Kamu termasuk orang yang harus begadang karena mengejar deadline atau kedapatan bekerja shift malam? Atau kamu sering begadang lantaran mengalami kesulitan tidur di malam hari? Jika iya, kebiasaan begadang itu umumnya membuat tubuhmu lemas di pagi hari ya guys. Selain itu, efek begadang juga bisa membuat daya tahan tubuhmu tidak baik.

Agar tetap segar di pagi hari dan tubuh tetap fit, kamu tentu perlu berupaya lebih ketimbang mereka yang tidak begadang. Karena mau tidak mau, tubuhmu tentu lebih letih ketimbang mereka yang tidak begadang. Nah, berikut ini mari kita simak beberapa hal yang bisa mengimbangi kebutuhan tubuhmu.

Penuhi asupan cairan dalam tubuh

air mineral [Sumber Gambar]
Begadang umumnya membuat tubuh lemas, hal ini terjadi karena cairan tubuh banyak terkuras di malam hari. Tanda kekurangan cairan pada mereka yang begadang adalah warna urin yang sedikit dan berwarna lebih pekat. Karena itu, apapun aktivitasmu di kala begadang, tetaplah minum dengan teratur dan jumlah yang ideal.

Berolahraga di bawah sinar matahari pagi

Olahraga di pagi hari [Sumber Gambar]
Meski telah begadang semalam suntuk, pastikan meluangkan sedikit waktu agar tubuhmu terkena sinar matahari pagi. Matahari pagi yang kaya vitamin D bisa membuat tubuhmu lebih segar. Terlebih jika kamu mau sedikit olahraga, maka tubuhmu akan lebih bugar lagi.

Menghindari makanan yang tidak sehat

Ilustrasi makanan tidak sehat [Sumber Gambar]
Saat begadang, umumnya orang-orang lalai dengan urusan makanan. Semua rasanya sah-sah dimakan untuk menghadapi kerja lembur yang berat. Alhasil gorengan, minuman bersoda, dan kafein berlebihan pun dikonsumsi. Padahal saat memutuskan akan begadang, maka urusan makanan harus benar-benar sehat dan memiliki jumlah tepat. Sedikit saja lalai, maka daya tahan tubuh yang lebih di malam hari akan terkena efek dari makanan-makanan yang tidak sehat tersebut.

Usahakan tetap bangun pagi setelah begadang

Ilustrasi bangun pagi [Sumber Gambar]
Bangun pagi seperti biasa membuat badanmu lebih fit. Jangan gunakan begadang untuk alasan memperlambat jam bangun meski hanya 5 menit. Sebab menurut penelitian para ilmuwan, mereka yang menambah jam tidur meski hanya sebentar akan membuat tubuh kurang bergairah dan cenderung lemas sepanjang hari. Wah, ternyata hal sepele ini efeknya besar juga ya guys.

Jangan lewatkan sarapan

Ilustrasi sarapan sehat [Sumber Gambar]
Usai begadang di malam hari, pastikan kamu tidak melewatkan sarapan. Banyak penelitian yang juga membuktikan bahwa makan 1 jam setelah bangun tidur ternyata meningkatkan mood dan fokus. Makanlah sarapan ringan seperti telur rebus, outmeal, ataupun sandwich. Jika ada, secangkir teh hijau bisa membantu menyegarkan tubuh dan otak.

BACA JUGA: Yang Hobi Begadang Wajib Baca, Efek Buruk dari Kebiasaanmu Itu Sungguh Fatal!

Nah, bagi kamu yang masih sering lemes setelah begadang semalam suntuk, bisa banget ya dicoba cara-cara di atas. Biar tubuh dan pikiranmu fresh di pagi hari dan bisa melakukan aktivitas dengan fokus dan konsentrasi. Oia, jika memungkinkan kurangi juga ya jatah begadangnya. Sebab terlalu sering begadang itu rentan berbagai penyakit lho guys.