Categories: Trending

5 Trik Khatam Al-Qur’an di Bulan Puasa

Hanya sebulan dalam setahun Allah SWT memberikan sale pahala yang banyak banget. Yup, cuma di bulan Ramadan! Sehingga banyak orang yang bilang sangat rugi kalau nggak dieksploitasi banyak-banyak, karena belum tentu bakal ketemu lagi dengan bulan penuh ampunan ini. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan mengantungi keutamaan bulan ini. Mulai dari sedekah, sampai membaca Al-Qur’an.

Baca Juga : Inilah Pendapat Orang Paling Jenius di Dunia Terhadap Islam

Nah, khusus untuk amalan tadabur Al-Qur’an, beberapa orang biasanya punya target akhir bulan. Entah itu khatam sekali atau dua kali. Kamu pun juga nggak boleh kalah nih. Biar bisa lebih enjoy ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Apa aja? Simak lewat ulasan berikut.

1. Tanamkan Niat Sungguh-Sungguh

Setiap perbuatan diawali dengan niat, untuk yang satu ini kamu juga wajib melakukannya lho. Sekedar niat sih biasanya cuma berakhir di mulut aja dan tanpa terasa bulan puasa terlewat begitu aja tanpa pencapaian yang membanggakan. Ketika memasang niat, lengkapi pula dengan kesungguhan.

Tanamkan niat yang sungguh-sungguh [Image Source]
Brainstorming diri sendiri kalau Ramadan datangnya hanya setahun sekali dan bakal sayang banget kalau lewat begitu aja. Di samping pahala untuk setiap kebaikan di bulan puasa sangat besar. Mengingat dosa-dosa juga jadi cara yang mumpuni untuk makin memperkuat niat.

2. Jangan Baca Sekaligus

Bulan puasa biasanya semangat beribadah pasti menggebu-gebu tuh. Ibarat motor, kamu lagi jalan di gear paling tinggi. Bahkan ketika tadabur Al-Qur’an nggak jarang bisa menghabiskan satu juz dalam sebuah sesi aja. Well, untuk mereka yang expert sih sama sekali nggak masalah. Namun bagi yang baru belajar ini pastinya berat banget.

Membaca Al-Qur’an juga harus dilihat kemampuan nih [Image Source]
Nggak ada yang melarang kamu untuk melakukan ini, tapi alangkah baiknya kamu nggak memaksakan diri. Tadarus Al-Qur’an langsung banyak sekaligus akan membawa beban. Sehingga nanti jatuhnya bakal nggak nyaman.

3. Pakai Trik Sistem Kredit

Nah lho, ini kok jadi kayak nyicil motor? Tenang, ini hanya trik biar kamu bisa bikin pencapaian bagus dalam tadarus Al-Qur’an. Misalnya kamu ingin khatam satu kali, maka tinggal bagi aja dengan jumlah juz dan 30 hari. Jadi, sehari kamu harus menyelesaikan setidaknya 1 juz. Pasti berat tuh, nah sistem kredit ini bakal berguna.

Siasati dengan sistem kredit biar lancar sampai akhir [Image Source]
1 juz rata-rata punya 10-12 lembar, tinggal bagi aja sama waktu sholat. Maka kamu cukup baca 2-3 lembar aja. Nggak usah khawatir karena nggak bakal menyita banyak waktumu kok. Mungkin hanya sekitar 15 menit atau bahkan kurang dari itu bagi yang udah cukup lancar. Kalau kamu pengen khatam lebih dari sekali tinggal lipat gandakan lembar setelah sholat. Nggak berat kok, tahu-tahu udah juz 30 aja. Cobain deh!

4. Manfaatkan Waktu Luang

Sesibuk apa pun pasti kamu punya waktu luang, kan? Misalnya aja ketika duduk di angkot ke tempat kerja, di mobil ketika macet atau ketika kamu bingung nggak ada kerjaan. Dibuat ngelamun bakal wasting time banget, manfaatkan waktu luang ini untuk mengejar target harian tadarus Al-Qur’an.

Setiap ada kesempatan gunakan untuk membaca Al-Qur’an [Image Source]
Kalau kamu jeli memanfaatkan waktu-waktu kayak gini, bukan cuma sekali tapi bahkan mungkin bisa 3-4 kali khatam.

5. Konsisten

Entah kenapa hal-hal yang sifatnya berhubungan dengan ibadah di bulan Ramadan hype-nya cuma di awal doang. Nggak hanya shaf pas sholat Tarawih aja yang makin maju tiap harinya, membaca Al-Qur’an juga tuh. Well, push dirimu buat nggak ngikutin tren buruk ini.

Konsisten adalah kunci untuk pencapaian keren [Image Source]
Gampangnya sih, kalau pengen pencapaian keren kamu harus konsisten dari awal sampai akhir. Kembali ke niat, ingat nih untuk selalu memperbaruinya tiap hari. Biar kamu bisa selalu termotivasi dan jadi reminder kalau ada misi yang harus diselesaikan.

Baca Juga : 10 Bangunan Islam Paling Menakjubkan di Dunia

Nggak susah kok untuk khatam Al-Qur’an di bulan penuh rahmat ini. Asal kan niatmu kuat dan dibarengi dengan usaha maksimal dan konsisten pasti bisa. Bahkan kamu mungkin bisa hingga 2-3 kali khatam di akhir bulan nanti. Perbarui niat, terus ingatkan diri akan dosa serta sadari kalau bulan Ramadan cuma datang setahun sekali. Semangat guys!

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

14 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago