in

Mau Diet Tetap Terjaga Saat Lebaran? Baca Ini Dulu, Yuk!

Motivasi Diet (mirror)
Motivasi Diet (mirror)

Tidak terasa bulan puasa berlalu dengan sangat cepat dan tinggal menghitung hari saja, lebaran akan segera tiba. Setelah satu bulan lamanya berpuasa, momen lebaran menjadi hari yang paling dinanti bagi umat muslim di seluruh dunia. Berkumpul bersama dengan keluarga menyambut hari raya Idul Fitri adalah hal yang selalu ditunggu setiap tahun.

Momen lebaran biasanya memang identik dengan berbagai hidangan lezat mulai dari ketupat, opor, sate, kue-kue, dan banyak lagi. Untuk yang menjalani diet, pasti serba salah. Ingin ikut mencicipi masakan-masakan yang menggugah selera tersebut, tapi takut berat badan langsung naik lagi. Hmm… jadi bingung.

Motivasi Diet (mirror)
Motivasi Diet (mirror)

Jangan takut, meskipun diet, kamu masih bisa kok menikmati santapan spesial lebaran. Tidak apa-apa kamu mengendorkan sedikit dietmu, asalkan jangan sampai kebablasan ya. Ada trik tertentu agar berat badanmu tetap terjaga tapi masih bisa menikmati santapan lezat lebaran.

Langkah pertama adalah memilih makanan mana yang benar-benar ingin kamu cicipi. Kalau ada beberapa yang tidak terlalu kamu inginkan, kamu tidak perlu mengambilnya, agar tidak jadi lemak sia-sia.

Selanjutnya, jika kamu sudah tahu mau mencoba masakan yang mana, ambil dengan porsi kecil. Kamu juga bisa menggunakan piring kecil agar masih tetap bisa mengendalikan diri. Ambil setengah atau seperempat ketupat saja. Ingat, yang penting kamu harus bisa menahan diri, jadi bukan berarti tidak makan sama sekali. Karena jika kamu terlalu menahannya, nanti bisa-bisa kamu malah makan lebih banyak. Yang penting di sini adalah kamu sudah mencicipi hidangan lebaran.

Masakan lebaran biasanya memang banyak mengandung daging, dan sedikit menghidangkan sayur. Biasanya, orang-orang akan lebih memilih daging ketimbang sayur. Nah, kamu boleh mengambil daging, tapi jangan berlebihan. Perbanyaklah masakan yang mengandung sayur agar tidak semua yang kamu makan berlemak. Dengan makan sayur, kamu juga bisa kenyang lebih cepat.

Kalau kamu sudah mencicipi hidangan-hidangan dalam porsi kecil tapi masih tetap ingin makan, jangan mengambil kue-kue lagi. Pilih saja buah-buahan dan minum air putih yang banyak. Dengan begini, perut akan tetap kenyang tapi makanan yang kamu makan tidak seluruhnya jadi lemak.

Nah, agar seimbang, jangan lupa ikut berjalan berkeliling silaturahmi ke tetangga-tetangga. Sekalian bisa membakar kalori berlebih yang tadi kamu makan. Bagaimana, gampang kan?

Written by Maya Galuh

Leave a Reply

Tetap Berolahraga

Tetap Sehat Saat Lebaran

Lebaran? Batasi Makanan Manis, Ya!