Categories: Trending

4 Negara yang Membantu Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

Kemerdekaan bangsa Indonesia tidak terjadi begitu saja. Setelah berabad-abad dijajah oleh Belanda dan bertahun-tahun dijajah Jepang, negara berlambang Garuda ini akhirnya mendeklarasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945. Sejak itu, negara kita masih terus berusaha untuk maju dan bersaing dengan negara yang lain.

Baca Juga : Kisah Cinta Soekarno dan 9 Istrinya

Hingga kini, negara Indonesia mendapat status sebagai negara berkembang. Meski mengalami pasang surut, negara kita mempunyai stabilitas ekonomi yang cukup baik. Kita juga dikenal sebagai negara yang menerapkan sistem demokrasi secara adil dan merata. Kemerdekaan bangsa kita tidak luput dari bantuan beberapa negara yang membantu kita mempertahankan kemerdekaan. Inilah negara yang sukses membantu mempertahankan kemerdekaan Indonesia:

1. Mesir, Negara yang Pertama Kali Mengakui Kedaulatan Indonesia

Mesir adalah salah satu negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia untuk pertama kalinya. Tidak hanya itu, Mesir juga berbaik hati dengan menggalang dukungan dari Liga Arab agar menerima kedaulatan Republik Indonesia di mata hukum internasional. Pada 22 Maret 1946, Mesir secara de facto mengakui kemerdekaan Indonesia.

Mesir [ImageSource]
Mesir kemudian meyakinkan beberapa negara seperti Suriah, Irak, Qatar dan Arab Saudi untuk mendukung kemerdekaan negara kita. Pada 10 Juni 1947, secara de jure, Mesir mengakui kedaulatan Bangsa Indonesia dengan menunjuk H.M Rasjidi sebagai kuasa usaha RI dan membuka kedutaan besar RI di Kairo. Sejak itu, kerja sama antara Mesir dengan Indonesia berlanjut hingga sekarang.

2. India, Mengumpulkan Dukungan untuk Indonesia

Berdasarkan persamaan nasib dan latar belakang, India merasa harus membantu Indonesia. India aktif mendukung Indonesia di forum-forum PBB. RI pun diuntungkan dengan persahabatan Hatta dengan Perdana Menteri Hawaharlal Nehru, yang juga merupakan pemimpin Partai Kongres Nasional India.

India [ImageSource]
Hubungan India-Indonesiapun semakin erat ketika India mengalami bencana kelaparan. Indonesia mengirimkan bantuan berupa 500.000 ton padi yang dikirimkan ke India pada 20 Agustus 1946. Sejak itu, hubungan Indonesia-India sangat harmonis dan tidak memiliki konflik besar hingga sekarang.

3. Vatikan

Meski memiliki keyakinan berbeda dengan Indonesia yang penduduknya mayoritas muslim, namun Vatikan turut andil dalam membantu kemerdekaan Indonesia. Bahkan, kerja sama Indonesia dan Vatikan telah terbentuk sejak Indonesia masih berupa kerajaan nusantara, belum menjadi Republik Indonesia. Melalui lobi Romo Mgr. Soegijapranata, Vatikan mengerti bahwa secara faktual, Indonesia tidak boleh terus-menerus berada di bawah jajahan Belanda.

Vatikan [ImageSource]
Sebulan setelah Mesir mengakui kedaulatan Indonesia, Vatikan, pada 6 Juli 1947 ikut menunjuk Georges Marie Joseph, sebagai penghubung antara RI dan Vatikan. Vatikan menjadi entitas politik pertama di Eropa yang mengakui kedaulatan Indonesia. Secara De Jure, Vatikan berhubungan dengan Indonesia sejak 1950, ketika Apolistic Internenciatur berdiri di Jakarta.

4. Australia

Meskipun akhir-akhir ini hubungan antara Australia-Indonesia sering mengalami perselisihan, sebenarnya kita pernah memiliki hubungan yang sangat baik dengan Australia. Ketika Agresi Militer Belanda I terjadi, Australia bersama India mengajukan resolusi pada 31 Juli 1947 di Dewan Keamanan PBB. Inti dari resolusi itu adalah memaksa Belanda untuk menghentikan serangan dalam bentuk apapun ke Indonesia.

Australia [ImageSource]
Australia juga masuk sebagai anggota Komisi Tiga Negara untuk menengahi gencatan senjata antara Indonesia dengan Belanda pada 25 Agustus 1947. Diplomat Australia, Thomas Critchley juga menjadi sahabat baik dari wakil presiden Mohammad Hatta pasca hasil perundingan Komisi Tiga negara yang menguntungkan Indonesia. Sayangnya, beberapa konflik membuat hubungan Indonesia dan Australia tidak semesra dulu.

Itu tadi beberapa negara yang pernah membantu Indonesia agar mendapatkan kedaulatan di mata dunia. Kemerdekaan yang kita rasakan sekarang tidak luput dari perjuangan kaum muda Indonesia dan juga bantuan beberapa negara di atas. Tentu jasa-jasa dan bantuan mereka tidak layak kita lupakan.

Baca Juga : 6 Sosok Tersembunyi di Balik Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Sebagian hubungan dengan negara di atas berjalan baik, namun sayangnya, ada hubungan baik yang tidak bisa kita jaga dengan baik. Semoga saja pemerintah mendapat solusi untuk memperbaiki hubungan kita dengan negara tetangga. Karena hidup berdampingan dalam perdamaian tentu jauh lebih indah. (HLH)

Share
Published by
Centralismo

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

12 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago