Pemutusan hubungan kerja atau PHK dalam sebuah perusahaan, sebenarnya bukanlah akhir dari segalanya. Namun sayang, kebanyakan masyarakat di Indonesia masih memandang negatif terhadap nasibnya sendiri saat terkena imbas dari peristiwa itu. Tak jarang, beberapa di antara mereka bahkan ada yang mengalami tekanan batin hingga gangguan psikologis.

Namun berbeda dengan kebanyakan orang, pria satu ini justru bertambah optimis saat mengetahui dirinya bakal tergusur karena PHK. Meski awalnya sempat jatuh bangun, ia tetap tekun dan percaya bahwa masa depannya akan menjadi lebih baik. Hingga pada akhirnya, ia sukses meraup keuntungan hingga miliaran rupiah dari kerja kerasnya tersebut. Seperti apa kisah suksesnya? Simak ulasan berikut.

Korban PHK yang berani mengubah jalan hidupnya sendiri

Pilih mundur sebelum di PHK [sumber gambar]
Anggapan PHK merupakan sesuatu yang negatif, nyatanya tak berlaku bagi seorang Angga Umara. Betapa tidak, kehilangan pekerjaan yang ditakuti oleh kebanyakan orang malah membuatnya semakin bersemangat. Namanya yang telah masuk daftar pengurangan pegawai, tak membuat dirinya gentar sedikitpun. Bahkan tanpa mengunggu lama, ia akhirnya mengajukan pensiun dini daripada diberhentikan secara resmi dari perusahaannya.

Bisnis sampingan yang menjadi sandaran hidup

Tekuni bisnis sampingan dengan serius [sumber gambar]
Sebelumnya, Rangga Umara pernah menjalankan bisnis sampingan di sela-sela pekerjaan utamanya sebagai karyawan properti pada 2007 silam. Karena ia telah resmi mengundurkan diri, secara otomatis perhatiannya tercurah pada usaha sampingannya itu. Tak mudah memang mengawali segala sesuatu di awal. Selain terbentur modal, ia juga telah menikah dan dikarunia dua orang anak yang menjadi tanggung jawabnya. Disinilah ujian mulai datang silih berganti menghampirinya.

Jatuh bangun menapaki usaha kuliner yang dirintis dari awal

Nekat usaha meski modal pas-pasan [sumber gambar]
Kuliner pecel lele yang dipilihnya sebagai lahan bisnis, mendapatkan beragam ujian berat. Saat itu, sosok Rangga Umara belum memahami bisnisnya sendiri dengan baik. Mulai dari mendatangkan koki, membuat logo bisnis, hingga keuangan, ia lakukan sendiri. Usaha yang dinamakan Pecel Lele Lela itu sempat membukukan omset sebesar Rp 3 juta. Namun karena manajemennya kurang tertata rapi, keuangannya pun berantakan. Yang miris, keluarganya pun harus dikeluarkan dari kontrakan karena tak sanggup membayar biaya sewa. Alhasil, ia sempat ditegur oleh sang mertua dan dianggap tak mampu membahagiakan anaknya.

Belajar dari masa lalu yang menyukseskan bisnisnya di masa depan

Belajar dari kegagalan [sumber gambar]
Sempat berdarah-darah membangun bisnis, Rangga Umara segera menyadari semua kekeliruannya. Ia mulai berbenah dan belajar dari pengalaman kegagalannya di masa lalu. Atas nasihat dari teman-teman dekat, Rangga Umara kembali menghidupkan bisnis kuliner pecel lele miliknya. Momen inilah yang akhirnya menjadi titik balik kesuksesan di masa depan. Dengan cabang usaha sebanyak 32 buah yang tersebar di Bandung dan Jakarta, ia sukses meraih keuntungan sebesar Rp 2,8 miliar per bulan.

Rahasia sukses Rangga Umara meraih keuntungan dari bisnisnya

Rahasia suksesnya dibukukan [sumber gambar]
Tak hanya inovasi dan pelayanan yang pas, Rangga Umara ternyata menyimpan sebuah rahasia khusus yang menjadi kunci suksesnya. Ternyata, ia sering menuliskan harapan dan cita-citanya, berikut cara untuk meraih kesemua itu dalam sebuah buku yang disebutnya sebagai dream book. Menurut Rangga Umara, kebiasaan uniknya itu ternyata dapat memotivasi dirinya agar lebih sukses dan efektif dalam bekerja. Tak hanya itu, tulisan tersebut dapat masuk ke alam bawah sadar serta menarik sinyal positif sekitarnya. Itulah mengapa ia dapat bertahan dan sabar ketika di-PHK dari tempat kerjanya. Keren ya Saboom. Bisa ditiru nih caranya!

Belajar dari kisah sukses di atas, terkena PHK bukanlah menjadi akhir dari segalanya. Masih ada kesempatan dan peluang besar yang menunggu jika kita bisa bersabar dan berusaha. Sudah bukan zamannya lagi kita untuk mengeluh. Stop kebanyakan drama dan mulai perbanyak karya. Tetap semangat ya Saboom!