Venezuela, Negara Banjir Minyak yang Rakyatnya Hidup Sengsara

oleh Rizal
07:00 AM on Aug 19, 2016

Kita tahu pasti kenapa Arab Saudi begitu berjaya perekonomiannya. Kita juga tak perlu banyak mikir ketika ditanya kenapa Qatar bisa jadi negara paling makmur sedunia. Ya, jawabannya tak lain adalah lantaran keduanya punya banyak sekali si emas hitam alias minyak Bumi. Tanpa jutaan galon minyak yang dimiliki, mungkin dua negara kaya ini sama miskinnya seperti Burundi atau Republik Afrika Tengah yang jadi juru kunci daftar negara terkaya. Minyak memang bisa mengubah segalanya, tapi hal ini tak sepenuhnya benar juga. Bukti yang paling kongkrit soal ini adalah Venezuela.

Bukan rahasia lagi kalau negara pencetak Miss Universe terbanyak ini adalah salah satu pemilik kandungan minyak Bumi terbanyak di dunia. Bahkan konon jumlahnya mengalahkan Arab Saudi, yang tiap harinya mampu dipompa jutaan barel. Tapi, meskipun seperti ini, kehidupan di sana sangat bertolak belakangan dengan Qatar maupun Saudi. Alih-alih penduduknya punya Ferrari semua, masyarakat Venezuela justru hidup terseok-seok. Jangankan bermewah-mewah, menghidupi diri sendiri saja susahnya minta ampun.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Venezuela banjir minyak, tapi hal tersebut tidak membuatnya seperti Arab dan Qatar. Justru diperkirakan kalau nantinya negara satu ini bakal mengalami banyak goncangan yang bisa membuatnya kolaps.

Inflasi Gila Venezuela Bikin Rakyat Sengsara

IMF baru-baru ini mengeluarkan pernyataan mengerikan soal perekonomian Venezuela. Mereka mengatakan jika negara satu ini mengalami inflasi sampai 500 persen dan bahkan di tahun depan angkanya naik drastis menjadi 1.642 persen. Makanya, tak heran kalau belakangan cukup ramai pemberitaan soal warga Venezuela yang mulai kesusahan memenuhi kebutuhan hidup.

Pasar gelap di Venezuela [Image Source]
Pasar gelap di Venezuela [Image Source]
Inflasi gila membuat barang-barang menjadi langka keberadaannya. Bahkan untuk yang pokok sekalipun seperti tepung, gula, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi ini, orang-orang Venezuela terpaksa mengambil risiko dengan membelinya di pasar gelap yang meskipun selalu ada tapi jumlahnya juga sangat terbatas. Belum lagi harganya yang benar-benar gila. Kondisi ini diperkirakan akan bertahan sampai beberapa waktu ke depan.

Ketika Gaji Sebulan Hanya Cukup untuk Beras Tiga Kilo

Dengan kondisi barang yang jarang-jarang ada seperti ini, warga Venezuela mau tak mau harus membelinya di pasar gelap. Namun, harga di sana dipatok sangat mahal dan tidak rasional. Tidak dua atau tiga kali lipat melainkan hampir 100 kali lipat!

Harga barang sangat mahal [Image Source]
Harga barang sangat mahal [Image Source]
Seorang warga mengaku jika ia menghabiskan seluruh gajinya sebesar 20 ribu Bolivar atau sekitar Rp. 26 juta hanya untuk sekitar 3 kilo beras saja. Benar-benar gila! Hal yang sama juga dialami oleh seorang warga lain yang harus rela membeli pasta dengan harga Rp 3,3 juta per kilogram serta susu yang dipatok harga Rp. 9,2 juta.

Bolivar Akan Menyusul Dollar Zimbabwe

Kekacauan ekonomi yang terjadi di Venezuela, perlahan membuat mata uang negara itu mulai tak ada harganya lagi. Bahkan beberapa waktu lalu ada kejadian menghebohkan yang jadi bukti kuat kalau Bolivar memang tak lagi berharga. Ya, kejadian ini adalah tentang uang Bolivar yang dipakai bungkus makanan ringan pinggir jalan. Sangat menyedihkan.

Bolivar dipakai bungkus kue [Image Source]
Bolivar dipakai bungkus kue [Image Source]
Sulit rasanya Bolivar naik value-nya kalau ekonomi negeri ini masih kacau. Bahkan diduga kalau keadaannya tetap atau bahkan lebih buruk, Bolivar akan bernasib sama seperti Dollar Zimbabwe yang gila itu. Bisa jadi juga orang-orang Venezuela pun akan meninggalkan uang mereka dan mulai memakai barter, seperti apa yang memang mereka lakukan hari ini.

Barter Jadi Solusi Ketika Uang Tak Ada Harganya Lagi

Sangat ketinggalan zaman kalau seseorang memakai barter hari ini ketika sistem uang sudah sedemikian canggih dan menjawab berbagai masalah. Tapi, bagaimana jika uang tersebut sendiri yang bermasalah? Bagi warga Venezuela yang tengah merasakan hal itu, tak ada solusi lain selain kembali ke sistem barter yang tradisional.

Barter tissue dengan bahan makanan [Image Source]
Barter tissue dengan bahan makanan [Image Source]
Kantor berita AFP mengatakan jika memang benar di Venezuela sistem barter tengah marak. Tak jauh berbeda dari barter yang kita tahu, penduduk di sana saling bertukar barang untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Misalnya seperti popok ditukar pasta, gula dengan susu dan lain sebagainya. Barter ini sendiri sebenarnya tidak terlalu kuno karena penduduk Venezuela bertransaksinya menggunakan media chat seperti Whatsapp.

Prihatin kalau melihat nasib Venezuela yang sekarang ini. Mereka sebenarnya sangat kaya, tapi warganya hidup dalam kesusahan. Entah apa yang terjadi, padahal dengan kondisi yang sama Qatar dan Saudi bisa begitu jumawa perekonomiannya. Sempat warga Venezuela mendesak pergantian presiden. Tapi, wacana ini ditentang karena hal tersebut takkan mengubah apa pun dan malah menghabiskan banyak biaya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA