adalah sekelompok dewa yang mengurusi hal-hal berbau hubungan badan. Keseluruhan dewa ini berjumlah 8 dengan fungsi yang bermacam-macam. Misal Eros yang merupakan dewa cinta dan pemberi gairah pada manusia. Selanjutnya ada Pothos yang merupakan dewa pemberi gairah hingga hubungan badan bisa berjalan dengan cukup lama.

Sekumpulan erotes [image source]
Sekumpulan erotes [image source]
Selain dua dewa di atas, ada juga dewa Himeros yang membuat gairah pada manusia terus meningkat. Selanjutnya ada Demeter yang merupakan dewa pemberi kesuburan hingga bisa membuat manusia gampang memiliki keturunan.

2. Kama – Mitologi Hindu

Pernahkah mendengar Kamasutra? Ya, nama kamasutra diambil dari nama Kama yang memiliki arti gairah dan cinta. Kata ini berhubungan dengan hubungan badan antara manusia dengan manusia hingga dewa dan dewa. Itulah mengapa salah satu kuil yang memuat banyak patung atau relief hubungan badan ditemukan di India.

Kama dan rati [image source]
Kama dan rati [image source]
Kuil ini akhirnya menginspirasi adanya buku panduan berhubungan badan bernama kamasutra. Kama atau Kamadeva adalah salah satu dewa cinta yang memberikan gairah kepada manusia. Dia menikah dengan Rati yang juga memiliki kemampuan sama namun lebih ditujukan pada wanita.

3. Bai Mudan dan Baimei Shen – Mitologi Tiongkok

Tiongkok memiliki banyak dewa yang berhubungan dengan cinta dan hubungan badan. Dewa pertama yang sering muncul dan diceritakan adalah Baimei Shen. Dia adalah dewa yang berhubungan dengan prostitusi wanita. Dalam banyak cerita menyebut jika Baimei Shen suka sekali dengan wanita tuna susila yang mengorbankan dirinya sebagai tumbal.

Bai Mudan [image source]
Bai Mudan [image source]
Selain Baimen Shen ada Bai Mudah yang merupakan dewi pengganggu pria. Dia suka sekali mengubah wujudnya menjadi wanita cantik dan mengganggu pertapa. Sebagai tambahan ada Nuwa yang merupakan dewa pemberi gairah badan pada pasangan menikah hingga tidak akan pernah habis setiap harinya.

4. Xochiquetzal dan Xocipilli – Mitologi Aztec

Aztec juga memiliki beberapa dewa yang berhubungan dengan cinta dan hubungan badan. Dewa pertama yang bernama Xochiquetzal adalah dewa yang membawahi masalah kesuburan, kecantikan, prostitusi, gairah badan pada wanita, melindungi ibu muda, kehamilan, kelahiran, dan membuat wanita menjadi cantik.

Xochiquetzal [image source]
Xochiquetzal [image source]
Selanjutnya ada Xocipilli yang merupakan dewa cinta, seni, permainan, kecantikan, bunga, kesuburan, dan tentu saja dewa pemberi gairah pada manusia. Dua dewa di atas berhubungan satu sama lain hingga sulit dipisahkan. Dewa-dewa ini dianggap memberikan kehidupan yang lebih baik kepada manusia.

5. Bastet dan Min – Mitologi Mesir

Mesir kuno memiliki banyak sekali dewa-dewa yang terus bertambah dari satu generasi ke generasi lain. Menurut peneliti, jumlah dewa di sana mencapai 2.000 buah dengan kemampuan yang nyaris sama. Dari ribuan dewa itu ada beberapa dewa yang ditugasi untuk mengurusi cinta dan hubungan badan pada manusia.

Min [image source]
Min [image source]
Dewa pertama bernama Bastet, dia adalah dewa cinta, pelindung, parfum, kecantikan, kucing, dan tentu saja dewa urusan ranjang. Selanjutnyaa ada Min yang juga merupakan dewa hubungan badan ditambah reproduksi, cinta, dan kepuasan saat melakukan ritual hubungan badan.

Inilah dewa besar dari mitologi dunia yang menjadi simbol nafsu ranjang pada manusia. Keberadaan mereka dalam mitologi menunjukkan bahwa sektor cinta dan hubungan adalah sesuatu yang penting dari setiap kebudayaan. Bagaimana menurut Anda?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA