Selama ini kita hanya tahu kalau janur kelapa biasanya digunakan untuk keperluan-keperluan tertentu. Seperti membuat sapu ijuk, kulit dari ketupat dan juga untuk hiasan di nikahan mantan. Nah, tapi jika ditelusuri lebih dalam, janur kelapa tidak hanya berfungsi sebagai itu saja Sahabat Boombastis.

Janur dari buah kelapa ini ternyata miliki fungsi penting, khususnya untuk kesehatan. Bahkan, ada juga nih yang berpendapat kalau janur kelapa ini bisa menyembuhkan beragam gangguan yang berbau mistis. Waduh, hebat dong ya? Oke, tak perlu berlama-lama lagi, simak ulasan tentang manfaat dari janur kelapa di bawah ini.

Bisa menurunkan tekanan darah tinggi

Penyakit darah tinggi memang terlampau sulit untuk disembuhkan. Ya karena untuk penderita gangguan ini wajib sekali menghindari pantangan-pantangan yang ada. Kalau melanggar sedikit saja, tekanan darah akan mudah baik dan agak lama untuk menurunkannya. Maka dari itu, diperlukan obat alami untuk menormalkan tekanan darah.

Menurunkan tekanan darah [Sumber Gambar]
Ya salah satunya adalah janur kelapa ini. Eits, tapi tidak hanya itu saja bahan yang digunakan. Dilansir dari laman kompasiana.com, jika bahan tambahannya adalah daun sirih dan ciplukan sebanyak 20 lembar, daun salam serta suji 10 lembar dan juga gambir dua butir. Cara mengolahnya pun cukup mudah, hanya dengan mencuci terlebih dahulu semua bahan-bahan di atas. Kemudian masukkan ke dalam panci berbahan alumunium atau stainless steel. Jika sudah tambahkan air sebanyak 3 liter lalu rebus hingga mendidih.

Dapat mencegah munculnya sakit kuning

Beberapa macam penyakit seperti gangguan hati dan hepatitis biasanya menimbulkan bercak-bercak kuning di bagian tubuh. Bahkan biasanya munculnya sakit kuning ini tidak menimbulkan gejala berat. Pada umumnya hanya sakit kepala, mudah mengantuk, demam dan lain sebagainya.

Mencegah sakit kuning [Sumber Gambar]
Nah, untuk berjaga-jaga dari sakit kuning yang gejalanya sepele ini, kita bisa manfaatkan ramuan dari janur kelapa tersebut Sahabat Boombastis. Dikutip dari manfaat.co.id, kalian bisa menyiapkan sehelai janur kelapa dan juga satu butir telur ayam kampung. Kemudian janur kuning tadi dibakar sampai menjadi abu. Kalau sudah, campur abu tersebut dengan sebutir telur ayam kampung dan aduk sampai rata. Lalu minum ramuan tersebut satu kali sehari setiap hari.

Bisa mengobati penyakit yang berasal dari ilmu hitam

Mungkin beberapa dari Sahabat Boombastis ada yang kurang percaya dengan hal satu ini. Kalau banyak orang bilang jika janur kelapa bisa menyembuhkan gangguan yang berasal dari ilmu hitam. Tapi ramuan untuk penyembuhan ini tidak hanya berbahan dari janur kelapa saja. Namun juga beberapa bahan lain yang juga dipercaya bisa mengobati penyakit dari ilmu santet.

Mengobati gangguan gaib [Sumber Gambar]
Campuran bahan lain yang dimaksud adalah daun dadap, putri malu, jeringo, sirih, kelor muda, bengle dan juga kunyit. Nah, kalau sudah siap semua, cuci sampai bersih bahan-bahan tadi. Selanjutnya semua bahannya direbus sampai air mendidih. Apabila sudah mendidih, bersumber dari hobiberita.com, bagi dua air rebusan tadi. Satu untuk diminum dan lainnya digunakan mandi. Lalu untuk air yang diminum, konsumsilah tiga kali sehari secara rutin sampai sakitnya hilang.

Janur kelapa ternyata cukup multi talent ya. Di samping digunakan untuk hiasan dan pembungkus makanan, janur kelapa juga bermanfaat bagi kesehatan. Ditambah lagi dengan khasiatnya yang bisa dipakai untuk mengobati gangguan dari ilmu hitam. Nah, kalau kalian tahu manfaat lain dari janur kelapa ini, bisa banget untuk share di kolom komentar.