Manusia memang butuh makanan untuk bertahan hidup, tapi bukan berarti kita harus makan setiap makanan yang tersedia. Di luar sana terdapat berbagai jenis makanan, tapi lebih baik memilih yang benar-benar menyehatkan.

BACA JUGA: 10 Air Mineral Kemasan Paling Mahal Ini Bikin Kamu Batal Haus

Para orang tua zaman dulu suka memperingatkan anak-anaknya agar nggak berlebihan waktu makan atau jangan menyia-nyiakan makanan. Tapi kalau beberapa makanan berikut ini, kamu mungkin akan pikir-pikir mau menyia-nyiakannya. Karena harganya setara dengan jatah makan orang sekampung!

1. Zillion Dollar Lobster Frittata

Telur dadar adalah makanan yang sangat mudah dibuat. Siapa saja juga bisa membuatnya di rumah dan harganya juga relatif murah. Tapi, omelette yang diberi nama Zillion Dollar Lobster Frittata ini menambahkan berbagai macam jenis bahan tambahan yang membuatnya menjadi mahal dan dijual seharga 1.000 dollar.

Zillion Dollar Lobster Frittata [Image Source]
Zillion Dollar Lobster Frittata [Image Source]
Restoran bernama Norma yang ada di Le Parker Meridien Hotel ini menambahkan capit lobster dan 10 ons caviar Sevruga dalam 6 butir telur. Hasilnya adalah omelette dengan harga ribuan dollar. Porsi kecilnya hanya menambahkan 1 ons caviar dan dijual seharga 100 dollar.

2. Westin Hotel Bagel

Bagel adalah roti berbentuk mirip donat dan aslinya berasal dari Polandia. Karena memang cuma roti yang terbuat dari adonan gandum, maka biasanya harganya juga nggak terlalu mahal. Tapi, Westin Hotel punya versi Bagel yang harganya mencapai 1.000 dollar.

Westin Hotel Bagel [Image Source]
Westin Hotel Bagel [Image Source]
Bagel mahal ini dibuat oleh Frank Tujague, seorang Koki Eksekutif di Westin Hotel, New York. Bagel versi hotel ini diberi tambahan berupa krim keju dengan truffle putih dan selai Riesling yang diberi buah goji berry dan daun emas. Truffle inilah yang bikin bagel istimewa ini jadi makin mahal. Pasalnya jamur Italia ini adalah salah satu makanan termahal di dunia.

3. Jamur Mattake atau Matsutake

Jamur Mattake atau Matsutake terkenal sebagai jamur paling mahal di dunia saat ini. Jamur ini sangat diminati dan bisa ditemukan di Asia, Amerika Utara dan Eropa terutama di Jepang, Cina, Korea, Amerika, Kanada, Finlandia, dan Swedia.

Jamur Mattake atau Matsutake [Image Source]
Jamur Mattake atau Matsutake [Image Source]
Jamur yang paling populer dihasilkan dari Pohon Pinus Merah Jepang. Letaknya biasanya tersembunyi di bawah daun yang jatuh di hutan. Memang sih ngambilnya gampang, tapi nyarinya ini yang susah. Panen tahunan di Jepang saja biasanya cuma berhasil mengumpulkan ratusan ton saja. Harganya bisa mencapai 1.000 dollar per kilogram!

4. Craftsteak’s Wagyu Ribeye Steak

Daging sapi Wagyu adalah yang paling dicari karena kadar asam lemak omega-3 dan omega-6 yang tinggi. Kondisi genetisnya juga memungkinkan daging sapi ini memiliki rasio lemak jenuh dan lemak tak jenuh yang baik. Sapi yang terbaik datang dari Kobe di peternakan prefektur Hyogo, Jepang.

Craftsteak’s Wagyu Ribeye Steak [Image Source]
Craftsteak’s Wagyu Ribeye Steak [Image Source]
Sapi-sapi di sana diberi minum bir dan mendapatkan pijatan rutin agar dagingnya lembut. Iga sapi Wagyu di New York dijual seharga 2.800 dollar. Sayang restoran tersebut sekarang tutup dan diganti dengan restoran Colicchio & Sons.

5. Bombay Brassiere’s Samundari Khazana Curry

Bombay Brassiere adalah sebuah restoran India yang terletak di London. Untuk merayakan kesuksesan film Slumdog Millionaire yang mengambil setting di India, restoran ini menyediakan menu kare istimewa yaitu Samundari Khazana Curry.

Bombay Brassiere’s Samundari Khazana Curry [Image Source]
Bombay Brassiere’s Samundari Khazana Curry [Image Source]
Makanan ini dijual seharga 3.200 dollar karena komposisinya yang memang terbuat dari bahan-bahan mahal. Menu ini berisi kepiting Devon, truffle putih, caviar Beluga, daun emas, 4 abalon, lobster Skotlandia berlapis emas, serta 4 butir telur yang berisi lebih banyak lagi caviar.

6. Domenico Crolla’s Pizza Royale 007

Domenico Crolla adalah seoran koki Skotlandia yang dikenal suka membuat potret seseorang dalam kreasi pizzanya. Salah satu kreasinya ia beri nama Pizza Royale 007, mengambil nama dari salah satu seri Film James Bond. Pizza ini dijual dengan harga 4.200 dollar.

Domenico Crolla’s Pizza Royale 007 [Image Source]
Domenico Crolla’s Pizza Royale 007 [Image Source]
Pizza berukuran 30 cm ini berisi lobster yang disiram dengan cognac, caviar yang direndam dalam champagne, saos tomat, salmon asap Skotlandia, prosciutto, daging punggung rusa dan cuka balsamic tua. Di atasnya diberi taburan serbuk emas 24 karat.

7. Yubari King Melon

Buah ini berbeda dari kebanyakan melon yang biasa ditemukan di supermarket atau toko-toko buah. Buah berdaging kuning ini sangat dicari karena rasanya yang manis dan proporsinya yang pas. Saking banyaknya orang yang mencari Yubari King Melon, maka sampai dilakukan sebuah lelang saat menjualnya.

Yubari King Melon [Image Source]
Yubari King Melon [Image Source]
Pada tahun 2008, lebih dari 100 buah melon dilelang. Buah yang paling bagus ditawar dengan harga 23 ribu dollar oleh seorang pemilik toko souvenir dan restoran seafood.

8. Semangka Hitam Densuke

Semangka berwarna hitam adalah buah yang langka. Apalagi jenis Densuke yang hanya tumbuh di pulau Hokkaido, Jepang. Saat musim panen tiba biasanya hanya menghasilkan beberapa puluh buah saja. Karena inilah yang membuat buah ini berharga mahal.

Semangka Hitam Densuke [Image Source]
Semangka Hitam Densuke [Image Source]
Bukan cuma kelangkaannya saja, tingkat kekerasan dan kerenyahannya dinilai sempurna. Tingkat kemanisan buah ini juga nggak bisa dibandingkan dengan semangka lainnya. Satu buah semangka seberat 7 kg bisa dijual hingga 6.100 dollar.

9. Italian White Alba Truffle

Truffles adalah barang mahal, tapi tidak ada yang lebih mahal dari jenis Italian White Alba. Jamur jenis ini semakin jarang ditemukan dan dipanen sehingga harganya semakin melambung tinggi.

Italian White Alba Truffle [Image Source]
Italian White Alba Truffle [Image Source]
White Alba Truffle terbesar ditemukan seberat 1,51 kilogram. Truffle besar ini dijual dengan harga lebih dari 160 ribu rupiah. Truffle ini dibeli oleh pasangan investor retail dari Hong Kong

10. Almas Caviar

Almas caviar adalah makanan yang sangat langka yang berasal dari Iran. Sejak awal Caviar memang sudah mahal, tapi karena Almas caviar sangat langka harganya jadi jauh lebih mahal lagi. Bahkan mencari toko yang jual caviar ini juga bagaikan mencari jarum di tumpukan jerami. Susah banget!

Almas Caviar [Image Source]
Almas Caviar [Image Source]
Satu-satunya toko yang menjual produk ini adalah Caviar House & Prunier yang terletak di Picadilly, London. Toko ini menjual caviar per kilo dan diletakkan di sebuah kaleng berbahan emas 24 karat. Per kilonya dijual dengan harga 25 ribu dollar. Sementara di kaleng yang lebih kecil dijual dengan harga 1.250 dollar.

BACA JUGA: 8 Produk Kecantikan Ini Beracun, Tapi Malah Dipakai

Memang sih setiap orang punya hak untuk membeli makanan apapun yang mereka mau. Tapi harga yang fantastis untuk satu porsi makanan terkadang memang sulit dinalar. Orang-orang berduit bisa menghabiskan ribuan dollar atau setara dengan jutaan bahkan puluhan hingga ratusan juta untuk seporsi makanan. Namun rasanya sia-sia jika uang sebanyak itu ‘hanya’ digunakan untuk satu kali makan, padahal bisa dimanfaatkan untuk mengisi ratusan perut anak-anak kelaparan di dunia.