Waspada Makanan Berlemak Saat Lebaran

oleh Maya Galuh
11:46 AM on Jul 16, 2015

Setelah puasa selama satu bulan penuh, lebaran akhirnya tiba juga. Hari Raya Idul Fitri ini menjadi momen kebahagiaan bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia. Saat inilah kita semua kembali fitri dan saling memaafkan satu sama lain.

Di Indonesia, hari raya idul fitri dirayakan dengan berkumpul bersama seluruh anggota keluarga. Tidak heran jika di rumah-rumah akan menyajikan berbagai hidangan lezat untuk merayakan hari istimewa ini. Mulai dari ketupat, lontong, sate, gule, opor ayam, dan masih banyak lagi sudah tersedia di meja makan untuk disantap bersama keluarga.

Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

Resep semur ayam
semur ayam

Semua pasti setuju kalau menu-menu tersebut sangat menggugah selera. Siapapun pasti tidak sabar mencoba masakan-masakan spesial ini. Tapi hati-hati, jangan gila-gilaan saat menyantap hidangan istimewa ini kalau kamu tidak mau berat badanmu tiba-tiba naik drastis setelah merayakan hari raya lebaran.

Kamu semua tentu tahu masakan seperti opor ayam dimasak dengan minyak dan santan. Nah, dua bahan ini memang membuat masakan menjadi gurih dan sedap. Tapi, kamu juga harus ingat, minyak dan santan mengandung lemak jenuh atau lemak jahat yang tinggi. Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh, maka kadar kolesterol jahat dalam tubuh juga akan ikut melonjak naik. Nah, kamu tentu sudah tahu akibat dari tingginya kolesterol jahat dalam tubuh, bukan?

Untuk menjaga agar masakan yang disajikan tidak terlalu banyak mengandung kolesterol jahat, kamu bisa memilih bahan yang lebih bersahabat. Untuk menggantikan minyak goreng biasa, kamu bisa memilih minyak zaitun atau canola untuk menumis masakan. Untuk kaldu, kamu juga bisa menggunakan kaldu sayuran dan jus tomat untuk menyedapkan masakan.

Dengan memilih bahan-bahan yang rendah lemak jenuh, kamu tidak perlu khawatir lagi saat menikmati makanan lebaran bersama keluarga. Jangan lupa juga untuk memilih sayur-sayuran dan buah-buahan segar dalam menu yang kamu makan ya. Dengan begini kamu bisa tetap menjaga agar tubuh kamu tetap sehat dan fit saat merayakan hari raya lebaran bersama keluarga.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA