Meski zaman terus alami perkembangan menuju era modern, tapi kisah-kisah mistis di bumi nusantara seperti tidak pernah mati. Bahkan sepertinya akan terus berlanjut hingga beberapa generasi ke depan. Nah, ngomong-ngomong tentang hal ini pastinya sudah menjadi rahasia umum kalau di Indonesia banyak dicitrakan, memiliki beberapa kuburan angker, yang mana acap kali membuat pengunjungnya kerap melihat penampakan atau hal mistis lain.

Kalau dilihat-lihat lagi, malahan letaknya tersebar banyak di beberapa wilayah Indonesia. Mulai dari tanah Jawa, Kalimantan, hingga Pulau Dewata a.k.a Bali. Meski hal ini bukan sesuatu mengejutkan, namun bila diceritakan lagi tetaplah membuat bulu kudu berdiri. Tidak percaya kalian? Mari simak ulasan berikut untuk membuktinya. Awas ngompol di celana.

Kompleks Makam Mr X wilayah Sidoarjo

Bila dibanding dengan makam yang kerap dilabeli angker, bisa dikatakan tempat satu ini masihlah sedikit asing di telinga. Selain lantaran tempatnya sedikit tersebut, tempat ini juga merupakan makam kuno yang kerap dijadikan rujukan orang-orang meninggal tanpa identitas. Mulai dari korban penembak misterius, korban kecelakaan sampai jenazah teroris.

Kompleks Makam X Sidoarjo [Sumber Gambar]
Riwayatnya tersebutlah yang pada akhirnya membentuk sitgma angker ini. Meski begitu, menurut kesaksian warga yang diambil dari beberapa sumber, Makam Mr X kabarnya kerap berhiaskan cerita-cerita mistis. Seperti penampakan pocong, bau-bau tidak sedap, dan masih banyak lagi. Konon makam satu ini sudah ada sejak tahun 80-an.

TPU Tanah Kusir juga kerap goreskan cerita horor

Ngomong-ngomong makam angker, pastinya tidak afdol kalau tidak memasuki TPU Tanah Kusir di dalamnya. Pekuburan yang ada di wilayah Jakarta Selatan ini juga acap kali menyimpan cerita-ceria horor. Di mana sangat mungkin membuat kalian tidak berani sendirian datang ke sana ketika malam.

TPU Tanah Kusir ketika malam [Sumber Gambar]
Menurut juru tunggunya yang dikutip laman Suara.com yakni Engkos di Tanah Kusir kerap terjadi penampakan pas malam air. Selain itu, tutur pria sudah berusia kepala tiga itu, di makan satu ini juga pernah melihat penampakan kepala pocong dan muncul sosok buaya putih. Dan menurut Engkos juga pernah melihat tengkorak berjalan di kala magrib datang.

Pemakaman kuno Dayak Benuaq juga dilabeli angker

Tempat lain yang juga tidak kalah angker adalah pemakan kuno milik suku dayak. Bernama Makam Dayak Benuaq, tempat satu ini kabarnya kerap digunakan sebagai tempat pemanggilan arwah. Terbayang bukan bagaimana seramnya. Tidak itu saja, makam satu ini juga tergolong seram dengan letaknya jauh di pedalaman hutan.

Pemakaman Suku Dayak [Sumber Gambar]
Walaupun buat bulu kudu berdiri, namun makam satu juga punya keunikan. Dimana letak pekuburannya tidak berada di tanah, melainkan berada dalam sebuah kota bertiang. Pada umumnya di sana digunakan untuk menyimpan tulang-belulang orang dayak yang sudah berpulang untuk selamanya.

Ada di Ibukota Indonesia, makam Jeruk Purut bisa bikin orang kencing berdiri

Selain nama-nama tadi, TPU Jeruk Purut juga menyimpan kisah horornya. Bahkan hingga saat ceritanya terus saja melegenda di mana-mana. Pemakaman yang terletak di wilayah Ibukota Indonesia itu, punya kisah tentang hantu seorang pastur yang bergentayangan. Dan seremnya lagi tanpa menggunakan kepala lho sobat.

Makam Jeruk Purut [Sumber Gambar]
Tidak berhenti disitu saja, menurut penunggu tempat tersebut yakni Teh Eneng asal Cikampek, di sana juga acap kali ditemui suara-suara orang menangis. TPU Jeruk Purut juga kerap dikisahkan merupakan tempat sebuah kerajaan gaib. Apakah demikian? Entahlah yang pasti keangkerannya Jeruk Perut sangat berpotensi membuatmu kencing berdiri.

BACA JUGA: 5 Rumah Sakit Paling Angker di Jawa Timur ini Akan Membuatmu Ogah Opname

Begitulah sobat Boombastis, beberapa makam-makam yang kabarnya acap kali mengukir cerita mistis. Kira-kira dari sekian pemakaman angker tadi ada enggak yang pernah kalian datangi? Namun terlepas itu, angker atau tidak sebuah makam nantinya akan menjadi tempat terakhir bagi kita semua. Dan sebagai manusia kita selalu hidup berdampingan dengan makhluk astral.