in

Sedekah Greget yang Tak Biasa Ala Brigadir Polisi Sandi Praja Untuk Rakyat Jelata

sedekah ala Brigadir Sandi Praja [sumber gambar]

Ada banyak cara dan jalan yang bisa dipilih untuk beramal baik. Bisa dengan membantu sesama maupun dengan bersedekah uang dan tenaga. Tapi, jika hal tersebut telah diprogram secara rutin menjadi sebuah kebiasaan, tentu merupakan perbuatan baik yang perlu dicontoh. Seperti yang dilakukan oleh sosok Polisi dermawan bernama Sandi Praja ini.

Anggota Bhabinkamtibmas berpangkat Brigadir ini, mempunyai konsep membantu sesama lewat program Satu Bulan Satu Kebaikan. Tak hanya sekedar rencana, aksi mulia tersebut telah terjadi dan dijalani secara nyata. Alhasil, banyak dari mereka yang tidak mampu merasa terbantu dengan kegiatan sosial dari Brigadir Polisi Sandi Praja.

Jalankan program Satu Bulan Satu Kebaikan [sumber gambar]
Saya sisihkan gaji dan tunjangan kerja untuk buat dua pos berbeda. Yang satu untuk program Satu Bulan Satu Kebaikan, pos kedua untuk kegiatan-kegiatan besar yang memerlukan biaya tidak sedikit,” ujar Sandi yang dilansir dari detik.com.

Aksi mulai ini bermula sejak tiga tahun lalu. Di mana dirinya ditugaskan sebagai anggota Bhabinkamtibmas Polsek Cibadak, Polres Sukabumi. Dalam implementasinya, Sandi kerap mengunjungi beberapa kawasan dan mengajak warga untuk sharing tentang kondisi dan kehidupannya. Salah satu kegiatan sosialnya adalah, membantu seorang wanita tua bernama Mak Iyah yang tinggal sebatang kara.

Anggota Bhabinkamtibmas yang kerap bantu sesama [sumber gambar]
Mak Iyah tinggal di rumah gubuk hampir roboh. Atas laporan warga saya ke lokasi. Setelah memastikan, memang perlu saya bantu. Akhirnya saya membobol tabungan selama satu tahun untuk membangun rumah Mak Iyah,” tuturnya dilansir dari detik.com.

Sebagai anggota dari satuan Bhabinkamtibmas, Sandi berusaha menjalankan amanah sebagai penegak hukum sebaik mungkin. Bukan hanya sekedar menjaga keamanan lingkungan, tapi juga melihat dan mendengar langsung keluhan warga di sekitar wilayah tugasnya.

Dengarkan keluhan warga sekitar [sumber gambar]
Kita berperan tidak hanya menjaga keamanan tapi menjaga kepercayaan masyarakat kepada lembaga. Semakin dekat dengan masyarakat, maka keamanan di lingkungan otomatis bisa kami lakukan dengan mudah. Ya, pintu masuknya melalui kegiatan sosial dan ini efektif,” ujarnya yang dilansir dari detik.com.

Selain membantu sosok Mak Iyah, Sandi juga ikut berperan aktif untuk menggerakkan warga agar membantu sesama. Salah satu contohnya adalah bersama-sama memperbaiki rumah Mak Esih yang tak layak. Dirinya bersama dengan pucuk pimpinan di kecamatan bersama pihak desa, bahu membahu melaksanakan tugas mulia tersebut.

Kerap bahu membahu antar sesama warga [sumber gambar]
“Saya ajak seluruh lapisan warga, berikut birokrasi di kecamatan dan desa. Bersama-sama rehab rumah Mak Esih. Saya juga bersykur bisa mengajak orang lain untuk sama-sama berbuat kebaikan,” pungkasnya yang dilansir dari detik.com.

BACA JUGA: Seladi, Seorang Bintara Polisi yang Juga Berprofesi Sebagai Pemulung Sampah

Terbukti, kebaikan tak hanya sekedar membuat orang lain merasa aman dan tenteram. lebih dari itu, meringankan beban sesama manusia juga termasuk perbuatan yang mulia. Semoga apa yang dilakukan Brigadir Polisi Sandi Praja dengan program “Satu Bulan Satu Kebaikan” miliknya, bisa diikuti anggota Polri yang lain. Siap 86!

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Miliki Pundak Menawan, 10 Artis Ini Cantik Banget Kenakan Atasan Off-Shoulder

Kisah ‘Rakyat Jelata’ yang Bisa Kaya Mendadak Hanya karena Uang Receh