Nasib seseorang memang tidak ada yang tahu secara pasti. Jika sekarang melarat, siapa sangka jika besok bisa menjadi miliarder ternama. Kehidupan bak roller coaster inilah yang dialami oleh seorang Ahmad Sahroni. Siapa sangka jika pengusaha sukses ini, dulunya pernah melakoni profesi tukang semir sepatu dan ojek payung.

Berbekal kecerdasan dan semangatnya merubah nasib, Roni muda mulai menapaki hidupnya secara perlahan. Dilansir dari tirto.id, ia akhirnya sanggup menjadi pemilik bisnis transportasi, dan telah memiliki beberapa kapal tongkang pengangkut Bahan Bakar Minyak. Bahkan, Roni pun dipercaya sebagai ketua Ferrari Owner’s Club of Indonesia (FOCI). Seperti apa lika-liku kehidupannya hingga sukses seperti sekarang?

Bekerja keras demi keluar dari jerat kemiskinan

Lahir dari keluarga sederhana yang berprofesi sebagai penjual nasi Padang di Pelabuhan Tanjung Priok, Roni tumbuh besar di kawasan yang bisa dibilang kumuh dan miskin. Dilansir dari tirto.id, dirinya yang saat itu duduk di bangku SD, mencoba mencari penghasilan sendiri dengan menjadi tukang semir sepatu dan ojek payung. Pria kelahiran 8 Agustus 1977 itu, melalui jalan yang berat hingga sukses lulus SMA pada tahun 1995. Sayang, ia tak meneruskan pendidikannya hingga ke jenjang sarjana.

Jatuh bangun mengatasi sulitnya keadaan

Dengan tekad ingin merubah nasib, Roni pun langsung mencari pekerjaan di pabrik atau di kantor, namun selalu gagal. Dilansir dari jpnn.com, ia akhirnya nekat menjadi sopir “tembakan” di sebuah perusahaan bahan bakar minyak (BBM) untuk kapal yang ada di dekat rumahnya di Tanjung Priok. Ia tekun menjalankan profesinya itu meski tak mendapat gaji dan hanya dibayarkan sekedarnya saja. Bahkan, ia pernah diusir saat berteduh di lobby kantor karena seorang sopir seperti dirinya tidak layak berada di sana. Roni pun hanya bisa sabar sembari mengelus dada.

Tak malu belajar meski dari profesi yang sepele

Karena jenuh, Roni pun meninggalkan pekerjaannya sebagai sopir. Dilansir dari jpnn.com, ia lantas bekerja di kapal pesiar Century berbendera Amerika Serikat sebagai petugas kebersihan alat-alat masak. Ia juga sempat menjadi pelayan restoran di kawasan pecinan Jakarta. Semuanya tak bertahan lama. Roni pun terpanggil menggeluti profesi lamanya sebagai sopir di perusahaan penyalur bahan bakar minyak. Kali ini, ia memiliki misi lain. Tak hanya sekedar bekerja, Roni juga ingin mempelajari teknik atasannya mencari uang dari bisnis tersebut. Demi menyerap ilmu, ia bahkan tak segan ikut mengangkat selang pengisian yang beratnya 75 kg.

Kerja kerasnya yang mulai menunjukan hasil positif

Setelah bekerja cukup lama, Roni pun merasakan hasil positif dari kerja kerasnya. Dilansir dari jpnn.com, ia diangkat menjadi manager hingga direktur dalam waktu yang berdekatan karena prestasinya. Merasa ilmunya di bidang penyalur bahan bakar minyak cukup, ia memutuskan keluar dan mendirikan usaha sendiri. Tak disangka, dirinya cocok menjadi pengusaha di bidang tersebut. Berbekal koneksinya semasa menjadi karyawan, Roni sukses mendapat berbagai order bisnis dari pengusaha kapal yang membuat dirinya kaya raya.

Sukses sebagai pengusaha dan menjadi Ketua FOCI

Kini, Roni telah menjelma sebagai pengusaha sukses. Dilansir dari tirto.id, ia adalah pemilik perusahaan PT Ekasamudera Lima dan PT Ruwanda Satya Abadi, yang memiliki beberapa kapal tongkang pengangkut BBM. Tak hanya itu, kegemarannya di bidang otomotif juga mengantarkan dirinya tertarik mengkoleksi mobil-mobil mewah. Dua supercar Ferrari 430 dan Ferrari 458, satu Lamborghini Aventador LP-700, dua Toyota Alphard, dua Mercedez Benz S-Class dan E300 serta dua sedan BMW, berjajar rapi di garasinya. Dilansir dari tirto.id, pria yang juga menjadi bendahara Partai Nasdem DKI Jakarta ini juga terpilih sebagai President FOCI ( Ferrari Owner’s Club Indonesia) yang beranggotakan 80-an pemilik mobil Ferrari se-Indonesia sejak 9 Juni 2013.

Perputaran roda kehidupan memang menjadi misteri bagi siapapun. Namun, kita tak tak akan pernah tahu akan rahasia di baliknya jika tak dijelajahi dengan kerja keras. Sosok seperti Ahmad Sahroni di atas, sukses membuktikan keberhasilan dirinya membalik nasib. Kita pun bisa mencicipi sukses seperti dirinya. Asal mau berusaha dan kerja keras dengan cerdas. Tetap semangat ya Sahabat Boombastis.