Profesi sopir mobil ambulance acap kali dipandang sebelah mata. Selain hanya dianggap sebagai pembawa orang sakit, pekerjaan ini juga sering dikaitkan dengan hal mistis. Biasanya ini terjadi ketika si sopir harus mengantarkan jenazah ke tempat yang jauh. Ditambah lagi si pengemudi harus mengantarkan orang tak bernyawa tersebut sendirian.

Ini banyak buktinya kok. Coba cari di internet, ada banyak pengalaman pribadi dari para sopir ambulance. Mulai dari bertemu kuntilanak di tempat sepi hingga diajak bicara oleh sang mayat. Hii.. serem banget ya. Tapi di balik itu semua, ada keistimewaan yang diterima oleh si sopir mobil ambulance.

Boleh ngutang bensin di SPBU

Boleh ngutang di spbu [Sumber Gambar]
Dilansir dari mobimoto.com, ada seorang sopir mobil ambulance bernama Daniel Bona menceritakan pengalaman pribadinya. Ia mengungkapkan sebagai pengemudi mobil pengangkut jenazah ini tak selamanya menyeramkan kok. Bahkan ia berpendapat kalau dirinya sering berhutang pada saat isi bensin di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Menariknya lagi, melunasi hutangnya boleh kapan saja. Wah, enak banget ya…

Dapat diskon menarik kalau ingin naik kapal laut

Dapat diskon dan tidak antre jika naik kapal laut [Sumber Gambar]
Selain itu, Daniel Bona juga mengatakan keistimewaannya yang lain. Dikutip dari grup facebook Sejarah Transportasi, ia tidak perlu antre saat naik kapal laut. Bisa dibilang, Daniel akan diprioritaskan untuk naik kapal terlebih dulu daripada kendaraan lainnya. Uniknya, pria ini juga selalu mendapatkan diskon untuk menaiki kapal laut. So pasti ini tidak akan dirasakan oleh kendaraan lainnya.

Paling diprioritaskan jika sudah di jalan

Mobil ambulance diprioritaskan di jalan [Sumber Gambar]
Terakhir, sopir mobil ambulance sangat diprioritaskan untuk lewat di jalan raya. Ini sudah sesuai dengan Pasal 134 dan 135 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009. Di pasal tersebut dituliskan kalau mobil ambulance memiliki prioritas kedua di jalan setelah pemadam kebakaran. Tapi dengan syarat, mobil ambulance sedang dikawal oleh kepolisian atau ketika membawa pasien sambil membunyikan sirine. Jadi kalau salah satu syarat tersebut tidak dilakukan, maka mobil ambulance tidak berhak lewat terlebih dahulu daripada kendaraan lain.

BACA JUGA : Menengok Profesi Damkar Honerer, Bekerja Pertaruhkan Nyawa Tapi Gaji Tak Seberapa

Yap, itu tadi adalah tiga keistimewaan yang didapat sopir mobil ambulance. Tapi di balik itu semua, profesi satu ini juga mempunyai keuntungan lain yang tak kita dapatkan. Adalah pahala. Kok pahala? Ya karena sopir mobil ambulance ini sudah rela untuk mengantarkan pasien ke rumah sakit supaya mendapatkan penanganan cepat. Lalu juga menghantarkan jenazah ke rumah masing-masing supaya jasad cepat diurus pemakamannya. Jadi lupakan kejadian mistis yang sering dihubungkan dengan profesi ini. Coba tengok kerja kerasnya yang sudah mendatangkan banyak pahala dan keberkahan.