Berbeda dari biasanya, menjelang Ramadan masjid adalah elemen tak terpisahkan dari bulan ini. Yang selama ini masjid tidak begitu ramai, saat bulan puasa, setiap orang akan melaksanakan ibadah di rumah Allah ini, mulai dari salat jama’ah, tarawih, hingga tadarus Alquran. Anak-anak juga akan berbondong untuk mengaji dan ikut orangtua mereka beribadah.

Enggak heran jika kemudian, marbot atau pengurus masjid membuat masjid sedemikian rupa nyaman dan bikin betah orang yang beribadah. Yang tadinya panas, disediakan kipas angin. Sesekali, diadakan juga acara buka bersama di masjid, sebagai upaya mempererat tali silaturahmi.

Interior masjid [Sumber gambar]
Lebih dari itu semua, salah satu masjid yang ada di Turki tampaknya menarik perhatian para netizen karena arsitekturnya yang luar biasa indah. Masjid bernama Hamidiye Camii yang terletak di kota Kirsehir ini memanjakan mata dan bikin orang yang beribadah betah berlama-lama di dalamnya.

Ya, bisa dikatakan kalau Hamidiye Camii adalah gambaran surga yang direalisasikan oleh ke dalam bentuk desain interior. Melansir grid.id, Masjid Hamidiye Camii ini dibangun di bawah pengawasan Kekhalifahan Utsmaniyah pada tahun 1910 dan nama masjid diambil dari khalifah islam terbesar pada waktu itu, yakni Sultan Abduhlhamid II Khan. Namun, masjid ini sempat dihancurkan dan dibangun kembali dengan nama yang berbeda.

Jama’ah yang ada di masjid [Sumber gambar]
Sang arsitek yang berasal dari Azerbaijan memang dengan sengaja membuat masjid tampak seperti surga yang digambarkan dalam kitab suci Alquran. Inspirasinya adalah Alquran surah Al-Baqarah: 22, di mana surga adalah tempat yang asri dan hijau. Sehingga dalam masjid ada ilustrasi air terjun yang mengalir, ada pohon-pohon hijau, tumbuhan dan bunga, rumput (lantai) yang hijau dan segar, serta langit biru yang menghiasi semua ruangan.

Doa bersama imam [Sumber gambar]
Tak heran, jika setiap mereka yang memasuki masjid dengan tujuan beribadah akan merasakan ketenangan yang luar biasa. Seolah dilepas ke alam luas nan asri dengan pemandangan sangat indah. Sang imam masjid sendiri, Sefa Ekinci mengatakan bahwa mereka yang menjadi pengurus berusaha semaksimal mungkin menjaga segala fasilitas yang ada di masjid tercinta ini.

BACA JUGA: 7 Bangunan Kuno yang Menunjukkan Bahwa Arsitektur Islam itu Super Indah

Untuk Sahabat semua, masjid ini adalah destinasi wajib yang harus banget kamu kunjungi jika punya kesempatan pergi ke Turki. Ya, kapan lagi merasakan beribadah di dalam masjid yang mengimplementasikan lukisan surga. Meskipun mungkin surga sebenarnya akan jauh lebih indah dari apa yang pernah kamu bayangkan.