Seperti kita tahu, drama Korea emang nggak pernah dibikin asal-asalan. Bukan hanya cerita dan tampang para pemerannya yang kece abis, tapi juga ada poin-poin khusus yang bikin penonton makin mencintai Korea. Salah satunya adalah soal makanan, pasti para penggemar drakor nggak asing lagi sama jenis kuliner asal Negeri Ginseng.

Salah satu hal yang paling ngebetein ketika nonton drama tuh, pasti kita dibikin ngiler sama makanannya. Fatalnya lagi, kalau kamu nontonnya saat malam hari, waktu di mana harusnya nggak makan lagi, eh scene di drama malah lagi makan dan bikin ikutan pengen makan. Dan inilah 5 makanan yang selalu nongol dalam drama Korea.

Ramyun

Ramyun [sumber gambar]
Sama seperti masyarakat Indonesia, orang Korea juga demen banget sama yang namanya mie. Dan kalian pasti udah nggak asing lagi sama yang namanya ‘Ramyun’ kan? Pasalnya, mie khas Korea ini sering banget nongol di drama. Tekstur mie terlihat tebal dan kuahnya yang kemerahan, pasti bikin penonton ngiler. Apalagi uap panas yang masih mengepul di atasnya. Udah, pasti nelen ludah liatnya. Zaman now, di minimarket Indonesia udah banyak tersedia ramyun khas Korea. Ini tentu saja dampak populernya drama di kalangan masyarakat kita ya.

Kimci

Kimci [sumber gambar]
Salah satu makanan khas Korea yang sudah terkenal di mana-mana. Kimchi sendiri adalah makanan yang terbuat dari sayuran, seperti sawi putih. Sayuran tersebut diolah dengan cabai khas Korea dan difermentasi. Makanan ini sudah sangat terkenal, bahkan kalian juga nggak bakal kesulitan kalau pengen melahapnya, karena di restoran khas Korea juga pasti menyediakan menu satu ini. Atau kalau pengen lebih hematnya, kalian bisa bikin sendiri di rumah. Di YouTube, sudah sangat banyak tutorial dan resep untuk membuat kimchi sendiri.

Korean BBQ

Daging panggang Korea [sumber gambar]
Nih yang nggak kalah seringnya muncul di setiap drama Korea. Hampir semua drama selalu ada adegan di mana tokohnya mampir ke warung makan dan menyantap daging panggang, biasanya yang dibungkus dengan daun selada, ya nggak? Korean BBQ sendiri ada beberapa macam, mulai dari Bulgogi, Samgyeopsal dan masih banyak lagi. Yang menarik dari Korean BBQ adalah, karena pengunjung warung bisa membakar sendiri daging yang dipesan. Ini tentu jadi poin plus tersendiri, karena pengunjung bisa merasakan memasak sembari bercengkrama dengan kerabat sambil menunggu hidangan yang mereka pesan matang.

Seolleongtang

Sup khas Korea [sumber gambar]
Makanan khas Korea Selatan yang berupa sup. Terbuat dari tulang iga dan juga brisket. Konon, sajian ini merupakan warisan sejak sama dahulu, bahkan sejak jaman dinasti Joseon. Yang bikin sup ini beda dari yang lain adalah kuahnya yang berwarna putih keruh. Ternyata, warna putih itu berasal dari tulang sapi yang direbus lama hingga kuahnya berubah menjadi putih susu. Setelah kuahnya berubah putih, irisan tipis daging sapi pun dicampurkan ke dalamnya. Dari penampilannya, sup ini kayaknya emang nikmat banget. Apalagi saat disantap sama para artis drama dengan lahapnya. Pantesan penonton auto pengen makan juga.

Tteokbokki

tteopoki [sumber gambar]
Nggak cuma makanan berat nih, drama Korea juga sering banget bikin scene di mana tokohnya lagi makan cemilan khas, salah satunya ya Tteokbokki. Kalian yang udah sering nonton drakor tentu nggak asing lagi sama cemilan satu ini, atau bahkan udah pernah nyobain? Yang jelas jajanan ini juga udah banyak dijual di Indonesia. Seringnya sih di food court yang ada di mall-mall ya.

BACA JUGA: Lima Masakan Korea yang Mirip Dengan Masakan Indonesia

Itulah lima makanan yang sering banget muncul dalam drama Korea. Awalnya mungkin cuma menikmati jalan cerita, tapi tanpa sadar kita juga belajar budaya sampai kulinernya. Hebat juga Korea Selatan dalam mempromosikan negara mereka ya.