Tetap Sehat Saat Lebaran

oleh Maya Galuh
11:47 AM on Jul 16, 2015

Momen berkumpul bersama keluarga saat lebaran identik dengan hidangan lezat mulai dari opor, ketupat, gulai, berbagai macam es, snack, dan kue-kue kering serba manis dan gurih yang siap tersaji di meja makan. Setelah 1 bulan penuh berpuasa, tidak heran jika beberapa orang seolah-olah ‘balas dendam’ dengan mencicipi semua masakan yang ada dan makan dengan gila-gilaan.

Tetap Berolahraga
Tetap Berolahraga [ImageSource]
Kalau kamu tidak punya masalah kesehatan memang tidak perlu terlalu khawatir, tapi jika kamu punya penyakit tertentu, sebaiknya kamu lebih waspada. Jangan karena mengonsumsi makanan tersebut dalam porsi yang berlebihan, kamu justru jatuh sakit. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jangan asal memakan apa saja yang tersaji. Kamu harus pintar mengatur pola makanmu sendiri.
Baca Juga
Inilah 4 Cara Greget BNN dalam Menghukum Para Bandar Narkoba yang Mulai Merajarela
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam

Jika kamu punya masalah dengan hipertensi, waspadalah dengan makanan yang tinggi lemak, makanan yang asin, serta daging kambing. Makanan seperti ini dapat meningkatkan tekanan darahmu dengan cepat. Tidak masalah jika kamu ingin makan daging, tapi perhatikan porsi makananmu.

Untuk penderita diabetes, mereka biasanya memiliki takaran makanan sendiri. Asupan karbohidrat dan protein harus dijaga dan tidak boleh berlebihan. Kurangi juga kue-kue atau minuman manis yang banyak disajikan saat lebaran. Nasi juga harus ditakar, jangan sembarang mengambil terlalu banyak. Jangan lupa untuk mengonsumsi sayuran dan buah segar.

Nah, untuk penderita asam urat harus waspada dengan jeroan seperti paru, usus, jantung, hati, limpa, otak, dan sejenisnya. Kamu juga perlu menghindari kacang-kacangan yang biasanya tersaji sebagai snack saat lebaran. Minumlah air putih yang banyak untuk membantu melancarkan metabolisme serta mempercepat pembuangan zat asam dari tubuh melalui urin.

Kalau kamu tidak punya penyakit tertentu, bersyukurlah, tapi jangan gunakan ini sebagai alasan untuk tidak mengontrol apa yang kamu makan. Jika kamu makan dengan sembrono, bisa-bisa makanan yang kamu santap ini malah akan menumpuk menjadi lemak dalam tubuh. Kamu tidak mau kan selesai lebaran tubuhmu malah tambah melar?

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tetap sehat selama menikmati momen lebaran. Selamat berlebaran bersama keluarga, ya!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA