Categories: Trending

5 ‘Kejutan’ Toilet Korea Selatan Yang Sering Dihadapi Turis

Jalan-jalan ke Korea Selatan kedengarannya memang mengasyikkan. Terlebih negara ini penuh dengan hiburan yang kini menjadi hits di seluruh dunia. Tapi, jika kalian benar-benar pergi ke Korea pastikan kalian sudah bersiap dengan tips untuk bisa hidup di negeri ginseng ini. Termasuk bagaimana menggunakan toiletnya.

Karena toilet di Korea memakai bentuk jamban yang sedikit berbeda dengan Indonesia. Ada bentuk toilet tradisional dan modern yang diterapkan dinegara ini. Dan mungkin kalian perlu mewaspadai beberapa hal di bawah ini, sebelum akhirnya kalian memiliki pengalaman buruk dengan toilet di Korea.

Baca Juga :10 Makanan Khas Korea Selatan

1. Stok Tissue

Berbicara soal toilet kita sebagai orang Indonesia pasti berpikir tentang sebuah ruangan dengan jamban dan wadah air yang melimpah untuk menyiram kotoran. Sayangnya, di toilet Korea kalian mungkin tidak bisa menemukan air. Karena toilet Korea kebanyakan memakai basis pembersih tissue. Rasanya mungkin aneh, serasa jadi orang paling kotor sejagad karena tidak bisa cebok pakai air, tapi begitulah adat di sana.

Stock Tissue (c) timenewsfeed

Periksalah persediaan tissue di toilet sebelum kalian benar-benar bersantai di jamban ya. Karena terkadang tissue ditoilet tidak selalu terisi. Jika sudah terlanjur buang hajat dan tissue toilet ternyata habis, maka kalian perlu berpikir kreatif mencari ganti tissue. jadi perlu diingat, selalu sediakan tissue toilet pribadi!

2. Flush

Jangan pernah lupa untuk kewajiban setelah buang hajat yaitu menghilangkan seluruh jejak kotoran dengan menyiramnya sampai bersih. Namun beberapa masalah mungkin bisa terjadi pada kalian. Banyak toilet di Korea Selatan memiliki pipa ‘flush’ yang terlalu kecil dan saat kalian mencoba menekannya untuk menyiram mereka bisa tersumbat.

Flush Toilet (c) plumbingmastersaz

Masalah teknis ini akan jadi masalah besar tentunya. Dan tidak ada cara lain kecuali berusaha terus agar tuas ‘flush’ tidak macet. Jika tidak berhasil juga, kalian harus mencari air dan menyelesaikan masalah ini dengan menyiramnya secara manual.

3. Toilet Duduk Canggih

Korea Selatan tumbuh menjadi negara modern dengan sangat cepat. Dan toiletpun menjadi salah satu bagian yang tidak bisa ditinggalkan. Beberapa toilet di negara ini sudah diupgrade memakai jamban dengan teknologi yang memuaskan. Selain menampung hajat kita, jamban ini multitasking lho.

Toilet duduk canggih ini bisa memutar musik selagi kita duduk khusus di toilet dan yang terpenting, toilet ini punya banyak pengaturan yang bisa kalian sesuaikan. Dari suhu air, besar tekanan semprot, sampai pengeringan otomatis. Tapi kalian harus benar-benar membaca tanda yang terpasang ya, salah-salah kalian sendiri bisa basah kena semprot air toilet.

4. Toilet Jongkok

Meski toilet di beberapa tempat di Korea telah di upgrade, namun masih ada yang memakai model tradisional dengan bentuk toilet jongkok. Toilet ini memakai prinsip yang sama dengan toilet jongkok di Indonesia, hanya saja mereka menambahkan sentuhan modern di sistem penyiramannya.

Toilet Jongkok (c) seoulistic

Dengan menghubungkannya dengan wadah air, toilet jongkok ini bisa menyiram dengan sekali menekan tuas. Penyiraman ini serupa dengan ‘flush’ pada toilet duduk pada umumnya. Meski toilet modern jadi populer tapi beberapa orang Korea lebih nyaman memakai bentuk toilet semacam ini lho. Model toilet ini umum kalian temui di beberapa tempat umum, dan kadang membuat orang Barat kelabakan tidak tahu cara memakainya.

5. Hati-hati!

Pastikan jika kalian masuk ke toilet, bukan yang baru digunakan oleh orang Korea sebelumnya. Jika pun itu terjadi, sangat dianjurkan untuk menunggu beberapa saat agar kalian terhindar dari sengatan bau yang luar biasa. Kita sebut saja ‘Serangan Kimchi’, makanan fermentasi yang jadi favorit ini ternyata membawa efek luar biasa pada aroma hajat orang Korea.

Hati-hati (c) vagabundeamos

Mungkin karena Kimchi adalah hasil fermentasi ya, jadinya di pencernaan, fermentasi ini terus berlanjut dan menghasilkan gas sampingan yang beda dari yang lain. Cukup berhati-hati saja, setidaknya kalian bisa antisipasi sebelum terjebak tragedi bukan?

Nah itu tadi beberapa serba-serbi toilet di Korea Selatan yang mungkin harus kalian waspadai sebelum mencoba untuk memasukinya. Setidaknya sedia payung sebelum hujan toh!

Share
Published by
Happy

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

6 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

1 day ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

3 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

5 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago