Kalau membandingkan Mixed Martial Arts (MMA) dengan balapan motor tentunya perbandingan sangat jauh. Bahkan kalau kalian ukur jarak bisa-bisa layaknya bumi dengan langit ke 7. Meski persamaan hanya sedikit, namun diam-diam di lintasan-lintasan balap juga kerap tuliskan cerita tentang baku hantam lho sobat Boombastis. Dan uniknya kejadian model itu ada di balapan luar dan dalam negeri.

Pada umumnya, kejadian tersebut muncul disebabkan oleh amarah tak terkendali para aktor lintasan balap yang merasa dicurangi. Selain itu juga, beberapa disebabkan oleh senggolan-senggolan yang berujung pada nestapa gagal finis. Dan berikut beberapa kisah tentang bangku hantam para pemacu kuda besi di saat mengaspal.

Baku hantam antar pembalap di final road race Bojonegoro

View this post on Instagram

#jawatimurkeraslur

A post shared by SPEEDSHOP (@sdi_racing_official) on

Apabila melihat videonya sekilas, pertengkaran di ajang road race Grand Final Melindo Bojonegoro tahun 2018 lalu, bisa dikatakan sangat menakutkan. Pasalnya, baku hantam antara kedua pembalap terjadi di saat race sedang berlangsung. Bahkan mereka tidak memperdulikan lagi melanjutkan balapan, dengan tiba-tiba langsung saling serang. Usut punya usut, senggolan yang membuat terjatuh menjadi biang keladi dari insiden tersebut. Walaupun saling pukul, namun keduanya dikabarkan tidak ada yang alami cedera serius lantaran petugas sigap melerai.

Saling balas road race Bondowoso 2017 terjadi keributan

Setali tiga uang dengan kisah tadi, balapan model road race di Bondowoso juga tuliskan cerita pertengkaran. Insiden yang terjadi di sirkuit alun-alun Bondowoso itu, bermula dari kekesalan seseorang pembalap dengan aksi curang rider lain. Amarah yang tidak terkendali membuat pembalap yang terjatuh tadi melakukan balas dendam dengan melempar pelaku curang dengan segebok karung berisi pasir. Alhasil, berkat hal tersebut kedua pembalap yang diketahui berlaga di Road Race Seri V Kejurda Jatim 2017 itu sama-sama gagal menyelesaikan balapan.

Kisah perkelahian juga terjadi di Costa Rica’s National Motorbike

Costa Rica’s National Motorbike Championship [Sumber Gambar]
Seperti telah disinggung di awal tadi tentang kejadian pertengkaran pembalap juga ada di luar negeri. Ajang Costa Rica’s National Motorbike Championship adalah satu buktinya. Menurut laporan Gridoto.com kejadian yang melibatkan pembalap Jorge Martinez dengan Marion Calvo itu, didasari oleh saling senggol keduanya. Di awali tunggangan Martinez yang hilang kendali dan melebar ‘berbenturan’ dengan motor Calvo. Meski pada akhirnya Calvo bisa bangkit, namun pada akhirnya mereka berdua malah saling jotos.

Kelas ketiga MotoGP juga sempat goreskan kisah perkelahian pembalap

Pertengkara di Moto 3 Seri balap Jerman 2014 [Sumber Gambar]
Selain ajang tadi, di ajang balap mancanegara Moto 3 juga punya kisah tentang perkelahian antar rider. Momen tidak patut dicontoh tersebut, melibatkan dua aktor lintasan balap asal Belanda yakni Bryan Schouten dan Scott Deroue. Kabarnya baku hantam yang mereka tunjukkan pada ajang balap seri Jerman 2014 sila itu terjadi lantaran senggolan. Bryan yang kesal lantaran merasa dirugikan lantaran insiden ini langsung melancarkan serangan. Alhasil, saling balas pukulan tidak terhindarkan, sebelum pada akhirnya dilerai petugas medis.

BACA JUGA: 5 Hal Ini Jadi Bukti Kenapa Marquez Lebih Baik Diberhentikan dari Ajang MotoGP

Terlepas amarah dan siapa yang salah, pastinya hal-hal tadi tidaklah diajurkan ada di olahraga. Selain merusak nilai-nilai sportivitas, juga bisa menjadi contoh buruk untuk penonton. Besar harapan hal-hal semacam ini ke depannya tidak akan pernah terjadi lagi.