Siapa yang enggak suka tidur? Dengan kegiatan tersebut, kita bisa beristirahat dan menyingkirkan segala pikiran yang dapat membuat lelah. Akan tetapi, apa kalian tahu kalau sebenarnya tidur itu mempunyai aturan tersendiri.

Mungkin kita biasanya tidur dengan cara masing-masing. Ada yang tengkurap, hadap kiri atau kanan, meringkuk dan lain sebagainya. Namun ternyata, menurut beberapa penelitian menyebutkan kalau tidur menghadap sebelah kanan adalah yang terbaik lho. Dikarenakan ada beberapa manfaat yang akan kita dapatkan. Contohnya seperti di bawah ini nih Saboom (Sahabat Boombastis).

Dapat meringankan kerja jantung

Meringankan kerja jantung [Sumber Gambar]
Tidur dengan miring ke kanan ada keuntungannya lho Saboom. Salah satunya adalah bisa meringankan kerja dari organ jantung. Ini bisa terjadi karena peredaran darah yang ada dalam tubuh menjadi lebih merata. Dampaknya akan membuat beban aliran darah untuk keluar dan masuk jantung menjadi lebih rendah. Nah, secara otomatis, denyut jantung akan melambat sehingga dapat menurunkan tekanan darah juga. Dengan begitu, kualitas tidur kita akan jauh lebih baik dan pastinya badan menjadi segar saat bangun nanti.

Artikel Lainnya
Sering Mendapati Tubuh Memar Padahal Tidak Pernah Terjatuh, Ini Loh 5 Penyebabnya
Hampir Setahun Menikah, Ini Bukti Raisa Masih Canggung dengan Hamish Daud

Paru-paru akan terjaga kesehatannya

Paru-paru menjadi lebih sehat [Sumber Gambar]
Manfaat lain yang akan didapatkan jika tidur menghadap kanan adalah bisa membantu menyehatkan paru-paru. Tidur dengan gaya ini dapat membuat paru-paru sebelah kiri tidak tertekan oleh organ-organ tubuh lainnya. Hal tersebut berbeda ketika kita tidur menghadap sebelah kiri. Paru-paru sebelah kiri yang ukurannya lebih kecil daripada kanan, akan tertekan oleh jantung dan itu tidak baik untuk organ tubuh kita satu ini.

Mengistirahatkan otak kiri

Otak kiri beristirahat [Sumber Gambar]
Selain organ di dalam dada, otak ternyata juga ikut mendapatkan keuntungan. Itu adalah otak bagian kiri yang sering kita gunakan dalam sehari-hari. Otak bagian kiri akan beristirahat secara maksimal karena kita menggunakannya setiap hari. Mungkin kalian bertanya-tanya, mengapa otak bagian kiri harus beristirahat? Nah, jawabannya adalah otak kiri digunakan untuk menggerakkan semua organ tubuh kita yang berada di sebelah kanan. Jadi, dengan tidur menghadap sebelah kanan, otak kiri akan beristirahat. Tapi keuntungannya tak hanya itu lho, tidur dengan gaya ini bisa mencegah penyempitan pembuluh darah di otak yang sering diidap oleh banyak orang.

Dapat menjaga kesehatan lambung

Lambung jadi lebih sehat [Sumber Gambar]
Organ yang ada di bagian perut, khusunya lambung juga akan mendapat imbasnya. Dengan tidur miring ke kanan, kinerja lambung akan menjadi lebih baik. Hal ini dapat terjadi lantaran pengosongan lambung akan berjalan dengan lancar. Lambung yang mengarah ke kanan bawah itulah jadi penyebab utamanya. Nah, bisa dibayangkan jika kita tidur menghadap ke kiri, maka proses pengosongan lambung akan terhambat. Akibatnya asam lambung akan naik dan alhasil terjadinya erosi pada dinding organ perut tersebut. Pasti enggak mau kan sakit lambung cuma gara-gara salah gaya tidur?

Sistem pernafasan akan menjadi lebih lancar

Sistem pernafasan jadi lebih lancar [Sumber Gambar]
Khasiat yang akan kita dapatkan ketika tidur miring ke kanan adalah sistem pernafasan menjadi lebih lancar. Tahukah kalian kalau ketika kita tidur, lidah akan mundur mendekati tenggorokan dan bisa menghambat pernafasan. Biasanya, risiko ini terjadi untuk orang yang tidur dengan gaya terlentang. Hal itulah yang biasanya menyebabkan orang bisa mendengkur saat tidur Jadi, supaya jalan pernafasan kita tak terganggu dan bisa istirahat dengan nyenyak, maka biasakan mulai sekarang tidur menghadap kanan.

Tidur dengan posisi apapun sebenarnya sah-sah saja. Namun alangkah lebih baiknya kita mencoba untuk tidur menghadap kanan. Dengan begitu, istirahat kita menjadi lebih berkualitas. Yuk, mulai sekarang membiasakan tidur menghadap kanan. Supaya organ tubuh sehat dan tidur kita menjadi tidak sia-sia.