Kamu pasti pernah mendengar bahwa ada kuliner yang berbalut emas 24 karat di beberapa negara bukan? Harganya juga pastinya enggak murah, bahkan untuk makan sedikit saja, kamu harus merogoh kocek dalam alias jutaan Rupiah.

Ternyata, kuliner mahal berbalut emas ini tak hanya ada di luar negeri, Indonesia pun punya loh, Sahabat. Perkembangan dunia kuliner yang semakin beragam membuat banyak pelaku bisnis makanan mencari inovasi baru. Salah satunya adalah kuliner dengan taburan emas murni ini. Seperti apa sih penampakannya? Simak ulasan berikut ya!

Makanan pertama adalah pasta berbalut emas 24 karat di restoran 71st Omakase Restaurant, Gastronomy Food milik Fariz Priadi. Restaurant ini terletak di Cikajang, Jakarta Selatan. Fariz sendiri berinisitif membuat pasta super mahal ini sebagai inovasi di dunia kuliner. Adapun pangsit pasta yang digunakan adalah jenis Ravioli dengan campuran mascarpone cheese. Nah, yang membuat harga melambung pasta ini adalah pembuatannya yang menggabungkan bahan-bahan mahal.

Sebagai toppingnya, Fariz menggunakan Kaviar (telur ikan sturgeon) jenis yang langka dan tidak banyak dijual. Selain Kaviar, ada jamur truffle dan emas yang sudah dijadikan serbuk dan juga lembaran. Adapun emas yang digunakan adalah edible emas (yang bisa dimakan) dan tidak menimbulkan efek apapun.

Masalah pembeli, Fariz mengatakan bahwa memang tidak banyak yang datang untuk khusus membeli pasta tersebut. Di samping bukan menu utama, para pembeli harus reservasi terlebih dahulu. Jadi, pihak restonya akan menyajikan bahan-bahannya seminggu sebelumnya, mengingat ingredients-nya yang memang susah didapat.

Selain resto milik Fariz, ada juga ayam geprek emas milik Mahmud dan Agung yang berlokasi di Bandung. Usaha yang dinamai Ayam Geprek Kampus ini dirintis pada tahun 2017. Satu porsi ayam geprek, nasi bertabur keju dan emas 99 karat dibanderol dengan harga 99 ribu Rupiah. Sama seperti yang dipakai oleh chef Fariz, emas yang dipakai di Ayam Geprek Kampus adalah gold leaf yang mempunyai grade tanpa racun sehingga aman dikonsumsi. Setiap porsi ayam diberi 2-3 gold leaf. Hingga sekarang, kedai Ayam Geprek Kampus ini sudah ada di beberapa kota: Bandung, Jakarta, Tangerang, Solo, dan Cilacap.

Pasta dan Ayam berbalut emas [Sumber gambar]
Selain itu, kuliner yang terakhir adalah magnum gold. Ya, walaupun emasnya bukan emas murni seperti di atas dan harganya hanya belasan ribu saja, setidaknya kamu bisa merasakan makanan yang ada embel-embel gold-nya ya, Sahabat. Hehhee.

BACA JUGA: 10 Makanan Termahal Ini Harganya Setara Jatah Makan Orang Sekampung

Nah, kalau kamu mau merasakan sensasi bagaimana memakan makanan super mahal yang harganya ratusan ribu hingga puluhan juta, kamu bisa sambangi kedai-kedai di atas, deh. Tapi, bagi yang keuangannya pas-pasan, mungkin kamu harus menabung super ekstra keras dulu ya, baru kemudian bisa mencicipi kuliner tersebut, namanya juga kuliner mahal.