Masjid merupakan tempat suci bagi umat Islam. Fungsi utamanya adalah sebagai tempat beribadah, namun di sisi lain masjid juga menjadi sebuah bangunan yang memiliki nilai arsitektur yang di akui dunia karena keindahannya.

Hampir setiap negara di dunia memiliki masjid meskipun negara tersebut bukanlah negara yang didominasi orang Islam. Bahkan beberapa masjid paling menakjubkan di dunia berada di negara-negara non-Islam. Berikut ini 10 masjid paling menakjubkan di dunia.

1. Masjidil Haram – Mekkah, Arab Saudi

Masjidil Haram merupakan masjid terbesar dan tertua di dunia serta menjadi situs paling suci bagi umat Islam. Tempatnya berada di Mekkah dan menjadi tujuan utama para pemeluk Islam saat menjalankan ibadah Haji setiap tahunnya.

Foto via Hiconsumption
Foto via Hiconsumption

Ukurannya yang sangat besar mampu menampung jamaah sebanyak 2 juta orang. Masjid ini dibangun melingkar mengelilingi Ka’bah, yang menjadi arah kiblat bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah salat. Menurut hadists shahih, melakukan satu kali salat di Masjidil Haram sama dengan 100 ribu kali salat di masjid lain kecuali Masjid Nabawi dan Masjid Al Aqsa.

2. Masjid Nabawi – Madinah, Arab Saudi

Masjid Nabawi berada di negara yang sama dengan Masjidil Haram, namun masjid ini berdiri di kota Madinah. Istimewanya, Masjid Nabawi merupakan masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW. Di dalam masjid ini juga terdapat makam beliau dan para sahabat.

Foto via Hiconsumption
Foto via Hiconsumption

Ini merupakan salah satu dari tiga msjid yang paling istimewa bagi umat Islam. Sebab menurut hadists shahih, satu kali salat di masjid ini sama dengan 1000 kali salat di masjid lain, kecuali Masjidil Haram dan Al Aqsa. Ini juga menjadi masjid terbesar kedua di dunia.

3. Masjidil Aqsa – Yerusalem

Masjidil Aqsa atau dikenal juga dengan mana Al Aqsa menjadi situs paling suci ketiga bagi umat Islam. Dalam peristiwa Isra’ Mi’raj, Nabi Muhammad melakukan perjalanan semalam dari Masjidil Haram menuju Masjid ini sebelum akhirnya di angkat ke Sidratul Muntaha.

Foto via Hiconsumption
Foto via Hiconsumption

Bangunan Masjidil Aqsa berbentuk persegi yang menggunakan lahan seluas 144.000 meter persegi. Masjid ini mampu menampung hingga 400.000 jamaah. Masjid ini telah mengalami beberapa kali renovasi untuk mempertahankan kelestariannya.

4. Masjid Sultan Ahmed – Istanbul, Turki

Meski memiliki nama resmi sebagai masjid Sultan Ahmed namun masjid yang berada di kota Istanbul, Turki ini lebih terkenal dengan nama lain yaitu Masjid Biru. Ini dikarenakan interior ruangan berupa hiasan dinding terbuat dari ubin berwarna biru.

Foto via Hiconsumption
Foto via Hiconsumption

Masjid ini dibangun oleh Sultan Ahmed I pada tahun 1609 yang pada saat itu untuk menandingi kemegahan Hagia Sopia yang pada saat itu berfungsi sebagai Gereja Bizantium. Kabarnya saat pembangunan masjid ini selesai, sanng Sultan mendapat banyak kritikan karena masjid yang dibangunnya memiliki enam menara sehingga sama dengan Masjidil Haram. Akhinya iapun menyumbangkan biaya pembuatan menara ketujuh untuk Masjidil Haram.

5. Masjid Raya Sulaimaniah – Istanbul, Turki

Masih berada dalam satu kota yang sama dengan masjid Sultan Ahmed terdapat Masjid Raya Sulaimaniah. Tepatnya masjid ini berada di dataran tinggi belakang Universitas Istanbul, Turki. Masjid ini dibangun oleh Sulaiman I dan sekaligus menjadi makamnya.

Foto via Hiconsumption
Foto via Hiconsumption

Masjid Raya Sulaimaniah memiliki empat menara seperti masjid-masjid lainnya. Seluruh bangunan terbuat dari marmer yang didatangkan langsung dari semenanjung Arab dan Yaman. Masjid ini juga diperindah dengan ukiran kaligrafi yang dibuat oleh kaligrafer terkemuka pada saat itu.

6. Masjid Agung Sheikh Zayed – Abu Dhabi, UEA

Masjid Agung Sheikh Zayed adlaah salah satu masjid terbesar di dunia yang mampu menampung lebih dari 40.000 jamaah. Masjid ini berada di ibu kota Uni Emirat Arab, Abu Dhabi. Pemberian nama pada masjid ini mengacu pada sang pemrakarsanya yaitu Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, ia merupakan pendiri Negara UEA.

Foto via Hiconsumption
Foto via Hiconsumption

Arsitektur Agung Masjid Agung Sheikh Zayed terinspirasi gaya arsitektur Mughal dan Mooris. Berbeda dari masjid-masjid lain yang hanya memiliki satu kubah berukuran besar, masjid ini memiliki 82 kubah bergaya Maroko dan semuanya dihias dengan batu pualam putih.

7. Masjid Agung Bursa – Turki

Masji ini menjadi salah satu contoh terbaik dari kaligrafi Islam di seluruh dunia. Masjid Agung Bursa dibangun dengan 22 kubah dilengkapi dengan dua menara. Masjid yang terkenal pula dengan nama Ulu Cami ini dibangun dengan gaya Seljuk.

Foto via Hiconsumption
Foto via Hiconsumption

Pembangunan masjid ini atas prakarsa dari raja Ottoman Sultan Bayezid I. Ini menjadi masjid terbesar di Bursa dan arsiteki oleh Ali Neccar di tahun 1396 hingga 1399. Di dalam masjid terdapat 192 prasasti monumental berupa tulisan kaligrafi yang dibuat oleh ahli kaligrafi terkemuka di masa itu.

8. Masjid Qolsharif – Rusia

Rusia yang notabene negara non-Islam nyatanya memiliki masjid yang menakjubkan. Masjid Qolsharif namanya, terletak di Kazan dan menjadi masjid terbesar di Eropa. Sayang masjid ini belum digunakan sesuai dengan fungsinya.

Foto via Hiconsumption
Foto via Hiconsumption

Masjid ini sehari-harinya digunakan sebagai Museum Islam, namun pada perayaan Hari Raya, umat Islam di Rusia akan datang ke sini unutk melakukan ibadah salah bersama. Pada abad ke-16 masjid ini pernah dihancurkan selama pendudukan Kazan dan baru dibangun kembali tahun 1996. Apa yang dilihat orang saat ini adalah hasil renovasi Masjid Qolsharis yang terlihat lebih modern.

9. Masjid Kubah Emas – Indonesia

Memiliki nama resmi sebagai Masjid Dia Al-Mahri merupakan sebuah masjid yang ada di Depok. Masjid ini lebih populer dikenal sebagai Masjid Kubah Emas, ini lantaran kubah masjid ini yang memang terbuat dari emas sehingga menjadi daya tarik sendiri disamping sebagai tempat ibadah juga menjadi tempat rekreasi keluarga.

Masjid Kubah Emas via Panduan Wisata Bandung
Masjid Kubah Emas via Panduan Wisata Bandung

Pembangunan masjid ini dimulai tahun 2001 oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, seorang pengusaha asal Banten. Masjid yang berada di lahan seluas 50 hektar dengan luas masjid 8 ribu meter persegi ini mampu menampung sekitar 20.000 jamaah. Saking indahnya, masjid ini diklaim sebagai masjid termegah di Asia Tenggara.

10. Masjid Kristal – Malaysia

Masjid terakhir yang mengaumkan adalah Masjid Kristal. Masjid ini berada di Taman Tamadun Islam di Pulau Wan Man, Terengganu, Malaysia. Dinamakan demikian pasalnya sebagian besar bangunan masjid ini terbuat dari kaca dan baja.

Masjid Kristal via Hiconsumption
Masjid Kristal via Hiconsumption

Masjid Kristal menempati lahan seluas lebih dari dua kilometer persegi dan berkapasitas sekitar 1.500 jamaah. Meski lebih kecil dibanding masjid-masjid lain di daftar ini namun masjid ini memiliki konsep yang indah dan mengagumkan. Bahkan masjid ini dilengkapi dengan sarana teknologi dan jaringan WiFi sebagai akses internet guna membaca al-Qur’an elektronik.

Ada banyak masjid kebanggaan umat Islam yang tersebar di dunia. Beberapa diantaranya dibangun sangat megah dan yang lainnya memiliki nilai historis yang kental. Bagaimana dengan daerah Anda, ada masjid yang menakjubkan?