Kilas Balik Perjalanan Karier Francesco Totti, Sang Pangeran Roma yang Kini Turun Tahta

AS Roma sepertinya patut berterima kasih kepada Totti atas sumbangsihnya selama ini.

oleh Sastranagari
15:00 PM on May 29, 2017

Setiap penggemar sepak bola pasti punya pemain favorit yang dijagokan. Kadang favorit mereka ini lebih dari satu. Selain grup favorit, pemain favorit ini yang bikin mereka rela sampai begadang demi menyaksikan aksinya. Nggak mau ketinggalan dong untuk besoknya dibahas antar sesama penggila bola.

Salah satu pemain sepak bola yang banyak digemari adalah Francesco Totti. Siapa sih yang nggak kenal dengan pemain handal Roma ini? Mereka yang bukan bola mania aja pasti kenal dengan pria berusia 40 tahun ini. Sayangnya kabar terbaru dari Totti bikin para fans menangis. Ia memutuskan menanggalkan sepatu setelah 25 tahun kariernya di dunia sepak bola. Dan berikut adalah kilas balik perjalanan karier Totti dua dekade ini.

Baca Juga
Inilah 4 Hal yang Terjadi Jika Indonesia Benar-benar Memboikot Produk Amerika
Mulai dari Akhir Israel Hingga Bencana, Inilah 4 Prediksi Nostradamus Tentang 2018 yang Bikin Merinding

Setia dengan Satu Klub Sepak Bola, Roma

Francesco Totti bersama klub Roma [image source]
Francesco Totti memulai karier sepak bolanya pada usia yang masih belia, 16 tahun. Pada usia tersebut, ia sudah bergabung dengan Roma. Selama merumput, Totti nggak pernah sekalipun berpindah klub sepak bola, meskipun banyak tawaran menggiurkan dari klub lainnya. Nggak kerasa, Totti sudah setia dengan Roma selama 25 tahun, mulai tahun 1992 hingga 2017. Hebat!

Pemegang Rekor Pemain Terbanyak Klub Roma

Francesco Totti merentangkan tangan [image source]
Sebagai pemain setia klub Roma, tentunya Totti sudah kenyang makan asam garam permainan sepak bola. Didukung kehebatannya dalam mengocok bola, Totti jarang absen dalam laga Roma. Semenjak bergabung dengan Roma sebanyak 786 pertandingan sudah dijalanainya.

Mendapat Penghargaan Top Scorer

Totti mendapat penghargaan Golden Shoe [image source]
Kepiawaian Totti dalam mencetak gol nggak perlu diragukan lagi. Tercatat pada satu musim seri A tahun 2006/2007 ia meraih penghargaan sebagai pencetak gol terbanyak. Kala itu ia berhasil mencetak 32 gol dan mendapat penghargaan Sepatu Emas Seri A dan Sepatu Emas Eropa.

Mendapat Predikat Kapten Termuda

Menjadi kapten di usia muda [image source]
Tampil berkilau dalam setiap laga, Totti akhirnya didapuk menjadi kapten AS Roma. Prestasi ini tentunya membanggakan dong ya. Yang lebih membanggakan lagi, Totti menyandang predikat sebagai kapten termuda dalam klub sepak bola Roma. Saat pertama kali menjadi kapten ia berusia 22 tahun.

Koleksi Kartu Merah Totti Terbilang Sedikit

Totti terkena kartu merah [image source]
Kartu merah adalah momok bagi para pemain sepak bola, karena itulah mereka bermain sebagus mungkin untuk menghindarinya. Namun sehebat-hebatnya pemain sepakbola juga tetap manusia, Totti pun pernah mendapatkan kartu merah dari wasit. Selama menjalani 786 pertandingan, Pangeran Roma ini hanya mengantongi 16 kartu merah saja.

Mendapat Kartu Merah Saat Melawan Korea Selatan

Totti diganjar kartu merah saat melawan korsel [image source]
Pada tahun 2002 Totti ikut membela timnasnya dalam piala dunia melawan Korea Selatan. Sayangnya pada saat pertandingan tersebut, Totti mendapat masalah. Ia diganjar kartu merah oleh wasit karena dianggap melakukan diving pada salah satu pemain Korsel. Akibatnya timnas Italia harus bermain dengan 10 orang saja dan tersingkir dari babak 16 besar.

Dijatuhi Hukuman Karena Meludahi Pemain Denmark

Totti meludahi Christian Poulsen [image source]
Pengapesan Totti tak hanya terjadi pada laga kontra Korea Selatan saja, ia kembali mendapatkan hukuman saat berlaga pada UEFA 204 melawan Denmark. Totti tertangkap kamera meludahi pemain Denmark Christian Poulson. Akibat ulahnya tersebut, Totti dilarang bermain selama 3 partai oleh komisi disiplin UEFA.

Tak ada yang yang abadi di dunia ini, begitu pula karier. Keputusan Totti untuk mundur dari dunia sepak bola sangat wajar. Namun kita masih bisa mengenangnya lewat prestasi cemerlang selama masih berkarier di lapangan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA