Kehidupan di dunia yang fana ini, sama persis seperti sebuah rollercoaster yang terkadang naik dan turun. Hal inilah yang pernah dirasakan oleh pria bernama Sodiq Rifa’i ini. Dilansir dari viva.co.id, asal Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur emang dikenal sebagai Raja Dangdut Koplo Indonesia.

Namun untuk meraih ketenaran tersebut, lelaki yang akrab disapa Sodiq Monata itu harus melalui berbagai perjuangan keras dan air mata. Bahkan, ia pernah hanya menerima honor sebesar Rp20 ribu dan pernah menjadi kuli bangunan untuk menyambung hidup. Seperti apa kisah hidupnya tersebut?

Sempat bekerja serabutan demi menyambung hidup

Sodiq sempat hidup susah sebelum menjadi sorang penyanyi dangdut koplo [sumber gambar]
Sebelum malang melintang sebagai Raja Dangdut Koplo, Sodiq harus rela hidup penuh keterbatasan bersama keluarganya. Dilansir dari ngopibareng.id, ia pernah melakoni profesi sebagai kuli bangunan di awal tahun 90-an. Karena sepi, Sodiq juga sempat mencoba peruntungan dengan berjualan mie hingga nasi goreng keliling kampung saat proyek bangunan sedang sepi.

Menjadi pengamen jalanan yang justru menjadi awal kesuksesannya

Sodiq sempat menjadi pengamen jalanan [sumber gambar]
Keputusannya mengamen di jalanan, ternyata menjadi titik awal bagi diri Sodiq untuk menuai karir di dunia musik. Dilansir dari viva.co.id, ia lantas ditawari dan diangkat sebagai kru dari sebuah grup musik yang baru saja didirikan. Pekerjaannya kala itu hanya sebatas angkat-angkat sound, bawa tasnya artis sampai jadi tukang setel gitar. Sodiq pun menjalani karir pertamanya itu dengan sabar.

Sempat dibayar Rp20 ribu hingga ratusan juta

Sodiq sempat dibayar Rp20 ribu di masamasa susahnya [sumber gambar]
Saat menjadi seorang kru, Sodiq hanya dibayar sebesar Rp20 ribu saja. Kesempatannya datang saat ia beralih posisi sebagai pemain gitar rhytm. Lucunya, Sodiq malah didapuk sebagai vokalis karena dinilai memiliki suara unik yang serak-serak basah. Disinilah kesuksesan mulai menghampiri dirinya. Dilansir dari ngopibareng.id, Sodiq yang semapt dibesarkan oleh OM Palapa. kini telah beralih ke grup lain yang bernama OM Monata. Namanya pun meroket seketika.

Sukses bersama Monata dan dikenal sebagai Raja Dangdut Koplo Indonesia

Menuai sukses bersama OM Monata [sumber gambar]
Menuai sukses bersama OM Monata, kehdupan finansial Sodiq pun berubah secara drastis. Sumber dari viva.co.id menyebutkan, dari yang awalnya menerima bayaran Rp20 ribu, ia kini sanggup mengantongi uang uang hingga Rp250 juta sekali manggung. “Pertama bayaran kru cuma Rp20 ribu sekali manggung. Sekarang kalau saya sendiri Rp50 juta. Kalau sama tim Monata Rp250 juta,” kata Sodiq.

Sosok yang sangat mencintai sang istri

Sodiq bersama sang istri dan salah satu anaknya [sumber gambar]
Sukses sebagai musisi dangdut koplo, Sodiq tetap memberikan yang terbaik pada keluarganya. Dilansir dari akurat.co.id, ia bahkan terlihat telaten merawat sang istri yang menderita penyakit stroke. Bahkan meski dirinya lelah di tengah jadwal manggung yang padat. Sayang, sang istri akhirnya harus berpulang ke pangkuan yang Maha Kuasa. Meninggalkan Sodiq dan keempat anaknya. Satu hal yang paling disesalinya adalah, ia tak bisa menyenangkan hati Yuliani, istrinya, saat sudah kaya raya. Padahal, sosok perempuan tersebut yang setia mendampingi Sodiq saat zaman susah dulu.

BACA JUGA: 5 Alasan Musik Dangdut Begitu Fenomenal di Indonesia Bahkan ke Mancanegara

Melihat jalan terjal yang dilaluinya, Sodiq kini bisa berbangga karena telah sukses menggapai karir sebagai penyanyi dangdut koplo ternama. Pahit manis dan asam garam kehidupan di masa lalu, telah menempa jiwanya agar senantiasa bekerja keras dan menyayangi keluarga untuk meraih keberhasilan. Salut ya Sahabat Boombastis!