Sudah menjadi rahasia umum bila di balik kemegahan stadion Indonesia acap kali tersimpan kisah-kisah horor. Seperti halnya mantan markas klub Persib Bandung Stadion Siliwangi yang kabarnya di sana kerap terjadi penampakan kuntilanak. Selain tempat tersebut Stadion Benteng Tangerang kabarnya juga menyimpan cerita serupa. Hadirnya mahkul astral tersebut ternyata tidak hanya terjadi di negara kita saja, stadion-stadion klub Eropa juga diberitakan dihuni lelembut.

Kondisi yang tentunya menakutkan, tapi juga sekaligus menimbulkan pertanyaan kenapa mahkluk-mahkluk tersebut suka tinggal di gelanggang bermain sepak bola. Apakah karena nyaman tempatnya besar atau sebelum pembangunan memang itu rumah mereka? Berikut Crew Boombastis berikan analisanya terhadap penyebab fenomena semacam itu terjadi di stadion sepak bola.

Kerap kosong dan tidak berpenghuni

Stadion Benteng Tangerang [Sumber Gambar]
Dari penelusuran penulis, tempat yang disukai oleh mahkluk-mahkluk astral adalah yang kosong atau tidak berpenghuni. Nah, berkaca dari hal tersebut, tidak salah kalau stadion di tempati oleh para lelembut. Hal ini lantaran tempat tersebut memang acap kali mengalami kekosongan ketika tidak ada pertandingan. Bahkan bila Liga libur, stadion dengan bangunan luasnya mencapai bermeter-meter seperti rumah-rumah tidak bertuan. Apalagi buat stadion yang tidak terurus tentu akan sangat mudah untuk dihuni oleh bangsa tersebut.

Kebersihan yang tidak terjaga

Stadion bola kotor [Sumber Gambar]
Masih berbicara kenapa stadion bisa berhantu. Menurut kami Salah satu penyebabnya adalah kurangnya kebersihan. Seperti yang kita ketahui bersama kerap sekali tempat sakral untuk para insan bola tersebut berserakan sampah di penjuru tempatnya. Dan parahnya seperti dikutip Boombastis dari IDNTimes kondisi semacam tersebut disukai oleh mereka. Pasalnya, makhluk-makhluk gaib suka dengan tempat yang tidak terawat, karena seakan tidak ada pemiliknya. Melihat fakta tersebut mungkin menjaga kerbersihan diperlukan selain menghindari merek juga membuta stadion lebih sehat dan indah.

Mempunyai riwayat mistis sebelumnya

Pekuburan atau makam [Sumber Gambar]
Sudah menjadi rahasia umum, bila stadion-stadion kerap dibangun di atas tempat yang memiliki riwayat mistis. Contohnya stadion milik klub asal Inggris Shouthamton yaitu St Mary’ Stadium yang dulunya merupakan makam. Lalu, ada calon Stadion Persija Jakarta yakni BNW yang kabarnya di bangun di atas rawa-rawa. Latar belakang seperti itulah yang menyebabkan stadion berhantu. Karena mereka yang bukan bangsa kita tersebut menganggap tempat tersebut adalah rumah untuk selamanya. Fenomena macam ini tentu sangatlah amat umum kita ketahui.

Tidak banyak digunakan untuk ibadah

Ilsutsai  ibadah [Sumber Gambar]
Selain beberapa hal tadi faktor lain menyebabkan stadion berhantu adalah tidak banyak digunakan untuk beribadah. Bahkan cenderung terlihat dimanfaatkan untuk hal-hal negatif. Seperti menghantam pendukung fans bola rival, praktek judi (pengaturan skor), sampai mabuk-mabukkan. Nah, hal-hal semacam itulah yang pada akhirnya menyebabkan mereka menyukai stadion untuk tempat tinggal , lantaran mempunyai aura negatif. Namun, dalam kasus ini pemilik stadion patut disalahkan, sebab kerap tidak menyediakan tempat ibadah.

BACA JUGA: Tak Hanya Indonesia, Stadion-stadion di Luar Negeri Ini Ternyata Menyimpan Cerita Mistis

Begitulah sobat Boombastis beberapa hal yang menjadi penyebab kenapa stadion kerap dihuni mahkluk-mahkluk gaib. Bagaimana apa kalian sependat dengan ulasan tadi? Tentunya iya atau tidak adalah itu urusan kalian. Tapi yang pasti dimanapun kita berada mahkluk halus memang ada di sekeliling kita.