Sewaktu kecil pasti kalian senang bermain dengan tumbuhan yang bernama putri malu. Yap, tanaman yang tumbuh di sekitar pekarangan rumah ini selalu menarik perhatian. Sifatnya yang peka dengan sentuhan, membuat kita tidak pernah bosan untuk mengganggunya. Bahkan, saking gemasnya kita sering membawanya pulang ke rumah untuk memainkannya.

Tapi, tahukah kalian kalau tumbuhan yang sering disebut gulma lahan pertanian ini punya manfaat lebih? Beberapa orang banyak menggunakannya sebagai obat untuk menyembuhkan suatu penyakit lho Sahabat Boom (Saboom). Contohnya seperti di bawah ini nih.

Putri malu bisa buat tidurmu menjadi nyenyak

Penyakit susah tidur alias insomnia saat ini sudah tak asing lagi. Bagaimana tidak Saboom? Hampir semua orang zaman now mengalami penyakit satu ini. Ya, alasannya karena pola hidup yang dijalani sangatlah tidak sehat. Misalnya aja terlalu sibuk dengan deadline pekerjaan ataupun main gadget sampai lupa waktu. Jadinya dia menderita insomnia deh.

Insomnia [Sumber Gambar]
Tapi nih sekarang tak perlu khawatir lagi. Bagi yang kantung matanya sudah berlipat-lipat seperti baju di lemari bisa disembuhkan dengan menggunakan ramuan dari daun putri malu. Caranya adalah siapkan saja daun putri malu sebanyak 30 sampai 60 gram. Eitss.. tapi jangan lupa dicuci dulu ya. Lalu, rebus saja daun putri malu sampai mendidih dan setelah itu diamkan sebentar agar lebih dingin. Nah, kemudian minum saja secara rutin setiap hari sebelum tidur. Kemungkinan besar insomnia tidak akan kembali lagi.

Racun ular dapat dinetralisir dengan akar putri malu

Orang yang terkena gigitan ular biasanya bingung mau disembuhkan dengan cara apa. Apalagi jika sudah tergigit oleh ular kobra, pasti sudah memasrahkan hidupnya kepada Tuhan. Lantaran bisanya yang reaksinya sangat cepat dan mematikan. Selain itu tak semua orang dapat menyembuhkan racun ular ganas tersebut dari tubuh.

Racun dari ular [Sumber Gambar]
Namun, dengan adanya bantuan akar dari tumbuhan putri malu ternyata masalah ini bisa terselesaikan Saboom. Caranya yaitu akar dari putri malu harus dikeringkan terlebih dahulu. Lalu jika sudah dikeringkan, maka rebuslah akar tersebut sampai mendidih. Tapi sayangnya untuk takaran dan cara mengobatinya harus diracik oleh orang yang sudah berpengalaman. Supaya racun benar-benar hilang dari si tubuh korban.

Anak autis juga bisa disembuhkan oleh ramuan putri malu

Terkadang kita suka sedih jika melihat anak-anak yang menderita autis. Mereka yang seharusnya melanjutkan hidup dengan normal, malah harus menanggung beban sebesar itu. Metode penyembuhannya pun juga tidak mudah. Mereka harus melakukan terapi berkali-kali dan entah sampai kapan metode tersebut harus dijalani.

Anak autis [Sumber Gambar]
Tapi, tak disangka ternyata putri malu juga bisa menyembuhkan penyakit autis ini. Caranya juga sangat mudah Saboom. Daun putri malu direbus dengan menggunakan air sebanyak dua gelas. Kemudian sisakan sampai menjadi setengah gelas saja. Angkat dan saring daun putri malunya dan tuangkan ke dalam gelas. Nah, hasil saringan itulah yang harus dikonsumsi oleh penderita autis tersebut. Sebisa mungkin harus diminum secara teratur setiap hari ya supaya hasilnya lebih maksimal lagi.

Si tikus yang bakal ngacir melihat tumbuhan putri malu

Tikus yang sering berkeliaran di sekitar rumah membuat kita takut ke mana-mana. Sosoknya yang kecil dan begitu menjijikkan menjadikan kita malas untuk berhadapan dengannya. Sehingga kita biasanya menggunakan lem tikus supaya ia dapat ditangkap dengan mudahnya. Namun, karena tikus yang sudah semakin pintar gara-gara konsumsi makanan bergizi milik kita, ia sudah tidak tertipu lagi dan bisa lewati jebakan dengan aman.

Mengusir tikus dari rumah [Sumber Gambar]
Sekarang Saboom juga tidak perlu khawatir lagi. Kita sudah bisa usir si tikus supaya tidak dapat berpesta pora di rumah. Hanya dengan mengumpulkan daun putri malu lalu jadikan beberapa ikatan. Kemudian sebarkan ikatan-ikatan tersebut ke tempat yang sering dilalui oleh hewan pengerat tersebut. Dijamin, ia tidak akan keluyuran lagi di rumah kita.

Kuku kaki dan tangan yang bisa dirawat menggunakan rebusan putri malu

Bagi para perempuan, kuku kaki dan tangan adalah bagian tubuh yang sangat penting. Oleh karena itu, jika kuku mereka rusak, perang dunia ketiga pun dimulai. Mereka tak segan mengeluarkan kocek dalam-dalam untuk perawatan kuku supaya menjadi indah dan enak untuk dipandang.

Kuku kaki dan tangan [Sumber Gambar]
Kalau para ladies masih belum punya uang untuk perawatan di salon, tanaman putri malu bisa jadi solusinya. Caranya adalah cabut putri malu sampai ke akarnya dan rebus sampai mendidih. Kemudian diamkan dulu sampai airnya dingin lalu tuangkan ke dalam baskom atau ember. Nah, rendam deh kaki dan tangan kalian di sana. Pasti kuku kaki dan tangan kalian jadi lebih sehat daripada sebelumnya.

Putri malu yang sering kita anggap sepele, ternyata punya manfaat luar biasa. Mulai dari tidak bisa tidur sampai perawatan kuku pun juga dapat diatasi. Tapi sebenarnya enggak hanya itu saja Saboom fungsinya. Masih banyak khasiat lain, terutama untuk kesehatan kita. Jadi, apakah kalian mau mencoba salah satu manfaatnya?