Zaman sekarang, medsos sudah menjadi nyawa kedua, terutama bagi generasi muda dan millennial. Sudah barang tentu, segala macam kegiatan, posisi sekarang, lagi ngapain aja, serta tetek bengek aktivitas lain bisa dibagikan kepada followers, fans, atau bahkan teman sendiri melalui media sosial. Tak hanya itu loh, media sosial juga berperan penting terhadap jodoh masa depan kamu. Enggak percaya? Ada banyak sekali orang-orang yang menemukan pasangan mereka melalui medsos, baik itu Instagram, Facebook, atau berbagai aplikasi online dating. Konon menemukan jodoh zaman sekarang lebih mudah daipada zaman dahulu –yang harus pakai surat dulu kalau mau bertemu. Namun, meskipun sekilas mudah tetap ada plus minusnya loh kenalan melalui medsos itu. Apa aja ya? Yuk, kita breakdown langsung di ulasan berikut ini.

Tak begitu malu seperti bertemu langsung

Bertemu langsung dengan pasangan [sumber gambar]

Tak seperti berkenalan langsung, kenalan melalui chat ternyata lebih mudah dilakukan karena low pressure alias tidak semenyeramkan saat bertemu secara langsung. Kenalan di media sosial bisa membantu kamu yang pemalu dan suka panas dingin saat bertemu lawan jenis atau orang yang disukai. Chattingan ini bisa dijadikan sebagai ajang latihan. Kalau ‘say hello’ secara langsung belum berani, ya setidaknya kamu bisa menyapanya di dunia maya lewat chat. Dengan bersembunyi di balik keypad dan layar HP, rasa malu tentunya sangat jauh berkurang.

Berkenalan dengan banyak target

Kenalan di Tinder [sumber gambar]

Aplikasi chatting online biasanya memungkinkan kamu bertemu dengan banyak target. Dengan begitu kamu bisa memilih satu di antara puluhan atau ratusan yang sudah swipe right dan match denganmu. Hal ini juga berbeda dengan di dunia nyata, saat kamu mendekati lebih dari satu wanita maka kamu akan mendapat cap player atau playboy. Ya, dengan banyaknya pilihan, kamu akan terbiasa dengan penolakan-penolakan, tanpa harus malu seperti bertemu langsung dengan orangnya. Singkatnya, kenalan dengan banyak target dan bisa mengurangi rasa malu saat ditolak adalah poin plus mencari gebetan lewat sosmed.

Jarak sudah tidak ada artinya lagi

Jarak tak lagi berarti [sumber gambar]

Saat berkenalan secara langsung, mau tidak mau kamu harus bertemu dan bertatap muka dengan target secara langsung. Artinya dirimu juga harus pergi dan menempuh jarak untuk orang tersebut. Nah, hal semacam itu tentu tidak berlaku lagi jika proses kenalan dilakukan via chat atau sosial media. Kamu bisa berkenalan dengan target yang jaraknya puluhan bahkan ratusan kilometer jauh disana. Atau bagi mereka yang memang berniat mencari jodoh ‘lima langkah dari rumah’ bisa mengatur sendiri radius terjauh orang yang bisa dijangkau.

Tapi, di satu sisi kenalan via medsos lebih beresiko membuatmu kecewa

Kisah Yusuf yang tertipu Jarak tak lagi berarti [sumber gambar]

Masih ingat dengan kisah Mas Yusuf yang tertipu gadis bercadar yang sudah menjadi pacarnya selama 2 tahun itu? Mereka juga kenalnya melalui media sosial, saling kirim-kirim foto, pacaran, dan merencanakan menikah. Sayang, ternyata wajah cantik yang ada di profile medsos tidak sama dengan rupa asli si gadis yang tampak jauh lebih tua dari Yusuf. Ini hanya contoh, ada banyak sekali orang-orang yang tertipu parasa pasangan lewat media sosial. Hal tersebut tentu membuat lebih rentan kecewa, karena realita yang tak sesuai dengan ekspektasi.

Susah mengetahui karakter pasangan

Tidak bisa mengetahui karakter pasangan [sumber gambar]

Setiap orang pasti ingin menunjukkan sisi terbaik dirinya di media sosial. Itulah banyak yang sering berkata jika medsos bukanlah representasi dari ‘dia’ yang sebenarnya. Kenalan di medsos juga sulit untuk mengetahui seperti apa karakter pasanganmu. Banyak sekali orang yang pas diajak kenalan, chattingan, sikapnya baik, manis serta sopan. Tapi, setelah bertemu bitchy alias menunjukkan sisi buruknya yang bisa saja membuatmu ilfeel.

BACA JUGA: Kisah Romantis Nan Manis 13 Pasangan yang Bertemu di Sosmed, Jodoh Itu Emang Misterius Tapi, lagi-lagi bukan berarti kamu tidak boleh atau tidak bisa mencari pasangan lewat aplikasi chat ya. Banyak kok yang berhasil menikah dan langgeng rumah tangganya hingga bertahun-tahun, padahal dulu kenalannya lewat chating. Kalau sudah chattingan, matches dengan ribuan orang, tapi masih enggak ada jodohnya, ya mungkin jodohmu memang enggak main sosmed, begituuu.