Siapa di sini yang masih menggunakan BlackBerry Messenger atau BBM? Ya, aplikasi chatting yang dulu sangat diminati ini sekarang telah menghilang entah ke mana. Masih melekat di ingatan kita kalau BBM dulu wajib hukumnya terinstal di smartphone. Kalau enggak instal berarti dia bukan anak kekinian, katanya.

Sekarang BBM sudah terkalahkan oleh aplikasi chat lain seperti Line dan juga WhatsApp. Sudah jarang sekali orang-orang pakai BBM karena menurut kebanyakan orang aplikasi ini telah ketinggalan zaman. Tapi tahu enggak sih Sahabat Boombastis jika BBM sebenarnya punya banyak kelebihan dari aplikasi lainnya. Apa saja itu?

Jarang sekali terdengar tentang pemberitaan disadap

Jarang disadap [Sumber Gambar]
Apa Sahabat Boombastis pernah mendengar aplikasi BBM jadi sasaran penyadapan? Sepertinya jarang sekali atau bahkan bisa dibilang tidak pernah ya. Nah, itu adalah kelebihan pertama dari BBM ini. Tidak seperti aplikasi kebanyakan yang lumayan sering menjadi bahan penyadapan. Bahkan, banyak juga aplikasi selain BBM yang dipergunakan sebagai alat untuk kejahatan. Bagaimana dengan BBM? Sepertinya aman-aman saja ya.

Menggunakan kode batang atau PIN yang bisa membatasi pertemanan

Menggunakan kode batang dan PIN

Kalau kita lihat, hampir semua aplikasi chatting mempermudah untuk mencari teman. Bisa melalui nomor telepon, id dan bahkan pencarian teman terdekat yang memanfaatkan fitur lokasi. Tapi, hal ini tidak akan kita temukan pada BBM lho Sahabat Boombastis. Pasalnya, aplikasi tersebut hanya bisa menambah teman dengan cara yang cukup elegan. Seperti kode batang, PIN dan juga teman dari kontak yang sudah kita simpan. Jadi enggak sembarang orang yang bisa jadi teman kita.

Tidak sembarang orang bisa melakukan panggilan suara atau video

Ada pengaturan privasi

Kelebihan lain yang dimiliki oleh BBM adalah masalah privasinya. Ya, meskipun orang lain sudah tersimpan sebagai kontak, namun mereka belum tentu bisa melakukan panggilan suara atau video dengan kita. Sebab pada pengaturan terdapat bagian yang menentukan akun BBM kita publik atau privat. Kalau publik, maka semua kontak bisa melakukan kedua macam panggilan tadi. Tapi jika diatur menjadi privat, semua kontak tidak bisa melakukan kedua panggilan tersebut.

Bisa menggunakan dua akun BBM dalam satu ponsel

Bisa menggunakan dua akun dalam satu ponsel

Sebagian orang biasanya membutuhkan dua akun dari aplikasi yang sama dalam satu smartphone. Hal ini pada umumnya dilakukan oleh orang-orang yang memisahkan antara kontak kerabat dekat dengan pekerjaan. Nah, banyak aplikasi yang tidak punya fitur ini. Ada juga yang bisa namun membutuhkan aplikasi tambahan. Tapi BBM ternyata bisa lho Sahabat Boombastis. Setelah kita menginstalnya, maka akan ada notifikasi apakah kita ingin menggunakan dua akun atau tidak. Cukup keren kan?

BACA JUGA : 5 Trik Tersembunyi dari WhatsApp yang Jarang Diketahui oleh Banyak Orang

Itulah tadi kelebihan dari aplikasi BBM. Mungkin Sahabat Boombastis juga kurang tahu dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki aplikasi satu ini. Nah, siapa nih di sini yang masih setia pakai BBM?