Melihat fenomena selebriti akhir-akhir ini, bisa kita simpulkan bahwa belum menjadi artis tanah air namanya jika tak melakukan kontroversi. Betul kan, awkarin yang penuh kontroversi saja penghasilnnya bisa miliaran rupiah per tahun. Kali ini, datang lagi sosok lelaki 16 tahun yang menghebohkan dunia maya belakangan ini. Bernama Saaih Halilintar, ia mulai terkenal dan memiliki banyak fans sebab keluarganya yang aktif di platform sosial media YouTube.

Gen Halilintar, pasti Sahabat Boombastis (Saboom) pernah setidaknya sekali mendengar nama tersebut. Saaih Halilintar merupakan bagian dari Gen Halilintar, alias anak-6 dari Lenggogeni Faruk dan Halilintar Anofial Asmid. Baru-baru ini ia membuat sebuah skandal di akun instagram pribadinya (@saaihalilintar). Rupanya, hal tersebut bukan pertama kali, loh. Dalam ulasan berikut, Boombastis.com akan membongkarnya untuk Saboom sekalian.

1. Merobek uang Rp100 ribu asli tetapi mengaku gunakan yang palsu

Tepat dua hari yang lalu, Saaih Halilintar mengunggah video dirinya di fitur insta story akun instagram pribadinya. Ia berkata “aku pengin bikin sesuatu yang satisfying (memuaskan),” lalu disusul dengan adegan perobekan uang Rp100 ribu. Hal ini pun membuat para fans dan pengikutnya kaget. Ternyata, ia mengaku hanya merobek uang mainan saja. Namun, setelah video tersebut diunggah kembali oleh akun gossip @lambe_turah, banyak orang yang meyakini bahwa Saaih tidak merobek uang mainan, tetapi uang asli.

Terlihat dari bagaimana bunyinya, dan warna yang berbeda, ucap salah satu netizen. Bahkan, artis Jefri Nichol pun ikut bersuara di insta story akun instagram pribadinya (@jefrinichol). Ia berpesan, jika sudah menjadi public figure baiknya tidak melakukan hal-hal yang berpotensi ditiru oleh banyak orang. Yaduh dedek Saaih, penulis saja masih susah payah cari duit Rp100 ribu, kamu sudah berani main sobek saja 🙁

2. Mau video call dengan Saaih? Harus bayar Rp2 juta dulu

Sebelum kejadian robek uang ini, Saaih Halilintar juga sudah banyak dikritik netizen atas kontroversi yang dibuatnya. Pada bulan Maret kemarin, tepatnya tanggal 16, dirinya tengah menginjak usianya yang ke-16. Hari itu pun disambut dengan gembira oleh SaSquad—para fans Saaih Halilintar, begitu pula anggota keluarga Gen Halilintar lainnya.

Video Call Saaih Halilintar [sumber gambar]
Kebetulan, mereka sedang merilis buku baru yang berjudul My Family My Team, My Friends My Stars, dan My Brother My Builder. Berkaitan dengan hari ulang tahun Saaih, Gen Halilintar pun membuat sebuah promosi, bahwa mereka yang ingin membeli 3 box (isi 60 buku), seharga Rp6 jutaan akan mendapat kesempatan untuk melakukan video call dengan Saaih Halilintar. Ajegile! Mau video call saja harus bayar Rp6 juta? Mending buat nonton konser Via Vallen, keleus~

3. Uji coba memasukkan handphone ke dalam rebusan air micin

Sebagai YouTuber, sudah menjadi kewajiban para kreatornya untuk selalu tampil kreatif. Mengunggah video yang berbeda dari banyak YouTubers lainnya. Hal ini pun membuat Saaih ngide untuk menguji handphone-nya yang beremerek Vivo V7 untuk dimasukkan ke dalam rebusan air micin.

Meski memang berhasil membuktikan bahwa merek handphone tersebut rupanya tahan air, Saaih tetap mendapat hujatan dari netizen lainnya. “Norak lu,” komentar akun Nabila Syifa, “duh dek, hp masih bagus gitu lo mainin,” komentar Varkom Gaming. Ya, orang kaya sih orang kaya, tetapi kalau duitnya bisa digunakan untuk kegiatan yang lebih positif dan berfaedah, why not?

4. Menyindir YouTuber yang lebih senior dan menyebabkan kedua fans saling berperang

Bukan lagi fans K-Pop saja yang bisa melakukan fanwar alias perang antar penggemar, tapi juga fans para konten kreator ini. Beberapa waktu lalu, pengikut di channel YouTube Saaih Halilintar mencapai 1 juta orang, dan ia merayakan hal tersebut besar-besaran. Sedangkan di sisi lain, Agung Hapsah, YouTuber yang sudah lebih dulu berkecimpung di dunia ini menyatakan “subscribers itu hanyalah angka, jadi enggak perlu dirayakan, yang harus dirayakan itu konten.”

Saaih Halilintar vs Agung Hapsah [sumber gambar]
Saaih pun tidak terima dengan pernyataan tersebut dan menyindir Agung Hapsah pada video ketika ia merayakan pencapaian 1 juta pengikutnya. Alhasil, kedua kubu—SaSquad dan fans Agung Hapsah pun berperang di media sosial. Ada pula anak-anak di bawah umur yang mengaku sebagai SaSquad mulai berkata kasar. Bagaimana bisa bocah berumur 16 tahun membuat para penggemarnya bertindak brutal begini?

Menjadi public figure di Indonesia memang bukan hal yang mudah. Memiliki berjuta-juta fans juga bukan berarti kalian bisa terlindungi dan bebas dari nyinyiran netizen lain jika bersikap tak semestinya. Jadi, dari 4 kontroversi Saaih Halilintar, kita baiknya belajar, bahwa di negeri kita tercinta ini hal buruk lebih cepat ditirunya daripada yang baik, sehingga apapun yang kita lakukan, tolong hati-hati, ya!