Categories: Trending

5 Kontribusi Hebat Indonesia Untuk Dunia Ini Akan Membuatmu Selalu Bangga

Indonesia dikenal sebagai negeri yang yang antah berantah. Penduduknya dianggap sangat kuno dan tak bisa melakukan apa-apa. Padahal sebenarnya penduduk Indonesia banyak sekali melakukan kontribusi bagi dunia. Bahkan beberapa teori dan penemuannya mampu membuat dunia mengakuinya dan terus digunakan sampai sekarang.

Baca Juga :Penemu Asli Indonesia yang Karyanya Diakui Oleh Dunia

Inilah 5 kontribusi hebat yang dilakukan oleh Indonesia kepada dunia. Semoga setelah membaca kehebatan ini kita jadi makin cinta kepada Indonesia yang saat ini sedang dirundung banyak sekali masalah.

1. BJ Habibie – Penemu Beberapa Teori dan Teknologi Pesawat

Tak ada yang meragukan kehebatan dari BJ Habibie. Presiden ke-3 dari Indonesia ini adalah seorang ilmuwan pesawat yang sangat hebat. Ia juga merupakan seorang yang mampu membuat teori yang sangat berguna dalam bidang kedirgantaraan.

BJ Habibie – Penemu Beberapa Teori dan Teknologi Pesawat [image source]
Di luar negeri nama BJ Habibie selalu dipandang sebagai orang genius dalam bidang perkapalan. Tak mengherankan jika Jerman rela menampungnya dan membiayai banyak sekali penelitiannya. Sayangnya BJ Habibie tak begitu dihargai di Indonesia. Jika saja Indonesia lebih menghargai beliau sejak lama. Mungkin perkembangan dirgantara di Indonesia akan maju dengan lebih pesat.

2. Joe Hin Tjio – Penemu Jumlah Kromosom yang Benar Pada Manusia

Sebelumnya dunia menganggap jika jumlah kromosom yang ada pada manusia adalah 48. Hal ini berlangsung selama bertahun-tahun, hingga seorang warga Indonesia bernama Joe Hin Tjio menemukan fakta baru. Ia melakukan penelitian pada lapisan sel paru-paru dan menemukan fakta jika jumlah kromosom hanyalah 46.

Joe Hin Tjio – Penemu Jumlah Kromosom yang Benar Pada Manusia [image source]
Tentu awalnya penemuan ini ditolak mentah-mentah. Para ilmuwan tak terima dengan apa yang Joe tulis. Namun lambat laun apa yang dilakukan Joe membuahkan hasil. Penemuannya ini membuat perkembangan penelitian kromosom manusia kian maju. Bahkan muncul lagi satu cabang ilmu genetik yaitu cytogenetics (ilmu yang mempelajari penyakit keturunan dan juga pengaruhnya pada kromosom).

3. Khoirul Anwar – Pemilik Hak Paten OFDM 4G

Khoirul Anam adalah seorang ilmuwan yang sangat hebat. Ia mematenkan penemuannya berupa teknologi broadband 4G yang dipakai secara luas di dunia internasional. Sistem yang ia temukan akhirnya dipakai di bumi hingga merambah ke luar angkasa untuk komunikasi menggunakan satelit.

Khoirul Anwar – Pemilik Hak Paten OFDM 4G [image source]
Penemuan yang hebat ini menunjukkan betapa orang Indonesia sebenarnya sangat hebat. di tangan mereka banyak sekali teknologi baru yang mampu membantu dunia dalam berbagi bidang. Dalam hal ini Khoirul Anam mengembangkan jaringan komunikasi yang hebat berupa OFDM 4G yang semakin mendunia.

4. Nelson Tansu – Metode Pemancaran Laser dan Pemilik 8 Hak Paten

Nelson Tansu adalah salah satu profesor termuda di Amerika. Saat ini ia telah menjadi dosen mahasiswa pascasarjana. Di usianya yang masih 25 tahun ia telah menjadi asisten profesor dengan mengalahkan 300 kandidat lainnya. Kehebatan dari Nelson tak berhenti di sana saja, ia menemukan juga sebuah metode pemancaran laser dan beberapa teknologi nano lain.

Nelson Tansu – Metode Pemancaran Laser dan Pemilik 8 Hak Paten [image source]
Penemuan yang Nalson lakukan membuat banyak sekali mendapatkan penghargaan yang sangat prestisius. Bahkan penemuannya telah digunakan di banyak sektor di seluruh dunia. Indonesia harusnya bangga dengan orang hebat seperti Nelson ini.

5. Yudi Utomo Imarjoko – Penemu Kontainer Limbah Nuklir

Nuklir adalah sebuah bahan yang bisa dibilang susah untuk digunakan. Bukan masalah bagaimana penggunaannya. Semua orang tahu jika nuklir banyak sekali membantu manusia. Hanya saja limbah nuklir ini bisa membuat kekacauan. Jika sampai terbuka bisa mencemari lingkungan hingga membuat banyak orang jadi terkena kanker.

Yudi Utomo Imarjoko – Penemu Kontainer Limbah Nuklir [image source]
Yudi Utomo akhirnya menciptakan sebuah alat hebat berupa kontainer penyimpan limbah nuklir. Dengan kontainer ini maka limbah tak akan bisa tembus dan membuat banyak sekali sektor tercemar. Kemampuannya diperkirakan bisa mencapai 10.000 tahun. Artinya limbah benar-benar aman hingga berpuluh generasi berikutnya. Penemuan ini sekilas sangat sederhana namun manfaatnya sangat hebat terutama bagi dunia.

Baca Juga :5 Ilmuwan Cantik yang Penemuannya Berjasa Besar

Itulah 5 kontribusi besar Indonesia pada dunia. Dari lima hal itu saja kita sudah bisa tahu jika bangsa ini adalah bangsa yang hebat. Dan kita wajib bangga dengan prestasi yang sangat membanggakan ini!

Share
Published by
Adi Nugroho

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

14 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago