Buat kalian yang masa kecilnya nonton telenovela buat mengisi waktu luang bareng emak, pasti nggak asing dengan serial berjudul Esmeralda kan? Telenovela tersebut menceritakan kisah cinta perempuan buta dengan lelaki tampan dan kaya raya. Kisah Esmeralda bisa dibilang penuh dengan konflik yang berat, hingga membuat para penonton geregetan.

Sosok cantik Esmeralda sendiri diperankan oleh Leticia Calderon. Perempuan kelahiran 15 Juli 1968 bisa disebut salah satu aktris sukses asal Mexico. Meski demikian, ternyata kisah hidupnya sepedih kisah telenovela, atau bahkan sinema ‘kumenangisss…’. Seperti apa kisah selengkapnya?

Merupakan aktris papan atas yang sangat populer di tahun 90an

Leticia sebenarnya sudah mulai aktif di dunia seni peran sejak tahun 1980an, tepatnya saat berusia 14 tahun.  Namanya mulai melejit di Indonesia berkat perannya sebagai Esmeralda. Telenovela tersebut memang sangat booming pada tahun 1998 lalu, bukan cuma di Mexico, tapi juga di negara-negara lain termasuk Indonesia.

Leticia [sumber gambar]
Hingga saat ini, setidaknya ada 30 judul telenovela yang sudah ia bintangi. Selain menjadi pemain serial telenovela, Leticia juga membintangi beberapa judul layar lebar dan juga menjadi pembawa acara.

Jadi rebutan banyak pria

Paras cantik dan karier gemilang membuat Leticia jadi rebutan para kaum Adam. Tak hanya satu dua yang berlomba-lomba ingin jadi pasangan hidupnya. Hingga akhirnya, perempuan cantik tersebut menambatkan hatinya pada seorang pria bernama Marco Lopez. Mereka menikah pada tahun 1997, namun sayang pernikahannya tak bertahan lama, karena di tahun 1999 keduanya memutuskan bercerai.

Esmeralda [sumber gambar]
Tiga tahun menjanda, akhirnya Leticia kembali menikah dengan seorang pengacara bernama Juan Collado. Setelah menikah, Leticia dikaruniai dua orang anak laki-laki. Demi fokus pada keluarga, Leticia bahkan rela meninggalkan dunia hiburan yang membesarkan namanya. Ia lebih memilih fokus mengurus keluarganya, terlebih karena anak pertamanya terlahir dengan kebutuhan khusus.

Tiba-tiba ditinggalkan suami

Pada tahun 2007, hidup Leticia bagaikan diterpa badai. Di saat anak-anaknya masih kecil, sang suami Juan Collado justru meninggalkannya begitu saja. Hanya berselang beberapa saat setelah Juan memutuskan pergi, media Mexico mengabarkan jika Juan mulai menjalin hubungan khusus dengan aktris bernama Yadhira Carillo.

Leticia dan anaknya [sumber gambar]
Keduanya pun mengumumkan pernikahan mereka empat tahun kemudian. Dicampakkan sang suami memang membuat Leticia terpuruk, terlebih sang suami telah mengabaikan anak-anaknya. Meski demikian, akhirnya Leticia berusaha bangkit dan menjadi single parent bagi kedua anaknya.

Membuktikan jika ia ibu yang tangguh

Membesarkan dua anak seorang diri tentu bukan sesuatu yang mudah, terlebih anak sulungnya Luciano yang terlahir down syndrome. Namun hal itu tak jadi alasan bagi Leticia untuk mengeluh. Leticia tetap berjuang mengurus anak-anaknya, khususnya Luciano hingga anak sulungnya tersebut hidup normal meski dengan keterbatasannya.

Leticia dan anak-anak [sumber gambar]
Berkat kesabaran Leticia, Luciano pun bisa tumbuh jadi anak yang mandiri, dia bisa melakukan pekerjaan layaknya remaja normal, seperti mencuci, bercukur, bahkan memasak.

Skandal mantan suami

Memutuskan untuk menjanda sejak ditinggal sang suami, Leticia berhasil membuktikan jika dia tetap bisa tegar dan sanggup membesarkan anak-anaknya tanpa suami di sisinya. Hingga akhirnya, di tahun 2019, sang mantan suami terjerat skandal pencucian uang. Hal itu membuat Juan harus mendekam dalam penjara. Setelah dipenjara selama lebih dari setahun, mantan suami Leticia meminta kedua anaknya untuk menjenguk di penjara.

Mantan suami Leticia dan istri baru [sumber gambar]
Hal tersebut tentu sesuatu yang berat bagi Leticia dan anak-anaknya. Bahkan Carlos, anak kedua Leticia sangat marah pada sang ayah karena pria tersebut sebelumnya tak pernah hadir dalam hidupnya. Namun akhirnya Leticia mengizinkan anak-anaknya menjenguk sang mantan suami, dengan syarat pria tersebut meminta izin langsung pada otoritas setempat.

BACA JUGA: Kabar Thalia, Ratu Telenovela yang Makin Lincah dan Singset Jelang Usia Kepala Lima

Itulah kisah Leticia Calderon yang agak mirip dengan cerita ‘sinema kumenangis’ yang tayang di salah satu stasiun televisi. Dari kisah di atas kita belajar bahwa tak ada kebahagiaan atau penderitaan yang abadi, semuanya silih berganti. Tugas kita adalah bersabar dan berusaha jadi manusia yang lebih baik lagi.