Bukan sebuah rahasia lagi jika kini selain ciptakan sebuah yel-yel untuk tim kesebelasan yang di cinta, para suporter Indonesia juga acap kali membuat koreografi yang ‘gila’. Bahkan sampai-sampai membuat pemain ke 12 tanah air disebut menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. Hal ini tentu merupakan suatu yang positif lantaran membingkai dukungan dengan cara lebih kreatif.

Hal tersebut juga bisa dibilang jauh lebih etis dari pada mereka nge-chant sebuah lagu-lagu provokatif dan bertarung dengan pendukung klub tanah air lain. Pada umumnya koreografi yang mereka munculnya berbentuk gambar tiga dimensi serta bermacam-macam bentuknya, mulai dari membuat lambang kebanggaan sampai hadirkan para proklamator negara. Dan berikut Boombastis rangkum sejumlah korea keren fans bola tanah air.

Koreografi The Jak dengan model macan di laga AFC Cup

Koreo The Jack Mania [Sumber Gambar]
Kendati tidak mempunyai stadion atau sering berpindah-pindah kandang, tapi barisan suporter Persija begitu faseh dalam membuat hal ini. Dari sekian korea yang pernah mereka buat mungkin gambar 3D macan dengan mengencangkan otot lengan adalah yang paling epic. Koreografi yang dibuat oleh The Jak tersebut, muncul ketika Persija berlaga di lanjutan AFC Cup melawan Johor Darul Takzim (JDT) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada April 2018. Berkat aksi tersebut The Jak juga menjadi buah bibir suporter lain di Manca.

Suporter PSM ciptakan koreo epik dengan tema persatuan

Suporter PSM [Sumber Gambar]
Masih berbicara tentang aksi kreatif suporter sepak bola nasional. Beberapa waktu lalu para pendukung PSM juga hadirkan sebuah hal layaknya The Jack tadi. Mereka membuat koreografi epic dengan mengangkat tema persatuan suporter Indonesia. Terlihat aksi kreatif tersebut memunculkan gambar berbentuk lima sosok suporter yakni The Jack, Viking, The Maczman, Bonek, dan Arema saling merangkul. Menurut Ocha Alim yang dikutip laman Bola.com, aksi ini merupakan wujud kuat keinginan kuat suporter PSM Makasar agar sepak bola Indonesia damai.

Koreo suporter juga hadir dalam bentuk persaudaraan

Bonek dan Viking [Sumber Gambar]
Koreografi fans bola dengan mengusung tema persaudaraan juga ditampilkan oleh suporter Persebaya Surabaya. Mengusung wujud gambar berbentuk macan dengan buaya yang saling menjamu, mereka seperti ingin mengisyarakat kalau Bonex dengan Viking berteman dengan baik. Dan hebatnya seperti melansir laman Jawapos, pembuatan koreografi yang sangar tersebut dibuat langsung oleh kedua suporter. Sinergi kedua ternyata mampu menghadirkan sebuah hal kreatif yang luar biasa hebat. Kalau menurutmu gambar di atas bagaimana sobat?

BJS hadirkan bapak proklamator bangsa di pertandingan bola

BJS [Sumber Gambar]
Bagi pencinta sepak bola Indonesia mendengar kelompok suporter bernama BCS (Bigarta Curva Sud), tentu bukan merupakan sebuah hal yang asing di telinga. Apalagi kalau kita berbicara tentang koreografi fans bola PSS Sleman ini, mungkin langsung tergambar dalam pikiran hal-hal yang indah dan menakjubkan. Seperti salah satunya adalah ketika mereka hadirkan sosok proklamator dalam koreografinya. Bung Karno yang didampingi Mohamad Hatta terlihat begitu istimewa dengan perisai pancasila di tengah-tengah kedua orang itu. Bagi yang melihatnya mungkin rasa nasioanalisnya akan langsung meningkat.

Munculnya beberapa koreografi yang dilakukan oleh fans bola Indonesia adalah sedikit bukti kalau pemain ke 12 tidak selamanya berbuat onar saja. Mereka juga bisa membingkai sebuah perseteruan atau bentuk dukungan dalam bentuk lebih kreatif. Bila hal ini yang terus ditonjolkan besar kemungkinan sepak bola tanah air akan berjalanan dengan baik tanpa keributan. Koreo dari suporter mana nih yang kalian suka?