in

Duduk Bersama Presiden Jokowi, Inilah Sosok Driver Pertama Gojek yang Jarang Diketahui

Bisa bertemu dan bersalaman secara langsung dengan Presiden Joko Widodo, memang menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Terlebih jika hal tersebut dialami oleh seseorang yang datang dari kalangan masyarakat biasa. Hal inilah yang sempat dirasakan oleh Mulyono, seorang driver Gojek.

Tak hanya itu, pria yang akrab disapa sebagai Pak Kumis ini ternyata merupakan mitra atau driver pertama ojek online dari Gojek. Dilansir dari gridoto.com, Mulyono pun mendapatkan kode khusus dari Gojek yakni ‘driver 001’. Keren ya, udah kayak agen rahasia James Bond 007. Lantas, seperti apa kisahnya?

Dari ojek pangkalan kemudian bergabung ke Gojek sebagai mitra driver

Sebelumnya menjadi driver Gojek, Mulyono merupakan tukang ojek yang biasa menunggu di pangkalan. Hingga pada 20 Agustus 2010, ia pun mencoba peruntungan sebagai mitra driver yang bernaung di bawah Gojek. “Berawal (masuk) GOJEK di Jalan Kerinci (dekat Pasar Mayestik), saya masuk Agustus 2010, (perusahaan) berawal dari garasi mobil. Kantornya masih berukuran 5×7 meter,” cerita Mulyono yang dikutip dari gridoto.com.

Ceritakan awal mula dirinya bekerjasama dengan gojek

Mulyono dalam sebuah acara [sumber gambar]
Setelah resmi menjadi driver gojek, Mulyono tak langsung menggunakan aplikasi. Untuk memperoleh order, ia akan ditelfon terlebih dahulu oleh Call Center Gojek dan ditawarkan apakah dirinya bisa atau tidak. Komunikasinya pun saat itu masih menggunakan pesan teks SMS. Sebagai driver pertama, Mulyono mendapat kehormatan dari pihak Gojek dengan menyematkan kode “001” pada dirinya.

Alami suka duka sebagai driver ojek “001”

Jalani suka duka bersama Gojek [sumber gambar]
Sebagai driver pertama Gojek, ada banyak hal yang dialami oleh Mulyono. Suka dukanya menjalani profesi tersebut menjadi hal yang tak terlupakan oleh dirinya. Sukanya, Mulyono mengaku ia mendapat penghasilan yang lumayan dari profesinya tersebut. Selain itu, ia juga mendapat banyak pengalaman baru selama menjadi mitra driver. Dukanya, pria asal Sragen itu bahkan harus bertaruh nyawa karena bentrok dengan pangkalan ojek pangkalan.

Bertemu dan duduk bersama dengan Presiden Joko Widodo

Bertemu dan duduk bersama Presiden Joko Widodo [sumber gambar]
Pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo terjadi pada saat Gojek mengadakan acara bertajuk Merajut Nusantara, yang merupakan ajang silaturahmi dengan driver online seluruh Indonesia. Sempat tak percaya, Mulyono ternyata memang benar-benar bertemu dengan Presiden Jokowi. Bahkan, keduanya terlihat akrab dan saling berbincang-bincang soal pekerjaannya sebagai mitra driver di Gojek.

Secara tidak langsung ikut membesarkan Gojek

Sosok yang secara tidak langsung ikut membesarkan nama Gojek [sumber gambar]
Mulyono yang terhitung merupakan driver angkatan pertama, secara tidak langsung merupakan sosok yang ikut membesarkan Gojek. Diawali dari 20 driver-termasuk Mulyono, di tahun 2010, kini perusahaan transportasi besutan Nadiem Makarim itu memiliki hampir dua juta mitra driver. Bahkan meski ia ditawari oleh kompetitor lainnya, ia tetap setia dengan Gojek karena merasa telah ikut membesarkan nama perusahaan.

BACA JUGA: Kisah Mereka yang Sanggup Mengubah Nasib dari Hasil Ngojek

Tentu ada rasa bangga sekaligus haru yang dirasakan oleh Mulyono di atas. Sebagai seorang driver, pria asal Sragen, Jawa Tengah itu secara tak langsung juga ikut membesarkan nama Gojek. Dari yang dulunya berawal sebagai perusahaan rintisan kecil, hingga kini berubah menjadi korporasi dengan nilai yang diperkirakan mencapai US$ 9,5 miliar atau mencapai Rp 135 triliun.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Kenalan dengan Inem Jogja, ‘Wong Edan’ Teman Rakyat Jelata yang Ternyata Mantan Dosen

Misteri dan Fakta Jerangkong, Tengkorak yang Bisa Membawa Petaka Bagi Siapa yang Melihatnya