Bonsai, Anjing Manis yang Lahir Cacat

oleh Tetalogi
06:18 AM on Jul 18, 2015

Kalau ada yang menyebut kata bonsai, pikiran kita biasanya akan langsung mengarah ke tanaman mini yang ada dalam pot. Bonsai yang satu ini adalah seekor anjing bulldog kecil lucu. Anjing mungil itu baru lahir pada 17 April lalu dengan masalah kesehatan. Ia lahir hanya dengan 2 kaki dan memiliki kelainan genetis yang membuat hidupnya sulit.

Anjing kecil ini lahir dengan caudal regression syndrome yang membuat tulang belakang bagian bawah mengalami kelainan, sacrocaudal dysgenesis yang membuatnya punya ekor yang sangat pendek atau tidak punya sama sekali, serta kemungkinan kelainan yang disebut spina bifida yang membuat kaki belakangnya lemah. Saat lahir, Bonsai terlahir dengan panggul yang tidak berfungsi, kaki kerdil dan lumpuh sehingga dua kakinya ini akhirnya diamputasi.

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

Kaki depannya juga bermasalah dengan swimmer puppy syndrome yang membuatnya tak bisa berdiri dengan baik di dua kaki depannya. Hal ini membuat organ dalam tubuhnya mengalami tekanan yang berlebihan dan ia harus menjalani operasi lagi untuk membuat kondisi Bonsai menjadi lebih baik.

Bonsai tetap ceria meski punya banyak kekurangan [Image Source]
Bonsai tetap ceria meski punya banyak kekurangan [Image Source]
Bonsai juga tidak bisa mengontrol sistem ekskresi tubuhnya. Akhirnya ia harus memakai diapers sepanjang hidupnya karena masalah ini. Namun meski memiliki berbagai masalah kesehatan, Bonsai adalah anjing yang ceria. Ia terlihat menikmati hidup sepenuhnya. Ia bahkan bisa melakukan trik handstand sekarang.

Anjing kecil ini telah memiliki akun facebook sendiri untuk mendukungnya. Ia bahkan telah menjadi bintang sosial media di facebook dengan follower sebanyak 13.000 akun. Ia bermain-main dan bersemengat seperti anjing kebanyakan. Jika melihat semangatnya, kamu bahkan akan lupa bahwa anjing ini berbeda.

Bonsai suka bermain-main dengan mainannya [Image Source]
Bonsai suka bermain-main dengan mainannya [Image Source]
Pemilik Bonsai menghubungi organisasi Friends of Emma untuk membantu anak anjing mungil ini. Friends of Emma adalah sebuah organisasi Arkansas yang dibuat dengan tujuan membantu anjing yang memiliki masalah bawaan sejak lahir. Sebuah halaman YouCaring juga dibuat untuk mengumpulkan dana demi anjing yang dijuluki ‘half a bulldog’ ini.

Bonsai lahir dari sebuah tempat peranakan di Arkansas. Praktik peranakan anjing dilakukan dengan memilih anjing-anjing tertentu untuk mendapatkan anjing dengan kualitas dan karakter tertentu. Untuk mengawinkan anjing seperti ini tentu diperlukan pengetahuan yang luas tentang genetik anjing, kesehatan anjing serta tujuan dilakukannya hal ini.

Meski begitu, beberapa anjing terkadang memiliki karakteristik yang tidak bisa diturunkan pada keturunanya. Jika dipaksakan, karakteristik ini bisa menimbulkan penyakit, masalah kesehatan atau kecacatan. Sebuah dokumenter dari BBC berjucul Pedigree Dogs Exposed dan Pedigree Dogs Exposed – Three Years On mengatakan bahwa anjing hasil peranakan beresiko memiliki masalah kesehatan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA