Berbicara tentang hantu-hantuan, Indonesia bisa disebut sebagai negara yang paling kaya penunggunya. Salah satunya adalah Hantu Jerangkong yang terkenal di Jawa. Secara umum masyarakat mungkin mengenalnya sebagai Hantu Tengkorak. Jerangkong ini punya rupa yang mengerikan dan hobi mencuri telur pada malam hari.

Banyak yang percaya bahwa Jerangkong tidak berniat menakut-nakuti orang, tapi bagi yang melihatnya mungkin saja bisa ketiban sial. Namun, hantu ini juga bisa ditangkap layaknya makhluk mengerikan lain. Yuk, simak penjelasan lebih lengkap mengenai sosok yang satu ini.

Asal-usul Jerngkong yang suka mencuri telur

Melansir laman hantupedia.com, mungkin terdengar aneh ketika mendengar hantu yang tidak suka menakut-nakuti orang. Tapi itulah jerangkong. Masyarakat Jawa percaya kalau jerangkong adalah arwah orang yang sudah meninggal yang pada saat dia masih hidup suka mencuri telur. Hingga matipun ia akan tetap mencuri telur.

Jerangkong [sumber gambar]
Telur yang dicuri bisa telur apa saja dan dari siapa saja. Tidak dijelaskan secara pasti kenapa roh yang gentayangan ini bisa berupa tulang belulang saja tanpa daging dan kulit. Buat yang suka mencuri telur, nih baca!!!!

Wujud Jerangkong yang bisa berupa asap

Mungkin banyak yang tau kalau Jerangkong itu hanya mempunyai wujud tengkorak yang berjalan tanpa daging dan kulit. Namun, ada kalanya, makhluk ini berbentuk seperti asap –yang berbentuk kerangka atau tengkorak kepala. Hal ini dilakukan oleh Jerangkong agar ia lebih mudah menyelinap masuk ke lubang untuk mencuri telur atau masuk ke dalam kuburan.

Jika Jerangkong tersebut merupakan jelmaan dari lelembut, maka saat melihatnya konon kamu bisa mendapat malapetaka loh, seperti yang dituturkan oleh tim Kisah Tanah Jawa dalam @kisahtanahjawa.

Cara Jerangkong mencuri telur

Jangan membayangkan Jerangkong mencuri telur lalu membawanya kabur seperti tuyul mencuri uang. Jerangkong mencuri telur dan memakannya di tempat. Jadi, telur yang dimakan tidak pecah, hanya saja hilang isinya.

Jerangkong mencuri telur [sumber gambar]
Makanya, kalau kamu punya telur ayam yang tidak pecah tapi tak ada lagi isi dalamnya, mungkin telur itu sudah dicuri oleh sosok Jerangkong.

Jerangkong ini bisa banget ditangkap kok

Jerangkong berkeliaran dalam bentuk asap, sehingga tak diketahui oleh orang. Namun, kalau kalian tau bahwa ada Jerangkong yang mencoba untuk mencuri, ia sebenarnya bisa ditangkap dengan menggunakan beberapa trik. Dari kanal hantupedia.com, proses penangkapan ini harus melibatkan orang yang mengerti akan dunia ghaib. Bisa dengan memasang batok kelapa ketika jerangkong sudah keluar dari kuburan dan saat kembali, jerangkong yang menyerupai asap akan masuk ke kuburan lagi.

Jerangkong bisa ditangkap [sumber gambar]
Namun akan terperangkap ke dalam batok tadi. Saat itu, segeralah tutup batok itu dengan mori yang sudah diberi mantra. Pada pagi harinya, batok tersebut akan pecah sendiri dan betapa mengejutkan ketika melihat isinya adalah tulang belulang jari tangan.

BACA JUGA: Misteri 5 Hantu Asli Indonesia yang Membuatmu Bermimpi Buruk, Selain Pocong dan Kuntilanak

Itulah mengenai asal usul Jerangkong dan kemunculannya untuk mencuri telur. Meski tampak menyeramkan, banyak yang bilang bahwa Jerangkong ini merupakan hantu paling cemen, karena sebenarnya ia tak pernah berniat menakuti manusia, hanya ingin mencuri telur.