Inspirasi

Kisah di Balik Rumah Mewah Terbengkalai, Seorang Anak yang Rawat Ibunya Selama Belasan Tahun

Beberapa waktu belakangan viral video yang memperlihatkan rumah mewah namun tak terawat. Rumput liar terlihat tumbuh tinggi hingga menjalar ke bagian depan rumah dan mengakibatkan suasana suram. Rumah terbengkalai di daerah Kelurahan Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, ini sejatinya masih ditempati oleh sang pemilik.

Rumah Ibu Eny [Sumber Gambar]
Kisah Tiko, pria berusia 23 tahun yang diketahui merupakan anak tunggal dari pemilik rumah tersebut, ikut ramai diperbincangkan. Ibu Tiko diketahui bernama Eny Sukaesih. Tiko dan ibunya harus mengalami hidup yang pahit dan tak mudah setelah kepergian sang ayah.

Ayah Tiko yang disebut bernama Herman Moedji Susanto, meninggalkan Tiko dan Ibu Eny sekitar tahun 2010 lalu. Sejak itu, Tiko terpaksa putus sekolah dan ibunya mulai mengalami depresi. Tiko harus melakukan berbagai pekerjaan demi bertahan hidup, seperti menjual cilor dan dadar gulung.

Keluarga Tiko [Sumber Gambar]
Kala itu, Tiko yang masih duduk di bangku SMP tak banyak mengetahui dengan pasti. Apa yang ia ketahui adalah kedua orang tuanya bercerai dan ayahnya pulang kampung ke Madiun. Bahkan, saudara pun hilang kontak sejak kepergian sang ayah. Meski rindu dan butuh kehadiran sosok ayah, Tiko memahami keadaannya dan tak banyak menuntut.

Tiko tak ingin mempercayakan ibunya untuk dirawat orang lain dan selalu merawat ibunya sendiri selama belasan tahun. Meski emosi ibunya kerap meluap saat melihat orang lain, tapi Tiko tetap sabar.  Tentu ini tak mudah karena ia harus bekerja keras sembari merawat ibunya.

Bahkan, di rumah yang ditinggali ibunya itu tak ada aliran listrik dan air bersih. Mereka disebut harus menadah air hujan untuk keperluan kamar mandi dan masak. Tiko sendiri tak berniat menjual rumah tersebut karena merupakan peninggalan orang tuanya. Namun karena sibuk bekerja, ia tak sempat merawat rumah yang begitu besar tersebut.

Menurut warga setempat, Tiko merupakan anak pendiam. Meski begitu, ia memiliki sifat yang baik, rajin, dan sopan. Kini, ia dipercaya bekerja sebagai petugas keamanan oleh warga di daerah tempat tinggalnya. Walau awalnya ia dilarang sekolah oleh ibunya, tapi Tiko akhirnya mau melanjutkan pendidikan penyetaraan tingkat SMP dan SMA.

Setelah kisahnya viral, sang ibu pun dibawa oleh Dinas Sosial ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan fisik dan mental. Selain itu, 12 anggota Damkar dan relawan melakukan kegiatan bersih rumah Ibu Eny.

Kegiatan bersih-bersih berlangsung selama sekitar 2 jam karena debu yang sangat tebal dan tanaman liar di pekarangan yang luas.

BACA JUGA: Kisah Bocah SD Sebatang Kara yang Rawat Ibunya Ini Jadi Bukti Kasih Anak juga Bisa Luar Biasa

Dari kisah Tiko, kita bisa melihat bagaimana seorang anak yang berbakti kepada ibunya dan merawat dengan penuh kasih. Selain itu, kita juga bisa memetik pelajaran bahwa hidup bisa berbalik dalam sekejap mata.

Share
Published by
H

Recent Posts

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

3 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

3 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

3 weeks ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

4 weeks ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

4 weeks ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago