Mirip Kelinci, Tapi Berukuran Mini dan Tinggal di Laut!

oleh Tetalogi
08:51 AM on Jul 18, 2015

Media sosial di Jepang sedang dihebohkan dengan foto-foto binatang laut mungil berbulu yang mirip sekali dengan kelinci. Ya nggak heran sih, karena di Jepang, hal-hal yang berbau cute dan kawaii selalu disukai. Tidak terkecuali binatang mungil yang katanya juga cocok jika jadi salah satu jenis pokemon ini.

Binatang ini sebenarnya adalah Jorunna parva, sejenis siput laut. Tapi karena bentuknya yang mirip kelinci, binatang ini juga dikenal sebagai kelinci laut. Di Jepang sendiri, binatang mungil ini disebut gomafu biroodo umiushi yang berarti siput laut berbintik hitam. Namanya yang panjang ini kemudian disingkat jadi goma-chan atau ‘nona kecil wijen’. Cute banget kan?

Baca Juga
10 Potret Kelakuan Nyeleneh DPR Rusia Saat Rapat, Ternyata Gak Kalah Koplak dengan Indonesia
Pengendali Cuaca Hingga Waktu, Inilah 4 Kesaktian Kim Jong Un yang Dipercaya Warga Korut

Siput laut ini punya semacam dua telinga kecil yang membuatnya semakin mirip kelinci. Tapi, telinga ini sebenarnya adalah sebuah organ untuk pengecap/pencium yang disebut dengan rhinophores. Organ ini akan membantu mereka mendeteksi zat-zat kimia dalam air agar mereka lebih mudah bergerak dan berpindah tempat di dasar laut.

Siput yang Mirip Kelinci [Image Source]
Siput yang Mirip Kelinci [Image Source]
Selain telinga, mereka juga punya bagian tubuh yang bisa dibilang mirip dengan ekor kelinci yang bulat lucu! Nggak heran sih kalau orang-orang begitu gemas dengan makhluk mungil yang tinggal di dasar laut ini. Saking gemasnya, beberapa orang membandingkannya dengan kelinci, kucing, bahkan pokemon.

Memang sih, kita biasanya tidak akan menggunakan kata-kata seperti cute, imut, atau lucu untuk menggambarkan siput. Tapi untuk ‘kelinci laut’ ini, sepertinya kita bisa membuat sedikit pengecualian. Apalagi dengan bentuknya yang memang bikin setiap orang yang melihatnya merasa gemas.

Jorunna parva bisa ditemukan di perairan sekitar Jepang dan beberapa bagian lain di Pasifik. Kalau kamu ingin melihat binatang-binatang mungil ini secara langsung, jangan lupa untuk belajar menyelam dulu, ya!

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA