Categories: Trending

7 Kota Besar Dunia Dengan Jumlah Gelandangan Terbanyak, Indonesia Ikut!

Hingga detik ini, bumi yang kita tempati sejak lahir telah memiliki sekitar 7,3 miliar penduduk yang tersebar di lima benua. Dari jumlah ini, ada sekitar 100 juta orang lebih yang tidak memiliki rumah, tidur di mana saja ia merasa lelah. Kota besar dunia seperti New York, Moscow, hingga Jakarta ternyata menyimpan gelandangan yang jumlahnya sungguh fantastis.

Baca Juga : 7 Gelandangan yang Kini Kaya Raya dan Jadi Orang Terkenal!

Miris memang, kota besar dengan segala kemewahannya justru menyimpan borok yang kontras dengan tubuhnya. Seharusnya para gelandangan ini bisa diperlakukan lebih baik, meski mereka bukan apa-apa atau pun siapa-siapa. Well, langsung saja, inilah kota besar dunia dengan jumlah gelandangan paling banyak di dunia!

1. New York City – Amerika

New York City adalah kota besar yang bisa dibilang pusat segala aktivitas di Amerika. Di kota ini, segala bisnis berjalan dengan sangat cepat hingga membuatnya tak pernah tidur. New York City selalu berdetak dari pagi hingga kembali pagi lagi. Gemerlap dan kemewahan dari New York ternyata tak dibarengi dengan kehidupan beberapa warganya.

New York City – Amerika [image source]
Nyaris 100.000 orang yang hidup di New York merupakan seorang gelandangan. Mereka hidup di mana saja, tidur di sembarangan tempat dan tak memiliki pekerjaan. Dari jumlah itu, lebih 25%-nya merupakan anak-anak. New York tak hanya menyimpan keindahan tapi juga kemirisan yang terpampang dengan sangat jelas.

2. Moscow – Rusia

Rusia adalah negara dengan jumlah gelandangan paling banyak di dunia. Diperkirakan ada sekitar 5 juta orang tak memiliki rumah untuk tinggal. Mereka berkeliaran di penjuru kota dan meminta-minta untuk makan sehari-hari. Moscow sebagai ibu kota Rusia sendiri menyimpan sekitar 50.000 gelandangan, dari jumlah itu 15.000 di antaranya adalah anak-anak.

Moscow – Rusia [image source]
Masalah gelandangan di Rusia mulai menjadi perhatian negara. Pasalnya kesenjangan sosial yang terjadi kerap menjadi masalah. Mulai dari tindak kejahatan hingga merasa tak dianggap oleh negara.

3. Mexico City – Meksiko

Di era 90-an, kita mengenal negara Meksiko sebagai negara penghasil telenovela. Hampir setiap hari, seluruh stasiun TV menayangkan drama yang kadang menguras emosi dan air mata. Kehebatan bidang hiburan di Meksiko ternyata tak dibarengi dengan kehebatan di bidang kependudukan. Alhasil, 40% penduduk di Meksiko hidup di bawah garis kemiskinan.

Mexico City – Meksiko [image source]
Di kota terbesarnya, Mexico City, jumlah penduduk miskin semakin tak terkontrol. Menurut NGO, jumlah penduduk miskin dan gelandangan ada sekitar 30.000 jiwa. Mereka hidup di pinggiran jalan dengan kondisi yang sangat mengerikan.

4. Manila – Filipina

Manila adalah ibu kota Filipina yang dikenal sebagai kota paling besar di negara ini. Namun sayang, kota ini justru dihuni oleh ratusan ribu gelandangan yang bisa tidur di mana saja, meski itu di atas aspal.  Mereka tidak memiliki rumah dan juga tak memiliki pekerjaan yang layak.

Manila – Filipina [image source]
Di Filipina sendiri terdapat jutaan penduduk yang menjadi gelandangan. Dari jumlah itu lebih dari sejuta adalah anak-anak yang berada di bawah umur. Bisa dibayangkan ada anak kecil yang jumlahnya jutaan tidur di jalanan tanpa selimut dan alas? Well, coba anda lihat sendiri ketika berkunjung di Filipina, tepat di kota Manila.

5. Jakarta – Indonesia

Negara kita, Indonesia ternyata memiliki banyak sekali gelandangan yang tak punya tempat tinggal. Mereka biasanya hidup di bawah jembatan dengan menumpang di gerobak, atau bahkan di emperan toko yang sangat dingin. Jakarta adalah kota yang menjadi impian banyak orang tapi juga kota yang menjadi neraka.

Jakarta – Indonesia [image source]
Di kota yang menjadi ibu kota Indonesia ini, segala hal sangat sulit didapatkan. Kalau pun dapat pekerjaan maka pekerjaan itu tak mampu mencukupi segala kebutuhan yang ada. Bahkan untuk sekadar membeli rumah saja mereka tak mampu. Itulah mengapa jumlah gelandangan di Jakarta mencapai nyaris 50.000 orang.

6. Mumbai – India

Awal tahun 2000-an, India mencatatkan rekor baru untuk jumlah penduduk yang menjadi homeless. Sebanyak 23 juta orang rela hidup di jalanan India yang terkenal berbahaya dan juga sangat kumuh. Pemerintah India sudah memulai program pengentasan gelandangan ini meski tak begitu memberi efek.

Mumbai – India [image source]
Mumbai sendiri yang menjadi kota terbesar di India memiliki lebih dari 25.000 penduduk yang hidup di jalanan. Setiap malam kita bisa melihat penduduk di Mumbai yang tidur di jalanan dengan kondisi yang sangat mengenaskan!

7. Tokyo – Jepang

Jepang pun tak bisa menghindarkan warganya untuk tidak menjadi gelandangan. Meski maju, dan penduduknya gila kerja, ternyata Jepang juga sarang gelandangan. Masalah biaya hidup yang sangat besar ditengarai menyebabkan banyak sekali orang rela hidup di jalanan untuk bertahan hidup.

Tokyo – Jepang [image source]
Dari sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013 silam. Jumlah gelandangan di Jepang, terutama Tokyo terus meningkat dengan pesat. Bahkan dalam dua tahun saja bisa bertambah hingga nyaris 2.000 orang. Jika hal ini tidak segera ditindaklanjuti, maka dalam beberapa tahun saja puluhan ribu gelandangan bisa memenuhi jalanan Tokyo yang tak pernah sepi pengunjung.

Baca Juga : 5 Tokoh yang Dulunya Terkenal dan Kini Menjadi Gelandangan

Kemiskinan adalah penyebab utama banyaknya gelandangan di seluruh dunia. Semoga pemerintah setempat mampu menanggulangi masalah ini dengan cepat. Karena bagaimana pun mereka juga warga negara yang patut dilindungi. Tidak ditelantarkan begitu saja.

Share
Published by
Adi Nugroho

Recent Posts

Rumah Dinas Menteri di Ibu Kota Negara Nusantara Disorot karena Mewah dan Megah

Perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten…

2 months ago

Santri di Ponpes Kediri Meninggal Secara Tragis, Dianiaya 4 Seniornya

Berniat ingin menimba ilmu di kota orang, tapi justru nasib nahas menimpa seorang santri di…

2 months ago

Harga Beras Melambung Tinggi, Berdampak ke Ekonomi hingga Sosial di Masyarakat

Masyarakat Indonesia sedang dihebohkan dengan kenaikan harga beras yang tengah terjadi. Melambungnya harga beras jadi…

2 months ago

Kasus Perundungan di Binus School Serpong, Seret Anak Vincent Rompies

Kasus perundungan beberapa kali mencuat ke publik setelah video viral yang beredar di dunia maya.…

2 months ago

Keguguran Calon Anak Kedua, Nikita Willy Ungkapkan Rasa Bersalah dan Hancur

Menikah dengan pengusaha muda, Indra Priawan Djokosoetono, pada tahun 2020 lalu, aktris cantik Nikita Willy,…

2 months ago

Mayor Teddy Viral karena Aksi Heroik, Sampai Digosipkan dengan Celine Evangelista

Belakangan, nama Mayor Teddy jadi perbincangan hangat netizen, foto wajah tampannya terlihat dibagikan netizen di…

2 months ago