in

Mengenal Bahaya Lidah Tertelan, Cedera Serius yang Sanggup Merenggut Nyawa

Mungkin kalian masih asing ketika mendengar kata lidah tertelan. Alasannya ya karena fenomena satu ini sangat jarang terjadi di kehidupan sehari-hari. Lidah tertelan hanya terjadi di beberapa peristiwa tertentu. Misalnya ketika melakukan kegiatan olahraga sepak bola.

Pantas saja dari dulu sampai sekarang, lidah tertelan jadi salah satu momok untuk para atlet sepak bola. Hal ini bisa terjadi lantaran banyak beberapa pemain sepak bola yang hampir tewas karena lidah tertelan. Oke, tak perlu berlama-lama lagi mari simak ulasan lidah tertelan secara rinci tentang lidah tertelan di bawah ini.

Inilah fenomena dari lidah tertelan yang juga jadi penyebabnya

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, kalau lidah tertelan terjadi ketika melakukan olahraga sepak bola. Namun ada cabang olahraga lain yang bisa mengakibatkan cedera satu ini seperti tinju atau rugbi. Lidah tertelan bisa terjadi di ketiga jenis olahraga tersebut karena kegiatan itu berpotensi besar menimbulkan benturan.

https://www.youtube.com/watch?v=u2SwpuwU0NM

Jadi dari benturan itulah bisa menyebabkan kehilangan kesadaran dan mengakibatkan otot pada seluruh tubuh melemah tak terkecuali adalah lidah. Nah, keadaan ini membuat lidah bisa saja bergeser ke belakang dan menghalangi saluran pernapasan. Sehingga pasokan udara yang seharusnya masuk ke paru-paru menjadi terhambat.

Ada penyebab lain yang bisa menimbulkan lidah tertelan

Selain olahraga, ternyata ada faktor pemicu kedua yakni obstructive sleep apnea. Bagi yang belum tahu, sleep apnea merupakan masalah pernapasan ketika orang sedang tidur. Jalan pernapasan yang dialami lebih pendek daripada biasanya. Bahkan, lebih parahnya lagi pernapasan bisa berhenti selama 10 sampai 60 detik.

Tidur terlentang juga bisa jadi penyebab utamanya [Sumber Gambar]
Biasanya lidah tertelan ketika tidur ini terjadi lantaran indra perasa berukuran lebih besar dari orang pada umumnya. Kemudian bisa juga karena orang tersebut tidur dalam kondisi terlentang. Sehingga lidah bisa mundur ke belakang dan akibatnya menutupi saluran pernapasan.

Inilah cara penanganan tepat untuk menyelamatkan penderita lidah tertelan

Melihat penjelasan di atas, lidah tertelan merupakan kondisi yang sangat berbahaya. Oleh karena itu, harus mendapatkan penanganan yang cepat dan tentunya tepat. Ciri-ciri orang yang terserang lidah tertelan bisa dilihat dari gejalanya. Biasanya ciri-ciri yang paling bisa dilihat adalah sesak nafas dan sambil memegang leher.

Kalau kalian menjumpai situasi seperti ini, jangan panik. Tetap tenang dan segera beri penanganan dengan cara harus membaringkan orang yang terkena lidah tertelan tersebut di tempat datar. Akan tetapi, jangan beri bantalan di bagian kepala supaya ia tetap bisa bernapas. Kemudian dorong dagu atau rahang bawah ke atas sampai posisi kepala mendongak. Lalu tarik lidah ke posisi normal dengan menggunakan jari secepatnya supaya saluran pernapasan kembali terbuka.

Kalau belum membaik, bisa lakukan cara ini

Cara di atas memang agak gampang-gampang susah untuk dilakukan. Alasannya karena itu tergantung dari para penyelamatnya apakah sudah berpengalaman atau tidak. Bisa juga karena ada sedikit kesalahan saat melakukan penyelamatan.

Dibawa ke rumah sakit terdekat [Sumber Gambar]
Jika kalian telah melakukan cara di atas namun keadaan pasien belum membaik maka harus segera dibawa ke rumah sakit terdekat. Dengan membawa pasien ke rumah sakit, maka akan menghindari risiko kematian.

Lidah tertelan memang merupakan kondisi yang sangat membahayakan. Sehingga untuk kalian yang suka berolahraga khususnya sepak bola wajib sekali berhati-hati dengan benturan. Selain itu, cara tidur juga harus diperhatikan nih Sahabat Boombastis. Alangkah lebih baiknya kalau tidur menghadap kanan supaya terhindar dari masalah kesehatan, salah satunya adalah lidah tertelan.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Lama Tak Terdengar Gaungnya, 5 Atlet Tanah Air Ini Banting Setir Jadi Petugas Partai

Bikin Koruptor Bunuh Diri, Inilah Kisah Hakim Sangar Indonesia yang Kini Telah Pensiun