Kuliner Indonesia memang dipengaruhi oleh banyak masakan dari negara lain seperti Arab, China dan India. Tidak heran jika kita menemui banyak sekali masakan Indonesia yang mirip dengan masakan negara-negara tersebut seperti bakpau, kare dan gulai. Meski memiliki banyak persamaan, namun pada umumnya masakan-masakan tersebut telah diberi cita rasa khas bumbu rempah Indonesia.

Baca Juga :Berani Coba Makanan Ekstrim Dan Mengerikan dari Korea Ini?

Lalu, bagaimana hubungan masakan Indonesia dengan Korea? Secara kultur dan budaya, Indonesia dan Korea nyaris tidak memiliki hubungan langsung. Namun, ternyata, di antara banyak makanan Korea, ada beberapa yang penyajian dan bentuknya mirip makanan Indonesia. Apa saja makanan tersebut? Berikut lima masakan Korea yang mirip dengan masakan Indonesia.

Artikel Lainnya
Lindswell Kwok Jadi Peraih Emas Kedua, 15 Netizen Twitter Ini Ndagel Tentang Dirinya
70 Tahun Berada dalam Konflik, Ini Momen Bersejarah Saat Korea Mengusung Bendera Persatuan

1. Dakbal, Mirip dengan Sate Ceker

Ceker atau kaki ayam adalah bagian dari ayam yang kurang lazim dimakan di benua lain selain Asia. Orang-orang Barat biasanya akan membuang bagian ini, karena kaki ayam memang nyaris tidak memiliki daging yang bisa dimakan. Namun, orang Asia pada umumnya menyukai bagian kulit yang lembut yang ada di kaki ayam. Di Indonesia, ceker biasanya disajikan menjadi sate ceker di angkringan atau soto ceker.

https://www.youtube.com/watch?v=vA3rQp2rizs

Di Korea, ternyata ada makanan yang mirip, berbahan dasar ceker. Hidangan ini disebut Dakbal dalam bahasa Korea. Hidangan ini berbahan dasar kaki ayam yang direbus kemudian diberi bumbu khas yang pedas. Orang Korea menjadikan Dakbal sebagai hidangan sampingan.

Selanjutnya : 2. TteokBokKi, Lontong versi Korea

2. TteokBokKi, Lontong versi Korea

Lontong adalah sajian berbahan dasar beras yang dibentuk menjadi lonjong dan dibungkus dengan daun pisang. Makanan ini biasanya dijadikan lontong sayur atau pendamping ketika menyantap gado-gado. Bahan dasarnya yang terbuat dari beras membuat makanan ini cocok di lidah orang Asia.

Siapa sangka ternyata orang Korea juga memiliki lontong dalam bentuk lain. Lontong korea disebut Tteokbokki. Tteokbokki berbahan dasar beras, hanya saja bentuknya lebih ramping dibandingkan lontong yang ada di Indonesia. Layaknya gado-gado, tteokbokki juga disajikan dengan saus khusus dan sayuran mentah. Jajanan ini populer di Korea, dimakan terutama ketika malam.

Selanjutnya : 3. Dakjuk, Bubur Ayam ala Korea

3. Dakjuk, Bubur Ayam ala Korea

Bubur adalah makanan favorit orang Indonesia untuk memulai hari. Selain rasanya yang nikmat, tekstur bubur yang lembut juga baik untuk pencernaan agar tidak bekerja terlalu keras untuk mencerna makanan tersebut. Bubur di Indonesia memiliki banyak sekali varian mulai dari bubur sumsum, bubur kacang hijau hingga bubur ayam.

Ternyata, orang Korea juga memiliki bubur ayam versi negeri gingseng. Dalam bahasa Korea, bubur ini disebut Dakjuk. Seperti halnya bubur ayam di Indonesia, Dakjuk memiliki tekstur dan bahan yang sama, hanya saja ayam untuk Dakjuk dimasak dengan bawang putih dan bawang merah, sehingga aromanya berubah menjadi sangat khas dan berbeda dengan yang kita makan di Indonesia.

4. Japchae, Mie Goreng ala Korea

Selain nasi, mie adalah salah satu makanan kesukaan orang Indonesia. Di sepanjang jalan di Indonesia kita bisa melihat banyak orang menjajakan mie dalam berbagai bentuk, dari mi rebus, mi goreng, mi instan, mi kocok dan mi ayam. Makanan yang mengenyangkan ini juga hadir dalam banyak jenis bumbu sehingga tidak membosankan dan lebih bervariasi daripada nasi.

Salah satu masakan nasional Korea yang berbahan mi adalah Japchae. Jika dilihat dari bentuknya, Japchae sangat mirip dengan mie goreng yang sering dijajakan di Indonesia. Mi tipis berwarna bening yang digoreng, dicampur kecap dan sayur-sayuran. Saking enaknya masakan satu ini, personil Super Junior, Eun Hyuk, mengaku bahwa makanan ini adalah makanan yang paling ia gemari di Korea. Selain rasanya yang enak, masakan ini juga bisa jadi makanan yang mengundang keromantisan dengan pasangan.

5. Seolleongtang, Sup Tulang Sapi versi Korea

Sup adalah salah satu masakan yang menjadi favorit orang Indonesia. Menikmati sup di musim hujan tentu memiliki kenikmatan tersendiri. Orang Indonesia juga memiliki banyak sekali variasi sup. Soto, juga adalah makanan yang dikembangkan dari jenis sup.

Pada umumnya, di Indonesia bahan dasar sup adalah tulang sapi. Hal ini juga ternyata populer di Korea. Seolloeongtang adalah sup sapi, yang seperti di Indonesia, menggunakan bagian tubuh sapi seperti iga dan buntut. Seolleongtang dimasak selama berjam-jam sehingga kaldu dari daging terinfus ke kuah sup tersebut. Biasanya orang Korea menggunakan lobak sebagai tambahan untuk sup ini.

Meski memiliki budaya yang jauh berbeda, namun ternyata masakan Indonesia dan Korea memiliki beberapa kesamaan. Meskipun tidak terlalu mirip secara rasa, namun bahan dasar dan penyajiannya cukup identik. Mungkin anda penasaran untuk mencoba masakan di atas dan mencoba masakan khas Indonesia ala Korea.

Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Korea untuk mencoba masakan-masakan tersebut. Di Indonesia, telah cukup banyak restoran Korea yang beroperasi. Selamat menikmati! (HLH)