Categories: Trending

5 Masjid Paling Megah di Seluruh Dunia

Masjid adalah tempat suci bagi umat islam yang dijadikan sebagai tempat untuk
beribadah serta memanjatkan doa kepada sang maha pencipta. Disamping sebagai
rumah ibadah, masjid juga menjadi ikon arsitektur bagi pemeluk agama islam

Baca Juga :7 Pemain Sepak Bola Eropa Yang Sukses Ini Ternyata Seorang Muslim Lho

Penyebaran agama islam yang pesat ke seluruh dunia pada zaman dahulu maka tak heran jika masjid yang indah dapat ditemukan di seluruh belahan dunia. Islam telah mengadopsi berbagai seni dan budaya di setiap daerah yang menjadi pusat penyebarannya. Hal ini membuktikan bahwa islam bukanlah agama yang kaku dan arsitektur masjid di setiap daerah pasti memiliki karakter yang berbeda sesuai dengan budaya di mana masjid tersebut dibangun. Dan inilah 5 jajaran masjid yang paling megah di dunia.

1. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin – Brunei Darussalam

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah masjid kerajaan Islam yang terletak di Bandar Seri Begawan, ibukota Brunei Darussalam. Masjid ini dianggap sebagai salah satu masjid yang paling indah di kawasan Asia Pasifik dan ditengarai menjadi daya tarik wisata utama di Brunei. Pembangunan masjid tersebut selesai pada tahun 1958 dan konsepnya merupakan contoh arsitektur Islam modern.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin

Masjid ini dinamai Omar Ali Saifuddien III, berdasarkan nama dari Sultan Brunei ke-28. Masjid Sultan Omar ini dibangun di sebuah laguna buatan di tepi Sungai Brunei di Kampong Ayer, sebuah kampung yang terletak di atas air. Masjid ini memiliki menara yang terbuat dari marmer dan kubah emas dengan halaman dan taman yang rimbun penuh air mancur. Di sekitar masjid ini juga dikelilingi oleh sejumlah besar pohon dan kebun bunga yang dalam Islam melambangkan surga. Arsitektur masjid Omar merupakan perpaduan antara arsitektur Mughal dan gaya Italia.

Selanjutnya : 2. Masjidil Haram – Mekah, Arab Saudi

2. Masjidil Haram – Mekah, Arab Saudi

Di dalam Al-Qur’an dikatakan bahwa Masjidil Haram adalah rumah pertama yang dibangun bagi manusia untuk menyembah Allah. Sebuah monumen paling terkenal di dunia, Masjidil Haram atau “Masjid Agung” terletak di kota Mekah, Arab Saudi.

Masjidil Haram

Masjid ini merupakan masjid terbesar di dunia yang mengelilingi salah satu tempat suci orang Islam yaitu Ka’bah. Struktur bangunan masjid pada saat ini mencakup area seluas 400.800 meter persegi, termasuk teras dan ruangan masjid yang digunakan untuk salat dan berdoa. Masjid ini juga dapat menampung hingga 4 juta orang selama periode haji, yaitu salah satu ibadah tahunan terbesar umat muslim di dunia.

Selanjutnya : 3. Masjid Nabawi – Madinah, Arab Saudi

3. Masjid Nabawi – Madinah, Arab Saudi

Masjid Nabawi adalah sebuah masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW yang terletak di kota Madinah dan menjadi situs paling suci kedua umat Islam. Masjid Nabawi sendiri adalah masjid kedua yang dibangun dalam sejarah dan sekarang menjadi salah satu masjid terbesar di dunia setelah masjidil Haram di Mekkah.

Masjid Nabawi

Salah satu tempat yang paling penting dari masjid ini adalah Green Dome atau Kubah Hijau, di mana terdapat makam Nabi Muhammad SAW. Pada tahun 1279 M, sebuah kubah kayu dibangun di atas makam yang kemudian dibangun kembali dan direnovasi beberapa kali pada akhir abad ke-15 dan sekali pada tahun 1817. Kubah ini pertama kali dicat hijau pada tahun 1837, dan kemudian dikenal sebagai Green Dome atau Kubah Hijau

Selanjutnya : 4. Masjid Al Aqsa – Yerusalem, Palestina

4. Masjid Al Aqsa – Yerusalem, Palestina

Masjid Al-Aqsa juga dikenal sebagai Al-Aqsa dan Baitul al-Muqaddas, adalah tempat suci ketiga dalam Islam dan kuil Islam yang terletak di kota tua Yerusalem. Kompleks masjid ini yang di dalamnya juga terdapat Kubah Batu, dikenal oleh umat Islam dengan sebutan Al-Haram Asy-Syarif atau “tanah suci yang mulia”. Oleh umat Yahudi dan Kristen tempat ini dikenal dengan sebutan Bait Suci, yaitu suatu tempat paling suci dalam agama Yahudi yang umumnya dipercaya merupakan tempat Bait Pertama dan Bait Kedua dahulu pernah berdiri.

Masjid Al Aqsa

Umat muslim percaya bahwa nabi Muhammad SAW diangkat ke Sidratul Muntaha dari tempat ini setelah sebelumnya dibawa dari Masjid Al-Haram di Mekkah menuju Al-Aqsa dalam peristiwa Isra’ Mi’raj. Dalam hadist dijelaskan bahwa sebelum arah kiblat umat islam menghadap ke Ka’bah, dahulu masjid Al Aqsa lah yang menjadi kiblatnya.

Selanjutnya : 5. Masjid Taj-ul – Bhopal, India

5. Masjid Taj-ul – Bhopal, India

Secara harfiah masjid Taj-ul berarti Mahkota para Masjid yang terletak di Bhopal, India. Pada siang hari masjid ini dimanfaatkan sebagai tempat untuk sekolah agama. Tidak hanya itu saja, kabarnya Masjid Taj-ul ini merupakan salah satu masjid terbesar di Asia dan termegah di India.

Masjid Taj-ul

Konstruksi masjid ini dimulai oleh Sultah Shah Jahan, pemimpin Bhopal. Karena masalah dana, pembangunan masjid terlambat pembangunannya sampai tahun 1971. Masjid ini memiliki tiga buah kubah bulat yang sangat besar, sebuah lorong utama yang sangat mengesankan dengan pilar menarik dan lantai marmer menyerupai arsitektur orang Mughal. Arsitektur jenis ini juga dapat di temui pada Masjid Jama di Delhi dan Masjid Badshahi di Lahore.

Baca Juga :Raja Dan Ratu Paling Kejam Sepanjang Sejarah

Share
Published by
Alfry
Tags: masjidmegah

Recent Posts

Alice Norin Bagikan Kisah Lawan Kanker Sarkoma hingga Operasi Laparoskopi

Kabar tak mengenakkan datang dari artis Alice Norin. Artis 36 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya…

2 months ago

Sempat Dihentikan Polisi, Kiki Amalia Melahirkan di Usia 42 Tahun dengan Pengalaman Unik

Ada kabar baik dan membahagiakan dari aktris Andi Kiki Rizky Amalia, atau akrab disapa Kiki…

2 months ago

Rumah Dinas Menteri di Ibu Kota Negara Nusantara Disorot karena Mewah dan Megah

Perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten…

2 months ago

Santri di Ponpes Kediri Meninggal Secara Tragis, Dianiaya 4 Seniornya

Berniat ingin menimba ilmu di kota orang, tapi justru nasib nahas menimpa seorang santri di…

2 months ago

Harga Beras Melambung Tinggi, Berdampak ke Ekonomi hingga Sosial di Masyarakat

Masyarakat Indonesia sedang dihebohkan dengan kenaikan harga beras yang tengah terjadi. Melambungnya harga beras jadi…

2 months ago

Kasus Perundungan di Binus School Serpong, Seret Anak Vincent Rompies

Kasus perundungan beberapa kali mencuat ke publik setelah video viral yang beredar di dunia maya.…

2 months ago