Lia Karina Mansur, Atlet Taekwondo Berhijab yang Bikin Pria Rela Ngantre Jadi Samsak Cintanya

Cantik, Pinter, Berprestasi, Nasional dan Internasional, apa lagi yang kamu mau wahai para calon imam?

oleh Faisal Bosnia Ahmad
08:00 AM on Jun 3, 2017

Jika kamu melihat dirinya dalam balutan busana kasual, kamu tak akan menyangka bahwa dara berparas manis khas perempuan nusantara ini berprofesi sebagai atlet taekwondo. Mungkin kamu juga jarang mendengar namanya, namun kamu pasti tak menyangka bahwa ia sudah mengukir sederet prestasi membanggakan.

Perempuan yang satu ini, selain berprofesi sebagai seorang atlet, saat ini juga punya kesibukan lain bergelut dalam ajang pencarian bakat wanita muslimah berskala nasional. Kendati sibuk dalam dua dunia yang berbeda, bukan berarti dirinya mengabaikan pendidikan. Status mahasiswi pasca sarjana Ilmu Keolahragaan UNY adalah buktinya. Yuk, kita gali fakta menarik lainnya dari wanita bernama lengkap Lia Karina Mansur ini.

Baca Juga
Sang Ibu Terserang Kanker Ganas, Perjuangan 2 Bocah Ini Mengharukan, Siap-siap Tisu!
Miris! 4 Bocah Ini Rela Putus Sekolah Demi Mencari Nafkah dan Hidupi Keluarga

1. Perempuan Yogyakarta yang berhasil mengibarkan sangsaka merah putih di mancanegara

Pesonanya pasti bikin kamu terkesima. [Image Source].
Lia Karina Mansur adalah perempuan asal Yogyakarta kelahiran tahun 2 Juli 1991. Meski namanya jarang digaungkan di layar kaca televisi kita di rumah, namun ternyata Lia adalah atlet taekwondo yang namanya cukup kondang bahkan hingga ke mancanegara.

2. Deretan prestasi yang berkilauan

Lia Karina Mansur. [Image Source].
Sebagai atlet taekwondo yang dikagumi, Lia sudah mengoleksi sederet medali dari berbagai kompetisi. Beberapa di antaranya adalah medali emas pada PON Jabar 2016, medali perak SEA Games ke -26, medali perak di kejuaraan internasional Jeonju Open di Korea Selatan, medali emas di Australia Open 2011, serta medali perunggu Kejuaraan Asia 2011 di Kazakhstan.

3. Kedua orang tuanya punya andil besar menjadikan ia seperti sekarang

Didikan orang tua. [Image Source].
Berayah mantan atlet voli yang kini menjadi dosen di Universitas Negeri Yogyakarta dan beribu instukrur senam, secara tidak langsung Lia jadi ikut mengenal serunya dunia olahraga. Kedua orang tuanya bahkan sudah mengakrabkan Lia pada olahraga macam renang, voli, atletik, dan tentunya taekwondo. Tak heran jika kini semua hal yang ia tekuni berkait erat dengan dunia olahraga.

4. Atlet cantik serba bisa

Muay Thai juga bisa. [Image Source].
Selain taekwondo, Lia juga pernah mengikuti ajang Dimas Diajeng Kota Jogja 2015 dan berhasil keluar meraih posisi Runner-Up. Saat ini, ia juga tengah sibuk mengkuti ajang pencarian bakat muslimah berskala nasional, Sunsilk Hijab Hunt. Ia berhasil terpilih menjadi satu dari sepuluh finalis tahun ini menyisihkan 8.000 finalis lainnya.

5. Punya kakak yang berprofesi serupa

Duo Mansur. [Image Source].
Semangat berkarya dalam olahraga juga ikut digeluti oleh kakaknya, Fitriana Mansur, yang juga sama-sama atlet taekwondo. Saudaranya yang terpaut empat tahun ini awalnya pernah mencoba menekuni voli, namun akhirnya berhenti karena kurang meminati. Ia pun mulai mencintai taekwondo kala ayahnya membuka dojang (perguruan taekwondo) di Mandala Krida. Selain sama-sama berprestasi, Fitri juga tak mengabaikan pendidikannya. Buktinya, ia kini berstatus sebagai pemegang titel S-2 Ilmu Keolahragaan di UNY.

6. Mengenakan hijab bukan paksaan orang tua

Lia Karina Mansur. [Image Source].
Keputusan untuk menggunakan hijab dalam menekuni berbagai kegiatan dan profesinya bukanlah paksaan dari orang tua, justru hal itu berangkat dari kemauan Lia sendiri. Bahkan, jauh sebelum dikenal luas seperti saat ini, pada tahun 2006 ketika ia mulai bergabung dengan tim nasional, Lia sudah mantap mengenakan penutup aurat ini. Kendati awalnya kesulitan mengenakan hijab dalam olahraga taekwondo yang menutut pergerakan yang lincah, komitmen ini terus ia pupuk hingga kini menghasilkan berbagai prestasi membanggakan.

7. Sempat ingin berhenti dari taekwondo

Lia Karina Mansur. [Image Source].
Lia mengaku, pernah suatu waktu dirinya ingin hengkang dari dunia yang kelak akan melambungkan namanya ini. Ketatnya persaingan di dunia taekwondo serta kesibukan yang menguras waktu dan tenaganya di universitas adalah penyebabnya. Langkah tersebut bahkan telah lebih dulu ditempuh oleh kawan-kawannya. Akan tetapi, niat tersebut urung terlaksana seiring berkurangnya kegiatan kampus dan kelulusannya menjadi sarjana.

Berparas ayu, atlet taekwondo berprestasi di dalam dan luar negeri, mahasiswi pasca sarjana di universitas, kontestan kompetisi berskala nasional, lengkap sudah kriteria Lia Karina Mansur ini sebagai istri idaman. Tapi, emangnya kamu siap jadi calon imamnya? Sekalinya bikin Lia nesu, bisa-bisa kamu kena round-house kick. Ciyaatt!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak
BACA JUGA