in

Mundur Sebagai Stafsus, Begini Perjuangan Belva Devara Dirikan Ruangguru yang Fenomenal

Staf khusus presiden (stafsus) sempat menjadi perbincangan hangat beberapa waktu lalu. Dimulai dari awal pembentukannya hingga blunder para anggotanya yang menuai sorotan dari berbagai pihak. Yang mengejutkan, salah satu staf khusus yang juga pendiri ruangguru.com, Adamas Belva Syah Devara, dikabarkan mengundurkan diri dari jabatannya.

Dilansir dari Detik News (21/04/2020), pria yang pernah berkuliah di Universitas Harvard itu mengundurkan diri per 15 April lalu. Sebagai Pendiri dan Direktur Utama (CEO) Ruangguru, sosoknya sempat mencuri perhatian masyarakat karena prestasi yang ditorehkannya. Termasuk kisahnya saat awal-awal merintis Ruang Guru.

Perusahaan digital yang lahir ketika kesulitan mencari guru les privat

Berdirinya Ruangguru tak lepas dari kegelisahan Belva Devara dan sahabatnya, Iman Usman, yang kesulitan mencari guru privat online untuk menghadapi tes melanjutkan pendidikan ke Amerika Serikat. Dari hasil pengamatan, keduanya menyadari bahwa hanya ada sedikit bimbingan belajar (bimbel) yang terdaftar di Indonesia.

Belva Devara dan Iman Usman [sumber gambar]
Dari sana, keduanya juga menemukan fakta bahwa masih banyak anak Indonesia yang kesulitan mengakses pendidikan secara mudah dan efisien. Pengamatan sederhana ini kemudian menjadi salah satu gagasan awal berdirinya Ruangguru. Di mana tujuannya adalah menggarap potensi pasar di bidang pendidikan yang saat ini masih terbuka lebar.

Mencoba gunakan kecanggihan teknologi untuk kegiatan belajar mengajar

Sebagai salah satu inovasinya, Ruangguru berdiri sebagai terobosan di dunia pendidikan yang menggunakan kemajuan teknologi. Uniknya, hal tersebut baru terpikirkan ketika Belva tengah berdiskusi dengan orang-orang yang ditemuinya. Mulai dari siswa, kepala sekolah, hingga Kemendikbud.

Belva percaya, idenya soal kegiatan belajar mengajar dengan sentuhan teknologi tak hanya bisa memecahkan masalah di dunia pendidikan, tapi juga memberikan kesempatan yang luas bagi para pelaku di dalamnya untuk mengakses kebutuhan yang diinginkan (pendidikan) secara cepat dan efisien.

Sukses dirikan Ruangguru yang kini telah dikenal di kalangan pelajar Indonesia

Bersama Iman Usman, Belva pun mendirikan ruangguru.com dengan tabungan pribadi keduanya di sela-sela kesibukan berkuliah di Amerika Serikat pada tahun 2013. Hingga setahun kemudian, PT RUANG RAYA INDONESIA berdiri sebagai perusahaan yang memayungi ruangguru.com pada 21 April 2014.

Dirikan Ruangguru dengan tabungan pribadi [sumber gambar]

Dikutip dari laman resmi Ruangguru, lembaga yang telah berbentuk perseroan itu memiliki lebih dari 15 juta pengguna serta mengelola 300.000 guru yang menawarkan jasanya di lebih dari 100 bidang pelajaran. Karena semakin berkembang, Belva pun berencana menjadikan Ruangguru menjadi situs bimbel yang mendominasi Asia Tenggara.

Mengundurkan diri dari jabatan staf khusus presiden

Selain prestasi dan keberadaan Ruangguru yang didirikannya bersama Iman Usman, sosok Belva Devara menjadi sorotan lantaran terpilih menjadi staf khusus presiden oleh Presiden Joko Widodo pada November 2019 lalu. Terhitung baru enam bulan menjabat, ia akhirnya memutuskan untuk mundur dari posisi sebagai staf khusus (stafsus) presiden.

Kabar ini kemudian dibenarkan oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, di mana Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah menerima surat pengunduran CEO Ruangguru tersebut. Belva menjelaskan keputusannya tersebut diambil lantaran tak ingin Ruangguru menjadi polemik karena keterlibatannya sebagai salah satu lembaga pelatihan di program Kartu Prakerja.

BACA JUGA: Kisah Belva Devara, Mahasiswa Cerdas yang Berhasil Kuliah di Tiga Universitas Elite Dunia

Tentu ada banyak hal yang melatarbelakangi keputusan seorang Belva Devara melepaskan jabatan sebagai stafsus Presiden Joko Widodo. Terlepas dari pro dan kontra yang beredar di masyarakat, sosok Belva telah berjasa mencerdaskan anak sekolah lewat keberadaan Ruangguru yang didirikannya pada 2014 silam.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Kabar Terkini Papa T Bob, Penulis Lagu yang Tembangnya Bikin Bocah 90-an Bahagia

Sisi Lain Kartu Pra Kerja: Banyak Warga Kesulitan Daftar hingga Dianggap Tak Tepat Sasaran