10 Situs Warisan Budaya Dunia Terbaru UNESCO 2015

oleh Adi Nugroho
09:31 AM on Jul 18, 2015

Situs Warisan Budaya Dunia atau World Heritage Site adalah sebuah area alami, atau buatan manusia atau sebuah struktur yang memiliki peran penting dalam dunia. Situs ini memberikan sebuah sumbangan pada dunia dalam perkembangan umat manusia pada khususnya. Selain itu situs ini butuh perlindungan karena jika sampai hilang makan selamanya akan musnah dan tidak dapat dikembalikan lagi.

Indonesia memiliki beberapa situs warisan budaya dunia, antara lain Borobudur, Prambanan, hingga Pulau Komodo. Jumlah ini masih sedikit dibanding negara lain seperti Italia dan China. Tahun 2015 ini diadakan pertemuan penetapan beberapa situs dunia yang masuk ke dalam golongan situs budaya yang wajib dilindungi. Inilah beberapa situs yang ditambahkan ke dalam situs warisan budaya dunia, mari kita simak bersama-sama.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Gudang Bersejarah Terbesar di Hanburg, Jerman. Berisi bangunan kuno dari batu bata, kanal-kanal air dan juga jembatan yang tak kalah kuno.

Gudang Bersejarah di Hanburg, Jerman [image source]
Gudang Bersejarah di Hanburg, Jerman [image source]

2. Pulau Benteng Pertahanan di Gunkanjima, Nagasaki. Kota yang digunakan sebagai pertanda revolusi industri pada abad ke-19.

Pulau benteng, Jepang [image source]
Pulau benteng, Jepang [image source]

3. Ladang Anggur, Perancis. Sebagai situs yang memproduksi minuman paling tua di dunia, Wine.

Ladang Anggur Perancis [image source]
Ladang Anggur Perancis [image source]

4. Kuburan Kuno Beth She’arim, Israel. Dibangun sejak abad ke-2 masehi dan pernah digunakan sebagai perkuburan massal orang Yahudi.

Kuburan Kuno, Israel [image source]
Kuburan Kuno, Israel [image source]

5. The Diyarbakir Fortress dan Hevsel Gardens, Turki Timur. Sebuah situs yang berisi bangunan kuno bukti Roma pernah menduduki daerah ini.

The Diyarbakir Fortress, Turki [image source]
The Diyarbakir Fortress, Turki [image source]

6. Kota Kuno Susa, Iran. Situs kota kuno terbesar di dunia.

Kota Kuno Susa, Iran [image source]
Kota Kuno Susa, Iran [image source]

7. Jembatan Forth, Skotlandia. Jembatan paling tua yang dibangun pada tahun 1890 dan masih digunakan untuk penyebrangan kereta hingga sekarang.

The Forth Bridge, Skotlandia [image source]
The Forth Bridge, Skotlandia [image source]

8. Gunung Besar Khaldun, Mongolia. Tempat Genghis Kan lahir dan dikebumikan.

The great Khaldun Mountain, Mongolia [image source]
The great Khaldun Mountain, Mongolia [image source]

9. Situs Tusi, China. Tempat para etnik Tusi berjuang untuk mendapatkan kesetaraan akan suku minoritas.

Situs Tusi, China [image source]
Situs Tusi, China [image source]

10. Taman Botani, Singapura. Taman botani terbesar di Singapura yang digunakan untuk tempat studi botani terbaik di dunia. Dibangun 1859 dan masih bertahan hingga sekarang.

Taman Botani Singapura [image source]
Taman Botani Singapura [image source]
Sepuluh situs di atas adalah warisan baru yang dunia ini miliki untuk dilindungi sampai kapan pun. Semoga situs budaya serupa di Indonesia bisa dilindungi dengan baik. Salah satunya adalah hujan tropis Sumatra yang kini nasibnya kian mengerikan. Melindungi warisan dunia artinya melindungi masa depan kita semua!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA