Inspirasi

Dari Pasar Sampai Pertemuan Penting, Ini Alasan Mengapa Jokowi Suka Pakai Kemeja Warna Putih

Dari beberapa presiden yang pernah memimpin Indonesia, Joko Widodo punya ciri khas tersendiri dalam berpakaian saat blusukan dan nyambangi rakyat. Kadang, ia memakai sneakers, kadang juga dipadu dengan jaket-jaket necis yang mengundang perhatian, kadang juga hanya pakai kaos oblong saja.

Oke, sekarang kita lupakan sneaker ataupun jaket, kita fokus ke baju putih yang sering banget dipakai dalam berbagai kesempatan. Entah itu ke pasar, atau bahkan acara penting, Presiden Jokowi tampak sering sekali mengenakan setelah atas putih plus celana kain hitam. Kira-kira adakah alasan di balik seragam ini? Yuk, simak bersama!

Jokowi memakai kemeja putih [Sumber gambar]
Presiden Jokowi memang dikenal sebagai sosok yang sederhana dan merakyat. Bukan masalah besar jika kamu kebetulan melihat ia makan di warung kaki lima. Kesederhanaannya –yang naik pesawat kelas ekonomi bahkan pernah menjadi bahan pembicaraan majalah TIME Amerika. Begitu pula dalam berpakaian. Jokowi mengaku jika memakai kemeja putih memang telah ia lakukan sedari menjabat Walikota Surakarta.

Menurut presiden ke-7 ini warna putih menandakan netral, tak menimbulkan kesan politik tertentu. Warna putih juga bisa menghindari seseorang dari sumuk alias gerah. Jadilah ia sangat menyukai warna putih. Selain itu, juga harganya murah jadi bisa ngirit. Seperti dilansir Liputan6.com, “Ya setiap hari saya selalu pakai baju putih begini. Ada yang harganya Rp 50 ribu, 70 ribu,” katanya dalam sebuah acara seminar yang berlangsung di Aula FK UI, Salemba, Jakarta Pusat.

Memakai baju putih saat acara penting [Sumber gambar]
Tentang baju putih ini, Presiden Jokowi pernah punya cerita lucu. Saat dirinya masih menjabat sebagai Walikota, satu ketika ia sedang menghadiri acara dengan beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II di Jakarta. Dalam acara bersama para menteri tersebut ia memakai baju putih. Hanya, siang hari di Jakarta membuat gerah sehingga pejabat-pejabat tersebut membuka jas. Momen tersebut ternyata tertangkap kamera wartawan, sehingga memperlihatkan warna baju Pak Jokowi yang sudah agak kekuning-kuningan. “Itu hanya beda harga saja”, ucapnya polos.

Para PNS diwajibkan memakai kemeja putih [Sumber gambar]
Mengenai pakaian putih ini juga, Mendagri telah mengeluarkan aturan, nomor 3 tahun 2016 terkait seragam dinas para pegawai negeri sipil. Isi peraturan ini salah satunya penggunaan kemeja putih setiap hari Rabu. Mendagri Tjahjo Kumolo menjelaskan hal itu untuk mencerminkan kebersihan. Sehingga diharapkan para abdi negara bisa bekerja lebih baik ke depannya dan lebih bersih (tidak korupsi).

Jika kita lihat memang sih, sering sekali Presiden Jokowi memakai kemeja putih di berbagai kesempatan. Ternyata, warna putih tersebut melambangkan kepribadian yang sederhana dan memang sudah ciri khas dari sono-nya, bahkan sebelum ia menjabat sebagai presiden.

Share
Published by
Ayu

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

1 day ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago